Cara Mengosongkan RAM di Windows untuk Meningkatkan Kinerja Lewat Aplikasi Pihak Ketiga

Ilustrasi RAM di perangkat Windows. (Sumber: pinterest.com)

Indogamers.com - Baik itu laptop ataupun komputer Windows, pasti membutuhkan komponen yang digunakan untuk menyimpan data sementara yang dibutuhkan perangkat untuk beroperasi.

Komponen tersebut bernama RAM (Random Acces Memory) yang juga berguna untuk menyimpan data dari aplikasi saat aplikasi dijalankan pada sebuah perangkat.

Mengingat fungsi dari RAM ini untuk menyimpan data sementara, maka jika pengguna mengakses banyak aplikasi sekaligus dalam satu perangkat Windows, maka kapasitas RAM akan penuh dan membuat kinerja perangkat menurun secara drastis.

Baca Juga: Cara Mengatasi Hardisk Tidak Terbaca di Laptop

Apalagi jika dalam sebuah perangkat Windows masih menggunakan RAM dengan kapasitas yang kecil, maka RAM akan cepat dan menghambat kinerja perangkat.

Karena itu, mengosongkan RAM pada perangkat Windows menjadi salah satu hal penting yang harus dilakukan agar performanya tetap optimal.

Untuk mengosongkan RAM pada perangkat Windows ini sebenarnya ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan, baik itu menggunakan fitur langsung dari Windows maupun dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Namun, pada artikel kali ini Indogamers.com akan membagikan cara untuk mengosongkan RAM di perangkat Windows dengan bantuan dari aplikasi pihak ketiga.

Seperti apa cara mengosongkan RAM di perangkat Windows dengan aplikasi pihak ketiga? Langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

Kosongkan RAM di Windows dengan WinMemoryCleaner

Salah satu aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu gunakan untuk mengosongkan RAM di perangkat Windows adalah WinMemoryCleaner.

Aplikasi pihak ketiga ini memiliki beberapa opsi tambahan yang dapat kamu gunakan.

Misalnya, kamu bisa mengaktifkannya untuk berjalan saat startup dan mengaturnya untuk mengosongkan memori saat di bawah 15% sehingga kamu tidak pernah kehabisan RAM saat bermain game.

Namun, kamu juga harus ingat, jika aplikasi WinMemoryCleaner ini tidak akan secara otomatis mengoptimalkan memori.

Tetapi hanya menyediakan cara mudah untuk memperbaiki kebocoran memori saat aplikasi tidak melepaskan memori yang dialokasikan.

Contohnya, saat kamu menggunakan perangkat Windows untuk bekerja, dan jika kamu menjalankan game setelah beberapa jam menggunakan Chrome, terkadang akan membuat komputer macet yang disebabkan kebocoran memori.

Dalam kondisi tersebut, maka kamu bisa klik cepat tombol Optimalkan yang akan menyelesaikan masalah kinerja secara instan.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI