Cara Termudah Mengatasi Laptop Gaming Sering Freeze dan Lag, Cukup Pakai Cara Ini

Ilustrasi laptop gaming ngefreeze (FOTO: pinterest.com)

Indogamers.com - Laptop gaming merupakan sebuah jenis laptop yang didesain secara khusus oleh pabrikan dengan performa dan spesifikasi tinggi.  Selain, laptop gaming juga menjadi perangkat yang memiliki tingkat portabilitas tinggi.

Sehingga banyak orang yang lebih memilih laptop gaming untuk perangkat harian mereka, selain bisa digunakan untuk bekerja, laptop gaming juga mempermudah penggunanya untuk bermain game-game berat dimanapun dan kapanpun mereka mau.

Meski demikian, bukan berarti laptop gaming ini akan memiliki performa yang mengagumkan terus menerus. Sebab, seiring dengan pemakaiannya, tentu akan ada beberapa kendala yang dihadapi seperti freeze dan lag.

Laptop gaming yang sering mengalami freeze dan lag ini bisa terjadi karena berbagai macam faktor. Contohnya dari RAM laptop yang kapasitasnya terlalu penuh, Prosesor yang terlalu panas, hingga VGA atau kartu grafis juga menjadi salah satu penyebabnya.

Baca Juga: Cara Mudah Mengatasi Laptop Ngefreeze Agar Kembali Lancar

Nah, jika kamu juga menjadi salah satu pengguna laptop gaming yang mengalami masalah laptop gamingnya sering freeze dan lag, maka kamu tidak perlu khawatir.

Sebab, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi laptop gaming yang freeze dan lag. Namun, pada artikel kali ini Indogamers.com akan membagikan cara termudah untuk mengatasi masalah laptop gaming yang freeze atau lag.

Cara tersebut adalah menggunakan kombinasi tombol tertentu atau shortcut. Seperti apa caranya? langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

1. CTRL + F4

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi laptop gaming yang freeze dan lag adalah gunakan kombinasi tombol atau shortcut CTRL + F4.

Kombinasi tombol tersebut harus ditekan secara bersamaan agar laptop bisa merestart. Dengan restart laptop, maka sistem akan berjalan seperti pertama kali sehingga masalah seperti freeze dan lag bisa teratasi.

2. Windows + CTRL + SHIFT + B

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi laptop gaming freeze dan lag menggunakan shortcut adalah menekan tombol Windows + CTRL + SHIFT + B secara bersamaan.

Shortcut ini akan mereset secara otomatis kartu grafis atau VGA yang digunakan pada laptop gaming.

Namun perlu diingat, shortcut yang ada hanya bisa digunakan jika laptop kamu memiliki kartu grafis atau VGA tambahan.

3. CTRL + ALT + DEL

CTRL + ALT + DEL juga menjadi salah satu shortcut yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah laptop gaming yang freeze atau lag.

Saat kombinasi tombol ini ditekan bersamaan maka, laptop gaming akan menghentikan program melalui Task Manager. Hal ini bertujuan untuk memberikan sedikit keringanan pada RAM laptop gaming yang kamu gunakan. Sehingga, masalah seperti freeze dan lag bisa segera teratasi dengan mudah.

Nah, itulah tadi kombinasi tombol atau shortcut yang bisa kamu gunakan saat laptop gaming yang kamu gunakan mengalami masalah seperti freeze dan lag.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI