5 Ciri-ciri iPhone Kena Blokir IMEI Sebelum Beli iPhone Bekas

Ilustrasi IMEI yang WiFi only karena kena blokir IMEI (FOTO: pinterest.com)

Indogamers.com - International Mobile Equipment Identity atau IMEI ini merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan saat membeli Handphone (HP) atau smartphone dari luar negeri, termasuk untuk smartphone yang diproduksi oleh Apple, seperti iPhone dan iPad.

Jika membeli smartphone khususnya iPhone dari luar negeri dengan IMEI yang tidak terdaftar maka iPhone tersebut dianggap ilegal.

Tetapi, terkadang para calon konsumen ini tidak memahami ciri-ciri iPhone yang kena blokir IMEI sehingga banyak yang membeli iPhone dengan IMEI yang terblokir.

Baca Juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Mengganti Baterai iPhone?

iPhone yang terkena blokir, otomatis tidak dapat digunakan untuk menggunakan layanan provider di Indonesia.

Sehingga, pengguna tidak lagi dapat mengakses data seluler, panggilan seluler dan juga sms. iPhone hanya dapat digunakan untuk internet jika tersambung dengan jaringan WiFi.

Karena itu, penting sekali bagi para pengguna iPhone dan calon pengguna yang berminat untuk membeli iPhone untuk mengetahui apa saja ciri-ciri iPhone yang terkena blokir IMEI.

Penasaran apa saja ciri-cirinya? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Harga jual yang cenderung lebih murah dari pasaran

Sudah menjadi rahasia umum jika produk dijual di bawah harga standar berarti ada potensi masalah bahkan tidak terdaftar IMEI.

Untuk itu, penting bagi calon konsumen memastikan harga rata-rata produk iPhone, baik baru maupun bekas.

2. IMEI iPhone tidak terdaftar di situs pemerintah

iPhone yang nomor IMEInya tidak terdaftar di situs pemerintah juga menjadi salah satu ciri-ciri iPhone terkena blokir IMEI.

Untuk cek apakah IMEI iPhone terdaftar bisa melalui websiter beacukai.go.id atau imei.kemenperin.go.id.

3. Sales region atau saled model bukan PA, ID atau FE

Sales region juga bisa menjadi ciri-ciri iPhone bakal terkena blokir. iPhone yang resmi di Indonesia memiliki sales model dengan kode PA, ID atau FE.

Jika sales model berbeda dengan kode tersebut bisa dipastikan iPhone bukanlah barang resmi di Indonesia.

4. Tidak dapat membaca jaringan all operator

Jika terlanjur membeli iPhone ilegal tidak akan bisa mengakses jaringan seluler operator apapun.

Namun, hal ini baru bisa diketahui setelah pengguna memasang kartu operator. Untuk itu, jangan sampai merugi karena mengalami masalah ini.

iPhone ilegal atau terblokir IMEI biasanya akan muncul tulisan No Service, karena tidak dapat mengakses layanan operator di Indonesia.

5. iPhone WiFi only

Ciri-ciri terakhir iPhone yang terkena blokir IMEI oleh pemerintah Indonesia adalah iPhone akan dijual dengan embel-embel WiFi only.

Hal ini disebabkan karena iPhone yang terkena blokir IMEI tidak lagi bisa menggunakan jaringan operator yang ada di Indonesia. Jadi, pengguna hanya bisa mengakses internet dengan jaringan WiFi saja.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI