Rahasia Cara Mempercepat WiFi Agar Internetan Makin Ngebut

Ilustrasi posisi router yang dapat menghambat sinyal WiFi ke perangkat yang terhubung (FOTO: pinterest.com)

Indogamers.com - Sangat mengakses internet menggunakan jaringan WiFi, kendala yang paling umum terjadi adalah jaringan WiFi terlalu lambat. Saat hal ini terjadi, salah satu hal yang menyebabkannya adalah router terlalu jauh dari perangkat. Sehingga, sinyal yang diterima oleh perangkat menjadi lemah dan mengakibatkan internet terganggu.

Penyebab lain internet WiFi yang terlalu lambat adalah terlalu banyak perangkat yang terhubung ke router. Hal ini mengakibatkan bandwith penuh dan koneksi internet lemot.

Karena itu, kamu harus tahu bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat WiFi yang lambat agar makin ngebut. Seperti apa caranya? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Pindahkan posisi router di tempat terbuka

Karena WiFi benar-benar nirkabel, maka kecepatan koneksinya sangat dipengaruhi oleh jarak, penghalang (seperti dinding, lantai, dan langit-langit), gangguan listrik, dan jumlah pengguna pada jaringan. Semuanya berkontribusi terhadap kecepatan WiFi yang terlalu lambat.

Untuk mendapatkan sinyal terbaik, maka letakkan router nirkabel di tempat terbuka di lantai utama rumah, jauh dari dinding dan halangan. Idealnya, kamu pasti ingin menempatkannya jauh dari lantai, di atas mebel. Jauhkan dari elektronik lainnya yang mungkin menyebabkan interferensi, seperti microwave, monitor bayi, dan telepon tanpa kabel. Selain itu, kamu juga bisa mencoba mengarahkan antena secara tegak lurus, satu antena horizontal dan satu antena vertikal.

2. Batasi perangkat dan optimalkan pengaturan

Cara mengatasi WiFi yang terlalu lambat selanjutnya adalah membatasi jumlah perangkat yang terhubung dengan router dan optimalkan pengaturan routernya. Beberapa router memiliki pengaturan Quality of Service (QoS) yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol aplikasi mana yang mempunyai akses prioritas ke bandwidth Internet.

3. Menambah titik akses

Titik akses mentransmisikan sinyal Internet ke satu sama lain untuk membuat jaringan nirkabel.  Karena itu, agar kecepatan internet WiFi meningkat, maka sangat dibutuhkan penambahan titik akses agar perangkat yang menggunakan jaringan WiFi bisa mendapatkan sinyal yang baik.

4. Gunakan range extender nirkabel

Meskipun tidak dapat meningkatkan kecepatan, internet extender dapat meningkatkan sinyal ke titik yang tidak terjangkau sinyal di rumah atau kantor yang menggunakan jaringan WiFi. Misalnya, jika router berada di lantai pertama rumah, maka kamu bisa menggunakan extender jangkauan nirkabel di lantai lain untuk meningkatkan sinyal. Ini dapat sangat membantu di area dengan tembok yang tebal atau struktur fisik lainnya yang dapat menghambat sinyal nirkabel.

5. Ganti password dengan kombinasi yang kuat

Cara selanjutnya agar WiFi makin ngebut adalah mengganti password dengan komposisi yang kuat. Pastikan jaringan WiFi telah dilindungi dengan kata sandi yang kuat untuk menghindari akses yang tidak sah, yang dapat memperlambat koneksi.

6. Gunakan WiFi dengan frekuensi 5 GHz

Perangkat router saat ini memungkinkan pengguna memilih frekuensi operasi antara antara 2.4GHz dan 5GHz. Jika pengguna memiliki banyak barang elektronik di rumah, sinyal dari router dengan frekuensi 2,4 GHz bisa lebih mudah terganggu. Untuk mengurangi gangguan tersebut, pengguna bisa mengatur frekuensi operasi router di 5 GHz. Pengaturan tersebut biasanya dapat dijumpai di masing-masing halaman administrator pengaturan router.

7. Matikan koneksi WiFi pada perangkat yang tidak digunakan

Cara mempercepat WiFi yang berikutnya adalah dengan mematikan perangkat yang sedang tidak digunakan. Ini berguna agar bandwith tidak penuh. Semakin banyak perangkat yang terhubung ke router maka kecepatan internet di satu perangkat bakal menurun.

8. Upgrade router yang digunakan

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kecepatan WiFi adalah mencoba mengganti router dengan yang baru atau upgrade. Perangkat router yang sudah lama mungkin tidak mumpuni untuk menyalurkan koneksi internet dengan kecepatan tertentu. Oleh karena itu, pengguna perlu upgrade router.

Nah, itulah tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat WiFi agar internetan makin ngebut. Dengan beberapa cara tersebut, maka kamu bisa menangani WiFi yang lemot secara mandiri.***

Cooming Soon Indogamers Mobile Legend Championship Sesion 1 2024 (IMC)
Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI