Jangan Menyesal di Belakang, Terapkan 5 Cara Memeriksa Smartphone Bekas Sebelum Membelinya

Ilustasi smartphone bekas dengan kondisi yang baik (FOTO: Lazada)

Indogamers.com - Membeli handphone (HP) atau smartphone bekas menjadi salah satu pilihan kebanyakan orang yang memiliki budget kecil.

Hal ini karena smartphone bekas harganya sudah pasti lebih murah dibandingkan dengan smartphone baru. Smartphone bekas juga dipilih orang karena membutuhkan HP dengan spesifikasi tinggi.

Sayangnya, tak sedikit orang yang membeli smartphone bekas ini malah berakhir tidak menyenangkan. Pasalnya, smartphone yang dibelinya tidak sesuai ekspektasi dan memiliki banyak masalah.

Agar kamu tidak sampai mengalami hal seperti di atas, ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk memeriksa smartphone bekas sebelum membelinya.

Simak ulasan artikel selengkapnya berikut ini:

1. Periksa kondisi fisik smartphone

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memeriksa kondisi smartphone bekas sebelum dibeli adalah memeriksa kondisi fisik smartphone secara menyeluruh.

Pemeriksaan kondisi fisik smartphone bekas ini bisa kamu lakukan dengan langkah-langkah seperti di bawah ini:

  • Periksa layar dan touchscreen untuk memastikan normalitas fungsinya.

  • Pemeriksaan menyeluruh terhadap bodi smartphone untuk mendeteksi kerusakan fisik seperti lecet yang dimana merupakan hal normal ada di smartphone second.

  • Pastikan tombol fisik berfungsi dengan baik, termasuk port charger, penghubung audio, slot kartu SIM, dan kartu memori.

2. Fungsi kamera

Cara selanjutya yang bisa kamu lakukan untuk memeriksa kondisi smartphone bekas yang akan kamu beli adalah fungsi kameranya. Sebab, kamera menjadi salah satu fitur utama pada smartphone yang sering menjadi pertimbangan para pembeli.

Berikut cara memeriksa fungsi kamera:

  • Buka aplikasi kamera dan coba gunakan kamera depan dan belakang.

  • Periksa hasil foto dan video untuk memastikan kualitasnya, termasuk fokus dan warna.

3. Periksa kesehatan baterai

Memeriksa kesehatan baterai juga menjadi salah satu cara memeriksa kondisi smartphone bekas yang tidak boleh dilupakan. Cara ini bisa kamu lakukan dengan uji ketahanan baterai, seperti menjalankan beberapa aplikasi atau game selama beberapa menit untuk melihat responsnya.

4. Sistem operasi dan pembaruan

Cara selanjutnya yang tidak boleh kamu lupakan untuk memeriksa kondisi smartphone bekas adalah sistem operasi yang digunakan dan pembaruan sistem operasi yang masih tersedia.

5. Sinyal dan koneksi smartphone

Mengingat saat ini tengah gencar pemblokiran sinyal oleh pemerintah karena smartphone yang beredar bukanlah smartphone asli Indonesia dan tidak terdaftar di database pemerintah.

Karena itu, saat kamu membeli smartphone bekas jangan lupa memeriksa sinyal dan koneksi. Cara ini bisa kamu lakukan dengan melihat kualitas sinyal dan uji koneksi dengan jaringan seluler, Wi-Fi, dan Bluetooth.****

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI