Jangan Sampai Salah Beli, Ini 3 Perbedaan USB Asli dan KW yang Wajib Kamu Tahu

Ilustrasi USB original (FOTO: Ibox) (FOTO: Ibox)

Indogamers.com - USB (Universal Serial Bus) merupakan perangkat yang digunakan untuk menghubungkan perangkat seperti smartphone dengan PC atau laptop untuk berbagi data atau mengisi daya perangkat dengan menghubungkannya ke adaptor charger.

Maka dari itu, USB kualitas terbaik alias USB asli sangat dibutuhkan. Selain dapat digunakan untuk transfer data dengan kecepatan maksimal, pengisian daya menggunakan USB asli juga sangat membantu menjaga usia pakai baterai pada perangkat.

Jika kabel USB sampai hilang atau rusak, pilihan terbaik adalah membelinya lagi. Dengan catata kabel USB yang dibeli adalah kabel USB asli atau original.

Namun, karena saat ini telah beredar di pasaran kabel USB dengan berbagai kualitas, kamu harus memperhatikan terlebih dahulu kualitas kabel USB yang akan kamu beli. Apakah kabel USB tersebut asli (original) atau kabel USB tersebut KW (palsu).

Karena itu, kamu harus tahu apa saja perbedaan antara kabel USB yang asli dengan kabel USB KW (palsu).

Penasaran apa saja perbedaan dari kabel USB yang asli dengan kabel USB KW? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Perbedaan kabel USB asli dan KW

Perbedaan antara kabel USB asli dan KW bisa kamu ketahui  dari bentuk fisiknya:

1. Perhatikan detail kabel USB

Dilansir dari laman Eraspace, perbedaan kabel USB asli dan KW bisa kamu ketahui dari detail kabelnya. Kabel USB asli, umumnya dirancang dengan material yang lebih berkualitas dibandingkan dengan kabel USB KW.

Kabel asli lebih kokoh dan memiliki tanda-tanda khusus yang membedakannya dari kabel KW atau palsu. Sebagai contoh, logo produsen dan nomor seri biasanya tercetak dengan jelas pada kabel asli.

Kamu bisa memperhatikan pada bagian konektornya, pastikan bahwa warna dan finishing kabel USB terlihat rapi dan presisi. Umumnya, kabel USB KW memiliki ketidaksempurnaan pada cetakan dan terasa ringkih.

2. Kecepatan transfer data dan pengisian daya

Selain dari detail, perbedaan kabel USB asli dan KW bisa dilihat dari kecepatan transfer data dan pengisian daya. Perbedaan ini bisa kamu buktikan dengan cara mentransfer data dari smartphone ke PC atau laptop begitu pula sebaliknya.

Selain itu, kamu juga bisa membuktikannya dengan cara mengisi daya smartphone menggunakan kabel yang kamu curigai asli atau KW. Dengan catatan, pengisian daya dilakukan menggunakan adapter charger original.

3. Garansi dan dukungan pelanggan

Perbedaan kabel USB asli dan KW bisa kamu lihat dari garansi dan dukungan pelanggan yang diberikan oleh produsen USB. USB asli, umumnya memiliki garansi resmi dan dukungan pelanggan yang bisa kamu andalkan jika suatu saat mengalami masalah.

Sedangkan USB KW atau palsu, meskipun pada kemasannya disertai dengan garansi atau dukungan pelanggan, namun pada kenyataannya garansi tersebut hanya embel-embel belaka. Saat kabel mengalami masalah, pihak produsen sudah tidak lagi bertanggung jawab.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI