Jangan Anggap Sepele, Ketahui 3 Penyebab Utama Baterai Smartphone Bocor

Ilustrasi pengisian daya smartphone yang terlalu lama (FOTO: Anker)

Indogamers.com - Smartphone merupakan salah satu perangkat elektronik yang menggunakan baterai sebagai media penyimpanan energi listrik untuk memenuhi kebutuhan dayanya. Karena itu, smartphone harus melakukan pengisian daya baterai secara berkala agar smartphone tetap bisa beroperasi.

Seiring berjalannya waktu baterai smartphone akan mengalami masalah. Salah satu masalah umum yang terjadi pada baterai smartphone adalah baterai bocor.

Baterai smartphone bocor ini seringkali terjadi salah satunya karena kebiasaan buruk pengguna smartphone.

Lalu, apa saja yang penyebab baterai smartphone bocor? Simak ulasan selengkapnya mengenai penyebab bateri smartphone bocor versi Indogamers.com.

1. Menggunakan smartphone sembari mengisi daya

Salah satu penyebab baterai smartphone bocor adalah menggunakan smartphone sembari melakukan pengisian daya. Hal ini biasanya dilakukan oleh pengguna smartphone saat bermain game.

Menggunakan smartphone sembari melakukan pengisian daya otomatis akan membuat suhu smartphone naik secara drastis. Nah, suhu panas pada smartphone inilah yang menyebabkan baterai menjadi bocor.

2. Penggunaan charger yang tidak sesuai

Penyebab baterai smartphone bocor berikutnya adalah penggunaan charger yang tidak sesuai, baik itu dari output charger yang terlalu besar, atau charger yang tidak original.

Penggunaan charger dengan output yang besar mungkin membuat pengisian daya menjadi lebih cepat, namun jika hal ini dilakukan terus menerus risiko baterai bocor lebih besar.

Selain itu, penggunaan charger tidak original alias KW juga berpotensi membuat baterai bocor. Hal ini disebabkan oleh charger KW tidak memiliki standarisasi yang memadai.

3. Pengisian daya yang terlalu lama

Selain dua hal di atas, penyebab baterai smartphone bocor selanjutnya adalah pengisian daya terlalu lama, seperti melakukan pengisian daya semalaman.

Meskipun pengisian daya ini bertujuan agar saat pagi hari baterai smartphone terisi penuh, namun kebiasaan ini justru berpotensi merusak baterai. Karena, baterai akan terus-menerus mendapatkan suplai listrik meskipun sudah terisi penuh.

Nah, itulah tadi beberapa penyebab baterai smartphone bocor. Setelah mengetahui apa saja yang menyebabkan baterai smartphone bocor, pastikan sebagai pengguna yang cerdas, kamu harus menghindari semua yang sudah dijelaskan di atas.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI