Nggak Pelu Panik! Ikuiti 5 Cara Ampuh Mengatasi Layar Smartphone Bergerak Sendiri

Ilustrasi layar smartphone yang bergerak sendiri atau Ghost Touch (FOTO: thetechedvocate.org)

Indogamers.com - Layar smartphone atau HP yang bergerak sendiri sering disebut dengan istilah ‘Ghost Touch’. Kondisi ini sering terjadi padahal layar smartphone tidak tersentuh oleh jari penggunanya.

Contoh ghost touch adalah aplikasi terbuka dengan sendirinya, keyboard mengetik sendiri, padahal pengguna tidak memberikan perintah apapun dengan sentuhan.

Selain itu, ghost touch juga menyebabkan respons layar menjadi lambat. Contohnya saat pengguna ingin membuka aplikasi tertentu di smartphone yang mereka gunakan, namun aplikasi tersebut justru tidak terbuka.

Ghost touch atau layar yang bergerak sendiri pada smartphone ini terjadi karena faktor eksternal seperti layar terkena air, dan faktor internal karena adanya kerusakan smartphone.

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena masalah ghost touch tersebut umum terjadi pada smartphone. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Bersihkan layar smartphone

Dilansir dari laman Nextpit, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi ghost touch adalah membersihkan layar smartphone.

Meskipun terlihat sepele, cara ini terbukti ampuh. Sebab, tak jarang ghost touch disebabkan karena layar yang kotor, baik itu dari air, ataupun debu yang menumpuk.

Membersihkan layar smartphone ini bisa kamu lakukan dengan kain yang lembut dan sedikit lembab untuk langkah pertamanya. Setelah layar bersih, kamu bisa melanjutkannya dengan mengelap layar menggunakan kain lembut yang kering.

2. Gunakan smartphone di ruangan dengan suhu normal

Smartphone yang menhalami ghost touch bisa terjadi karena suhu smartphone meningkat secara drastis karena penggunaan di cuaca ekstrem. Jadi, hardware smartphone mengalami kegagalan sistem, sehingga tidak mampu bekerja dengan normal.

Karena itu, untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa melakukannya dengan cara segera memindahkan smartphone ke ruangan dengan suhu yang normal. Pastikan untuk tidak menggunakan smartphone terlebih dahulu hingga suhu smartphone turun.

3. Lepas pelindung layar

Cara selanjutnya yang dilansir dari Nexpit untuk mengatasi layar smartphone yang ghost touch adalah melepaskan pelindung layar yang digunakan.

Sebab, tak jarang layar smartphone mengalami ghost touch karena terdapat sedikit kotoran yang menempel di belakang pelindung layar smartphone.

Jika takut layar tergores karena pelindung layar dilepas, kamu bisa menggunakan kembali pelindung layar yang baru. Namun, pastikan pelindung layar yang digunakan terbuat dari bahan yang berkualitas.

Pelindung layar dengan bahan yang berkualitas buruk akan mempengaruhi tingkat sensitivitas layar dan kualitas gambar yang ditampilkan di layar.

4. Restart smartphone

Restart smartphone menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah layar yang bergerak sendiri. Sebab, tak jarang layar yang bergerak sendiri pada smartphone ini terjadi karena kesalahan sistem.

Dengan merestart smartphone, sistem yang error tersebut dapat kembali normal. Karena, saat smartphone di restart sistem akan berhenti bekerja dan disegarkan kembali saat smartphone kembali dihidupkan.

5. Ganti LCD dan touch screen smartphone

Cara terakhir untuk mengatasi masalah layar smartphone yang bergerak sendiri atau ghost touch adalah dengan mengganti komponen LCD dan touch screen. Cara ini bisa dicoba jika semua cara di atas sudah kamu lakukan namun ghost touch tidak teratasi.

Tak jarang ghost touch ini terjadi karena LCD dan touch screen mengalami kerusakan. Jadi satu-satunya solusi yang bisa kamu lakukan adalah mengganti LCD dan touch screen smartphone.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI