Begini Cara Cek Aplikasi yang Habiskan Daya Baterai di Smartphone Android

Ilustrasi pengisian di smartphone Android karena boros baterai (FOTO: Anker)

Indogamers.com - Tak sedikit pengguna yang mengeluhkan smartphone mereka sangat boros baterai. Hal ini bisa terjadi karena banyak aplikasi dengan konsumsi baterai boros atau memang baterai smartphone sudah mengalami kerusakan.

Salah satu cara untuk memantau penggunaan baterai smartphone ini dengan mengidentifikasi aplikasi yang paling banyak mengkonsumsi daya baterai.

Tenang, tidak sulit kok kamu bisa ikuti langkah berikut ini:

Cek penggunaan baterai di smartphone Android

Ilustrasi memantau aplikasi yang habiskan baterai di smartphone Android. (DOK. TheVerge)

Dilansir dari laman TheVerge, mengecek penggunaan baterai di smartphone Android bisa dilakukan tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga. Kamu bisa melakukanya secara langsung melalui pengaturan smartphone.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka ‘Pengaturan’ di smartphone Android yang kamu gunakan.

  • Pilih ‘Pengaturan’.

  • Kemudian pilih ‘Penggunaan baterai’.

Setelah langkah di atas, ada tampilan yang menunjukan seberapa cepat daya baterai turun setelah kamu melepas kabel daya pengisian baterai.

Selain itu, kamu juga bisa melihat daftar aplikasi yang paling banyak mengkonsumsi daya baterai smartphone yang kamu gunakan.

Saat beberapa aplikasi teridentifikasi memiliki konsumsi daya baterai tinggi, kamu bisa membatasi penggunaan aplikasi tersebut dengan mengatur aplikasi sebagai Dibatasi (tidak diperbolehkan melakukan banyak hal di latar belakang), Dioptimalkan (Android akan memutuskan penggunaan latar belakang berdasarkan tingkat baterai dan berapa banyak waktu yang kamu habiskan di aplikasi).

Kemudian, Tidak Dibatasi (tidak ada batasan pada proses latar belakang).

Opsi Dioptimalkan adalah yang terbaik untuk sebagian besar aplikasi yang tidak perlu terus-menerus berjalan.

Bahkan, jika merasa kurang berkenan dengan aplikasi yang mengkonsumsi daya baterai terlalu tinggi, kamu juga bisa menghapusnya dengan mengetuk uninstal aplikasi di layar yang sama.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI