5 Cara Ampuh Mengatasi Face ID di iPhone Tidak Berfungsi, Bisa Dilakukan Sendiri Lho!

Ilustrasi Face ID iPhone tidak berfungsi (FOTO: Pinterest)

Indogamers.com - Face ID merupakan salah satu fitur yang dihadirkan oleh Apple untuk semua perangkat terbarunya, termasuk iPhone dan iPad.

Penggunaan Face ID sendiri dimulai pada iPhone generasi X series untuk menggantikan fitur autentikasi biometrik Touch ID yang terakhir kali hadir pada iPhone 8 Series dan iPhone SE Gen 2.

Pada dasarnya, Face ID ini adalah langkah keamanan yang nyaman dan cepat dari Apple untuk gadget yang mereka produksi.

Meskipun lebih canggih dari Touch ID, bukan berarti Face ID ini tidak ada masalah.

Salah satu masalah yang biasanya hadir pada Face ID adalah masalah perangkat lunak. Hal ini mengakibatkan Face ID menjadi tidak berfungsi.

Tetapi, kamu tidak perlu khawatir, sebab ada beberapa cara mengatasi Face ID di iPhone tidak berfungsi.

Penasaran bukan? Kamu bisa simak selengkapnya dilansir dari laman resmi Apple.

1. Periksa pembaruan sistem (iOS)

Saat Face ID pada perangkat Apple yang kamu gunakan tidak berfungsi, salah satu cara yang bisa dicoba adalah memeriksa pembaruan sistem (iOS) yang digunakan.

Jika iOS yang digunakan ini masih dalam versi yang lama, maka kamu perlu melakukan pembaruan versi iOS tersebut sesuai dengan yang disediakan oleh Apple.

2. Periksa pengaturan Face ID

Cara selanjutnya untuk mengatasi masalah Face ID yang tidak berfungsi adalah memeriksa  pengaturan Face ID pada perangkat Apple yang kamu gunakan.

Untuk memeriksa pengaturan Face ID, kamu bisa ikuti langkah berikut:

  • Buka Pengaturan.

  • Lalu ketuk Face ID & Kode Sandi.

  • Pastikan Face ID telah diatur dan fitur yang ingin kamu gunakan dengan Face ID telah dinyalakan.

3. Pastikan kamera TrueDepth tidak tertutupi apapun

Face ID pada perangkat Apple juga bisa tidak berfungsi karena adanya kotoran yang menutupi kamera TrueDepth. Maka dari itu cara untuk mengatasinya adalah membersihkan dan memastikan tidak ada kotoran pada kamera TrueDepth.

Jika kamera terhalang, akan muncul peringatan di bagian atas layar yang mengatakan "Kamera tertutup" dengan panah yang menunjuk ke kamera TrueDepth. Saat itulah kamu bisa membersihkan kotoran atau apapun yang menutupi kamera TrueDepth.

4. Memastikan wajah pengguna tidak terhalang

Cara selanjutnya untuk mengatasi masalah Face ID tidak berfungsi adalah memastikan seluruh wajah pengguna tidak terhalang apapun. Seperti, mata, hidung, dan mulut terlihat sepenuhnya pada kamera TrueDepth.

Sebab, secara default, Face ID tidak akan berfungsi apabila ada sesuatu yang menutupi mulut dan hidung pengguna. Jika pengguna mengenakan masker dan telah mengatur Face ID dengan masker, pastikan bagian mata pengguna tidak terhalang.

5. Mulai ulang perangkat

Jika beberapa cara di atas sudah kamu lakukan, namun masalah Face ID tidak berfungsi masih terjadi, maka kamu bisa mengatasinya dengan cara memulai ulang perangkat.

Dengan memulai ulang perangkat, kesalahan sistem dapat teratasi sehingga Face ID bisa kembali bekerja dengan baik.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI

Guides

Cara Nobar di WhatsApp dengan Mudah Selasa 02 Juli 2024, 11:59 WIB