Kondisi Retak-retak dan Butuh Ganti? Begini Cara Mudah Melepas Tempered Glass yang Lengket di Layar Smartphone

Ilustrasi melepas tempered glass dari layar smartphone (FOTO: WikiHow)

Indogamers.com - Layar smartphone menjadi salah satu komponen yang rawan terkena goresan bahkan retak atau pecah. Meskipun saat ini kebanyakan smartphone telah menggunakan pelindung layar seperti corning gorilla glass, namun bukan berarti layar tidak akan tergores atau pecah.

Karena itu, kamu sebagai pengguna smartphone bisa mengantisipasinya dengan menggunakan tempered glass. Nah, tempered glass yang digunakan pada layar smartphone ini seiring penggunaannya, akan menggelembung dan menjadi tidak rata. Sehingga, kamu tidak nyaman saat menggunakan smartphone.

Karena itu, kamu bisa mengatasinya dengan melepas tempered glass dan menggantinya dengan lapisan baru. Seperti apa cara mudah melepas tempered glass di layar smartphone? Langsung saja simak selengkapnya di bawah ini seperti dilansir dari laman WikiHow.

Cara melepas tempered glass dengan mudah

1. Panaskan layar smartphone menggunakan hair dryer

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk melepas tempered glass smartphone adalah memanaskan layar smartphone yang terlapisi tempered glass terlebih dahulu menggunakan hair dryer. Efek langkah ini, perekat dari tempered glass yang menempel pada layar akan mengendur dan membuat layar tempered glass mudah diangkat.

2. Angkat salah satu sudut tempered glass menggunakan kuku

Setelah layar panas dan perekat mengendur, kamu bisa melanjutkannya dengan mengangkat salah satu sudut tempered glass menggunakan kuku. Jika tempered glass retak di dekat salah satu sudutnya, maka kamu bisa memilih sudut lain untuk mencegah pecah menjadi pecahan yang lebih kecil.

3. Gerakkan jari ke seluruh bagian pinggir tempered glas dari sudut ke sudut

Langkah selanjutnya untuk melepas tempered glass dari layar smartphone milikmu adalah menggerakan jari ke seluruh bagian pinggir tempered glass dari sudut ke sudut secara perlahan. Cara ini bisa kamu lakukan setelah kuku jari berhasil mengangkat salah satu sudut tempered glass yang menempel.

4. Lepaskan tempered glass secara perlahan

Langkah terakhir yaitu melepas tempered glass yang menempel secara perlahan. Langkah ini perlu kamu lakukan untuk mencegah tempered glas pecah dengan ukuran yang kecil. Sebab, tempered glass yang pecah akan semakin sulit dilepaskan dari layar smartphone. Selain itu, pecahan tempered glass juga berisiko melukai jari.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI