Ingin Berselancar dengan Lancar? Ketahui 5 Cara Mengatasi WiFi Lemot dengan Mudah

Ilustrasi penggunaan WiFi di smartphone. (FOTO: androidauthority)

Indogamers.com - Kamu yang mengakses internet dengan WiFi, dan mengalami masalah tiba-tiba lemot, tentu sangat mengganggu pekerjaan.

Jaringan WiFi yang lemot bisa terjadi karena berbagai hal. Mulai dari terlalu banyak perangkat yang terhubung, kondisi router WiFi yang bermasalah, dan masih banyak lagi.

Nah, jika WiFi tiba-tiba lemot, kamu tak perlu khawatir. Sebab, kamu masih bisa mengatasinya dengan beberapa cara.

Penasaran apa saja cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi WiFi yang lemot ini? Langsung saja simak selengkapnya di bawah ini, seperti dikutip dari laman Biznet Home.

1. Periksa kecepatan internet yang kamu gunakan  (WiFi)

Cara pertama untuk mengatasi WiFi yang lemot adalah melakukan pemeriksaan kecepatan internet dengan bantuan situs web atau aplikasi tertentu untuk mengetahui kecepatan unduh maupun unggah dari WiFi yang kamu gunakan.

Cara ini dilakukan untuk mengetahui apakah kecepatan WiFi yang kamu gunakan sesuai dengan biaya langganan yang kamu bayarkan ke penyedia WiFi tersebut. Jika kecepatan internet yang kamu dapatkan dari WiFi di bawah paket langganan kamu bayarkan, maka sebaiknya segera hubungi penyedia layanan internet untuk menyelesaikan masalah tersebut.

2. Pastikan posisi router WiFi berada di lokasi yang tepat

Cara selanjutnya untuk mengatasi WiFi yang lemot adalah memastikan router WiFi yang kamu gunakan berada di lokasi yang tepat. Sebab, salah satu penyebab WiFi lemot ini bisa terjadi karena gangguan fisik seperti router terhalang oleh dinding tebal.

Pastikan menempatkan router di posisi yang strategis dan menempatkan router di posisi yang bebas hambatan, baik dari dinding tebal ataupun benda logam yang berpotensi menghalangi sinyal.

3. Restart router

Saat WiFi yang kamu gunakan lemot, bisa juga mengatasinya dengan cara merestart router selama beberapa detik dan hidupkan kembali. Saat kamu me-restart maka router akan memulai ulang koneksi dan membersihkan sementara cache atau masalah lain yang mungkin terjadi pada router.

4. Perbarui firmware router

WiFi lemot sering kali terjadi karena adanya masalah pada router seperti firmware router sudah terlalu usang. Sehingga, kamu perlu memperbarui firmware untuk memperbaiki bug, meningkatkan keamanan, dan meningkatkan kinerja router WiFi yang kamu gunakan.

5. Periksa jumlah perangkat yang terhubung

WiFi yang lemot bisa terjadi karena bandwith WiFi digunakan secara bersamaan. Hal ini biasanya terjadi saat banyak perangkat yang terhubung dengan WiFi yang kamu gunakan.

Karena itu, kamu bisa memeriksa perangkat yang terhubung dengan WiFi dan mencoba untuk membatasi jumlah perangkatnya.

Nah, itulah tadi beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi WiFi yang lemot.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI