Suka Ganggu Ketika Menulis! Ketahui Cara Mudah Menonaktifkan Teks Koreksi Otomatis dan Prediktif di iPhone

Predictive text iPhone (FOTO: Indogamers)

Indogamers.com - Bagi kamu yang menggunakan iPhone sebagai HP utama, pasti sudah tidak asing lagi dengan fitur teks koreksi otomatis dan prediktif yang merupakan bagian dari fungsionalitas keyboard. Fitur ini berguna untuk membantu para pengguna iPhone dalam mengetik dan memperbaiki teks.

Teks koreksi otomatis di iPhone sendiri bekerja dengan memperbaiki kesalahan dalam pengetikan saat pengguna iPhone salah mengetik. Teks koreksi otomatis akan mencoba untuk mengenali kata yang seharusnya dan menggantinya secara otomatis.

Sementara itu, teks prediktif ini memungkinkan para pengguna untuk memprediksi kata atau frase selanjutnya yang memungkinkan pengguna untuk mengetik berdasarkan kalimat atau percakapan sebelumnya yang sudah pernah ditulis. Bisa juga dikatakan jika teks prediktif iPhone ini akan menampilkan beberapa opsi kata atau kalimat yang mungkin akan pengguna tuliskan selanjutnya.

Meskipun kedua fitur ini cukup membantu para pengguna iPhone, tapi terkadang fitur ini juga sedikit mengganggu, sehingga lebih memilih untuk menonaktifkan fitur tersebut.

Contoh hal yang mengganggu adalah fitur tersebut akan mengganti kata-kata yang ditulis pengguna dengan kata-kata lain. Hal lain mengganggu dari fitur teks prediktif pada pengguna iPhone adalah memunculkan prediksi teks yang kurang relevan.

Jika kamu salah satu pengguna iPhone yang merasa terganggu dengan fitur ini, maka bisa mengaktifkannya dengan cara seperti dikutip dari laman resmi Support Apple.

Menonaktifkan teks koreksi otomatis

Ilustrasi nonaktifkan teks koreksi otomatis

Saat teks koreksi otomatis dinonaktifkan di iPhone yang kamu gunakan akan berhenti secara otomatis untuk mengubah ejaan kata yang dianggap salah dalam pengetikan.

Berikut langkah-langkah menonaktifkan teks koreksi otomatis di iPhone:

  1. Buka “Pengaturan”.

  2. Klik “General”.

  3. Pilih “Keyboard”.

  4. Geser ke kiri pada bagian “Auto-Correction” untuk menonaktifkan.

Menonaktifkan teks prediktif

ilustrasi nonaktifkan teks prediktif iPhone

Teks prediktif iPhone yang dinonaktifkan, secara otomatis iPhone tidak lagi menampilkan prediksi kata yang tengah ditulis oleh penggunanya. Prediksi kata tersebut diambil dari kata-kata yang sebelumnya sudah pernah ditulis.

Berikut langkah-langkah menonaktifkan teks prediktif iPhone:

  1. Buka “Pengaturan”.

  2. Klik “General”.

  3. Pilih “Keyboard”.

  4. Gulir ke bawah dan pilih “Predictive Text”.

  5. Selanjutnya geser ke toggle ke kiri untuk menonaktifkannya.

Selain cara di atas, kamu juga bisa menonaktifkan teks prediktif iPhone dengan cara sebagai berikut:

  1. Sentuh dan tahan “emoji senyum” atau “ikon bola dunia”.

  2. Kemudian, klik “Pengaturan Papan Ketik” dan kamu bisa mengaktifkan atau menonaktifkan teks prediktif.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI

Guides

Cara Nobar di WhatsApp dengan Mudah Selasa 02 Juli 2024, 11:59 WIB