Ketahui Penyebab dan 4 Cara Mudah Mengatasi Backlit Keyboard Tidak Menyala di Laptop Windows

Ilustrasi backlit keyboard yang menyala di laptop Windows (FOTO: support.lenovo.com)

Indogamers.com - Backlight atau lebih sering disebut backlit pada keyboard merupakan salah satu fitur yang terdapat di laptop Windows.

Fitur ini memberikan pengalaman mengetik lebih nyaman saat laptop Windows digunakan di tempat dengan cahaya redup. Backlit keyboard juga bisa disebut dengan lampu latar yang membuat laptop semakin terlihat keren.

Backlit keyboard lebih memudahkan para penggunanya untuk mengetik tanpa harus meningkatkan kecerahan monitor atau membungkuk di atas keyboard.

Nah, seiring dengan pemakaiannya backlit keyboard pada laptop Windows ini tentu saja dapat mengalami permasalahan, seperti tidak menyala. Permasalahan pada backlit keyboard laptop ini bisa terjadi karena adanya kerusakan perangkat keras, maupun perangkat lunak.

Untuk mengatasi masalah backlit keyboard yang tidak menyala ini, kamu bisa ikuti beberapa cara di bawah ini yang Indogamers.com rangkum dari laman Systweak.

Cara mengatasi backlit keyboard tidak menyala

Sebelum masuk ke cara mengatasi backlit keyboard laptop yang tidak menyala, kamu harus tahu lebih dulu apa saja yang menyebabkan backlit keyboard tidak menyala.

Berikut beberapa masalah yang menyebabkan backlit keyboard tidak menyala:

  • Masalah dengan perangkat lunak hotkey dan sinkronisasi dengan sistem operasi.

  • Masalah perangkat keras yang menyebabkan lampu latar keyboard berhenti berfungsi.

  • Driver keyboard yang rusak/kadaluarsa dapat menyebabkan kegagalan fungsi lampu latar.

  • Kesalahan sistem sementara yang memerlukan restart semua layanan.

  • Lampu latar keyboard tidak didukung di lingkungan aplikasi atau perangkat lunak tertentu.

Itulah beberapa masalah yang bisa menyebabkan backlit keyboard di laptop Windows tidak berfungsi.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa ikuti beberapa cara seperti di bawah ini:

1. Jalankan hard restart

Sebelum mencoba cara lain untuk memperbaiki masalah backlit keyboard tidak berfungsi adalah, memulai ulang laptop terlebih dahulu. Terkadang, ada masalah konfigurasi yang membuat semua fitur tidak dapat dimuat saat menghidupkan perangkat.

Salah satunya adalah backlit keyboard yang tidak menyala. Karena itu ada baiknya untuk me-restart perangkat. Kamu juga dapat menggunakan hard restart.

2. Jalankan Keyboard Troubleshoot di laptop Windows

Setelah laptop di-restart dan backlit keyboard masih tidak menyala, maka kamu bisa melanjutkan untuk mengatasinya dengan cara menjalankan keyboard troubleshoot.

Biasanya, dengan menjalankan fitur ini, laptop akan mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah kompatibilitas perangkat keras dan perangkat lunak dasar antara perangkat dan keyboard.

3. Konfigurasikan HControl

Hcontrol.exe adalah alat utilitas yang tersedia di laptop, contohnya adalah laptop produk dari Asus. Alat Ini akan membantu kamu untuk mengkonfigurasi tombol pintas serta lampu latar pada keyboard.

Jika perangkat tidak berfungsi dengan benar, maka menjalankan Hcontrol.exe dapat membantu mengatasinya.

4. Perbarui driver keyboard laptop Windows

Cara selanjutnya untuk mengatasi backlit keyboard laptop windows tidak menyala adalah memperbarui driver keyboard laptop Windows.  Sebab, bukan hal yang aneh jika backlit keyboard tidak menyala ini disebabkan karena driver yang sudah terlalu usang. Sehingga perlu diperbaharui.

Nah, itulah tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan saat backlit laptop Windows yang kamu gunakan tidak menyala.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI