Buktikan! Ini 2 Cara Termudah Screen Mirroring dari HP Android ke TV

Screen Mirroring HP Android ke TV (FOTO: play.google.com)

Indogamers.com - Screen mirroring merupakan salah satu teknologi atau fitur yang memungkinkan layar perangkat seluler dikirim ke layar TV sebagaimana adanya.

Dengan melakukan screen mirroring ini, pengguna bisa lebih nyaman dan leluasa untuk menikmati setiap konten, seperti menonton film atau bekerja.

Untuk melakukan screen mirroring dari HP Android ke TV, ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh para pengguna, yaitu menggunakan kabel sebagai media atau tanpa kabel yang artinya menggunakan jaringan wireless.

Seperti apa caranya? Kamu bisa simak selengkapnya di bawah ini yang dikutip dari laman PCMag.

1. Screen Mirroring HP Android ke TV dengan fitur bawaan HP

Untuk menghubungkan layar HP Android ke TV, kamu bisa menggunakan fitur bawaan, Android Screen Mirroring. Namun, agar kamu dapat menghubungkan HP Android ke layar TV, pastikan TV yang kamu gunakan adalah Smart TV yang telah mendukung penggunaan fitur Screen Mirroring.

Berikut langkah-langkah untuk menghubungkan HP Android ke TV menggunakan fitur bawaan Screen Mirroring:

  • Hubungkan HP Android dengan TV ke jaringan WiFi yang sama.

  • Selanjutnya, buka pengaturan HP Android dan TV.

  • Kemudian, kamu bisa nyalakan fitur screen mirroring.

  • Cari nama atau merek TV di opsi perangkat yang muncul pada layar HP Android yang kamu gunakan.

  • Pilih merek TV, dan masukkan input code yang diminta, kemudian tekan tombol Connect.

  • Tunggu hingga kedua perangkat terhubung.

2. Screen Mirroring HP Android ke TV dengan kabel HDMI

Selain menggunakan fitur bawaan Screen Mirroring, kamu juga bisa menggunakan kabel HDMI untuk menyambungkan HP Android ke TV. Cara ini bisa kamu lakukan jika TV yang kamu gunakan ini tidak mendukung fitur Screen Mirroring.

Untuk menghubungkan HP Android dengan TV menggunakan kabel HDMI, kamu hanya perlu menghubungkan kabel HDMI ke adaptor.

Kemudian menghubungkan rangkaian tersebut ke kabel yang bagian ujungnya sama dengan port pengisian daya di ponsel. Setelah itu, pasang kabel ke ponsel dan televisi.

Namun, kamu perlu ingat jika Screen Mirroring HP Android ke TV yang menggunakan kabel HDMI, HP Android yang digunakan harus memiliki Mode Alt HDMI agar tampilan layarnya dapat tersinkronisasi ke layar TV Jika tidak, video ataupun gambar tidak akan muncul.

Itulah tadi beberapa cara paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk menghubungkan HP Android ke TV untuk Screen Mirroring.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI