Nggak Sulit Kok! Begini Cara Mudah Membuat Tampilan Layar Tablet Android Seperti Desktop

Ilustrasi tampilan tablet Android yang seperti desktop (FOTO: Samsung)

Indogamers.com - Sebagian besar orang, saat melakukan tugas mengerjakan dokumen kantor, melakukan penelitian untuk tesis, dan mengedit foto dan video, akan lebih memilih menggunakan komputer daripada perangkat seluler.

Hal ini disebabkan karena perangkat tersebut memiliki layar yang lebih lebar, kekuatan pemrosesan yang lebih besar, dan kinerja yang lebih baik secara keseluruhan. Namun, masalahnya komputer ataupun laptop ini memiliki ukuran yang relatif besar dan berat.

Hal inilah yang membuat perangkat seluler lebih unggul. Perangkat seluler yang digunakan untuk menggantikan adalah tablet yang bentuknya menghemat banyak ruang di dalam tas.

Terlebih lagi, saat ini dengan aplikasi dan pembaruan perangkat lunak, kamu juga dapat mengubah tablet Android menjadi laptop dan mendapatkan pengalaman seperti menggunakan desktop.

Bagi yang penasaran bagaimana cara untuk mengubah tampilan layar tablet Android menjadi seperti desktop, kamu bisa ikuti caranya seperti di bawah ini dikutip dari laman SlashGear.

  1. Pertahankan orientasi perangkat yang kamu gunakan dalam mode lanskap dengan menginstal “Kontrol Rotasi” dari Google Play Store. Hal Ini akan memaksa semua aplikasi milikmu yang terdapat di tablet terbuka dalam mode lanskap untuk mensimulasikan rasio aspek layar laptop yang lebih luas. Setelah instalasi, pilih salah satu dari tiga opsi lanskap yang tersedia dari panel notifikasi. Namun, perlu diingat bahwa beberapa aplikasi mungkin tidak ditampilkan dengan benar dalam mode lanskap.

  2. Instal Taskbar dari Google Play Store. Seperti namanya, Taskbar untuk perangkat Android ini adalah taskbar mirip Windows yang ditambahkan ke bagian bawah layar tablet yang kamu gunakan. Muncul lengkap dengan menu Start yang menampilkan semua aplikasi dan taskbar itu sendiri, tempat untuk menemukan aplikasi yang baru dibuka dan berjalan. Kamu juga dapat menyematkan aplikasi ke bilah tugas seperti yang kamu lakukan di komputer Windows.

  3. Jika menyimpan catatan tempel di desktop, kamu juga dapat menambahkan widget catatan Google Keep ke layar utama Android. Sentuh dan tahan pada ruang kosong di layar beranda, pilih Widget, dan pilih satu catatan di bawah simpan catatan.

  4. Jika kamu terbiasa memiliki pintasan aplikasi di desktop, maka kamu juga dapat menambahkan pintasan ke layar beranda Android dengan cara buka laci aplikasi dan seret aplikasi pilihan ke layar beranda tablet yang kamu gunakan.

Nah, agar tampilan tablet Android lebih terasa seperti laptop atau PC, maka kamu juga membutuhkan perangkat tambahan seperti keyboard dan mouse.

Selain membuat lebih terlihat mirip laptop, keyboard dan mouse juga tentu saja akan mempermudah pengguna dalam mengaksesnya.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI