AirPods Terdengar Pelan? Tenang, Begini 5 Trik Membuat AirPods Terdengar Lebih Keras

Ilustrasi membersihkan earbuds AirPods yang membuat suara terdengar pelan (FOTO: soundguys.com)

Indogamers.com - Siapa sih yang tidak kenal dengan AirPods? Ya, salah satu perangkat elektronik buatan Apple ini berfungsi untuk mendengarkan musik. Wearable gadget ini tentu saja sangat mumpuni dalam urusan suara yang dihasilkan.

Nah, seiring dengan penggunaannya, sama seperti perangkat elektronik lainnya, AirPods tentu saja akan mengalami penurunan performa dan suara yang dihasilkan terdengar lebih pelan.

Meskipun demikian, saat suara AirPods ini menurun bukan berarti performa dari AirPods telah menurun. Tapi bisa juga terjadi karena pengaturan yang kurang pas pada perangkat yang disambungkan dengan AirPods, contohnya iPhone.

Selain itu, masih ada beberapa penyebab lainnya yang bisa membuat suara AirPods menjadi terdengar lebih pelan.

Jika kamu menjadi salah satu pengguna AirPods yang mengalami hal tersebut, kamu tidak perlu khawatir. Ada cara ampuh untuk membuat suara yang dihasilkan AirPods menjadi lebih keras lagi. Langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

1. Periksa suara perangkat yang dihubungkan

Suara AirPods yang terdengar pelan bisa terjadi karena volume suara di perangkat yang terhubung terlalu rendah. Meskipun kamu telah memeriksanya sekali, ada baiknya untuk memeriksanya kembali agar lebih yakin jika penyebabnya bukan dari volume suaranya.

2. Bersihkan earbuds AirPods

Karena earbuds AirPods ini menjadi perangkat yang dimasukan ke dalam telinga, maka seiringpemakaiannya, kotoran bisa masuk ke dalam earbuds. Oleh sebab itu, bukan tidak mungkin kotoran yang masuk pada earbuds akan menutupi lubang dan membuat suara yang dihasilkan earbuds AirPods menjadi lebih pelan.

Untuk itu tidak ada salahnya memastikan kebersihan earbuds AirPods agar suara menjadi lebih kencang.

3. Isi daya AirPods

Periksa persentase baterai AirPods yang kamu gunakan. Jika baterai tersebut memang lemah, maka kamu harus memasukan earbuds ke dalam wadahnya untuk diisi dayanya. Menghubungkan casing ke listrik juga akan membantu sehingga keduanya dapat mengisi daya.

Setelah AirPods mencapai tingkat baterai yang memadai, coba gunakan, dan mungkin akan merasakan volume yang lebih keras, seperti dikutip dari laman iDB.

4. Kalibrasi AirPods dengan perangkat yang disambungkan

Dikutip dari laman Soundguys, Jika volume masih terlalu kecil setelah membersihkan AirPods, kamu masih dapat mencoba mengkalibrasinya dengan iPhone. Ini melibatkan reset pabrik, yang mungkin terdengar rumit, namun cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya yang bisa kamu ikuti.

  • Buka penutup wadah dengan posisi AirPods di dalam wadah pengisi daya.

  • Simpan earbud di dalam casingnya dan buka halaman pengaturan Bluetooth di iPhone.

  • Di samping “AirPods”, klik ikon “ i ” kecil.

  • Pilih “Lupakan Perangkat Ini” dan kemudian klik “Konfirmasi.”

  • Perangkat yang kamu gunakan otomatis akan terputus dari headset, dan sekarang kamu dapat mengatur ulang AirPods.

  • Dengan penutup wadah pengisi daya terbuka, tekan dan tahan tombol pengaturan selama sekitar 15 detik (atau hingga LED berkedip kuning)

Ini akan mengatur ulang AirPods, dan kamu dapat menyinkronkannya kembali dengan perangkat yang kamu gunakan.

5. Periksa pengaturan di aplikasi pemutar musik atau video yang kamu gunakan

Selain beberapa cara di atas, memeriksa pengaturan suara di aplikasi pemutar musik maupun video pilihan juga menjadi salah satu cara untuk mengatasi suara AirPods yang terlalu kecil. Sebab, seringkali pengaturan dari aplikasi pemutar musik atau video tersebut terpisah dari volume perangkat yang kamu gunakan.

Saat kau melihat pengaturan aplikasi pemutar musik atau video yang kamu gunakan, periksa kembali untuk memastikan tidak mengaktifkan pengaturan equalizer yang miring .

Jika kamu telah menolak beberapa atau bahkan semua pengatur level, hal ini dapat membuat suasana terdengar jauh lebih senyap dari yang sebenarnya.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI