Kenali Penyebab Laptop Tiba-tiba Hang dan 4 Cara Mudah Mengatasinya

Ilustrasi laptop yang mengalami hang (FOTO: electric.ai)

Indogamers.com - Salah satu hal yang paling menyebalkan saat menggunakan laptop adalah tiba-tiba mengalami hang. Kondisi ini menghambat para pengguna yang sedang bekerja atau menyelesaikan tugas.

Bahkan, laptop yang mengalami hang ini bisa memakan waktu yang cukup lama, sehingga menjadikan laptop tidak bisa digunakan untuk apapun.

Nah, jika kamu adalah pengguna laptop yang mengalami hal tersebut tak perlu khawatir. Sebab ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi laptop yang hang. Selain itu, kamu juga harus tahu apa saja yang menyebabkan laptop menjadi hang.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa simak selengkapnya di bawah ini.

Penyebab laptop menjadi hang

Laptop yang mengalami hang disebabkan oleh berbagai hal, berikut penjelasannya seperti dikutip dari laman ifixscreens:

1. Laptop terlalu panas

Salah satu penyebab yang paling umum membuat laptop hang adalah suhu laptop terlalu panas. Saat laptop terlalu panas, sistem akan berjalan lebih lambat atau bahkan bisa berhenti total.

Laptop yang terlalu panas ini bisa ditandai saat kamu menyentuh laptop dan terasa panas. Panas yang berlebih pada laptop ini bisa disebabkan oleh jalur pendingin tersumbat, kipas tidak berfungsi, atau karena meletakkan laptop pada permukaan yang dapat menghalangi ventilasi udara.

2. RAM tidak cukup

RAM yang tidak cukup untuk menjalankan program tertentu di laptop, maka hal ini akan mengakibatkan laptop menjadi hang. Sebab, RAM sendiri merupakan memori yang berguna untuk menjalankan atau mengakses sebuah program di laptop.

Jadi, saat RAM tidak cukup untuk mengakses sebuah program, otomatis laptop akan menjadi error dan hang tiba-tiba. Semakin banyak kamu membuka aplikasi atau program, maka laptop juga membutuhkan RAM dengan kapasitas yang besar.

3. Terserang virus

Penyebab terakhir yang membuat laptop menjadi hang adalah laptop terkena serangan virus atau malware. Virus atau malware tersebut mengkonsumsi sumber daya sistem, sehingga menyebabkan kinerja laptop melambat atau lebih parahnya membuat laptop berhenti bekerja.

Cara mengatasi laptop hang

Untuk mengatasi laptop yang hang, sebenarnya cukup mudah dilakukan. Kamu bisa ikuti beberapa cara seperti berikut ini yang dikutip dari laman resmi Acer:

1. End Task

Laptop yang mengalami hang seringkali disebabkan oleh program yang crash. Jadi, pertolongan pertama pada laptop hang adalah dengan menekan tombol CTRL+ALT+Del. Dengan menekan tombol tersebut, maka program Task Manager akan muncul. Setelah itu, hentikan software dengan pilih End Task. Software yang crash pun otomatis akan tertutup dan laptop dapat berfungsi dengan normal.

2. Menghapus BIOS Cache

Hang pada laptop juga bisa terjadi karena cache pada laptop yang begitu banyak. Sayangnya, masih banyak orang yang belum memahami bagaimana cara mengakses BIOS cache.

Pertama-tama, kamu bisa lakukan force Shutdown terlebih dahulu. Kemudian, masuk ke BIOS dengan cara menggunakan F12, F11, F8, atau F2. Lalu, klik pada Advanced BIOS Features. Disable BIOS Cache dan tekan enter setelahnya.

Dengan melakukan disable pada BIOS Cache, kamu bisa membuat laptop menjadi tidak hang lagi karena sampah-sampah yang membebani sudah dihilangkan.

3. Menginstall Antivirus

Masalah hang pada laptop bisa juga disebabkan oleh virus. Virus bisa muncul dari mana aja, mulai dari flashdisk, beberapa laman browser yang pernah dibuka, hingga unduhan sembarangan alias yang nggak berasal dari sumber legal. Nah, untuk mengantisipasi hal ini, kamu bisa menginstall antivirus di laptop yang kamu gunakan.

Lakukan scan secara rutin terhadap komputer buat mendeteksi keberadaan virus di dalamnya. Deteksi dini ini bikin PC menjadi lebih ringan dan nyaman digunakan.

4. Periksa Kipas

Laptop yang terlalu panas bahkan pada saat baru dinyalakan, tentu saja berpotensi hang bahkan mati total. Karena itu, sangat disarankan untuk rajin mengecek kipas laptop ke counter atau ke service center resmi jika tidak bisa melakukannya sendiri dirumah.

Jika kipas laptop kamu gunakan terlalu kotor, maka debu di dalamnya akan dibersihkan sehingga kipas bisa menyaring panas lagi dengan baik.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI