logo

Kenali Penyebab Laptop Tiba-tiba Hang dan 4 Cara Mudah Mengatasinya

PembasmiBocil
Jumat 29 Maret 2024, 17:05 WIB
Ilustrasi laptop yang mengalami hang (FOTO: electric.ai)

Ilustrasi laptop yang mengalami hang (FOTO: electric.ai)

Indogamers.com - Salah satu hal yang paling menyebalkan saat menggunakan laptop adalah tiba-tiba mengalami hang. Kondisi ini menghambat para pengguna yang sedang bekerja atau menyelesaikan tugas.

Bahkan, laptop yang mengalami hang ini bisa memakan waktu yang cukup lama, sehingga menjadikan laptop tidak bisa digunakan untuk apapun.

Nah, jika kamu adalah pengguna laptop yang mengalami hal tersebut tak perlu khawatir. Sebab ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi laptop yang hang. Selain itu, kamu juga harus tahu apa saja yang menyebabkan laptop menjadi hang.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa simak selengkapnya di bawah ini.

Penyebab laptop menjadi hang

Laptop yang mengalami hang disebabkan oleh berbagai hal, berikut penjelasannya seperti dikutip dari laman ifixscreens:

1. Laptop terlalu panas

Salah satu penyebab yang paling umum membuat laptop hang adalah suhu laptop terlalu panas. Saat laptop terlalu panas, sistem akan berjalan lebih lambat atau bahkan bisa berhenti total.

Laptop yang terlalu panas ini bisa ditandai saat kamu menyentuh laptop dan terasa panas. Panas yang berlebih pada laptop ini bisa disebabkan oleh jalur pendingin tersumbat, kipas tidak berfungsi, atau karena meletakkan laptop pada permukaan yang dapat menghalangi ventilasi udara.

2. RAM tidak cukup

RAM yang tidak cukup untuk menjalankan program tertentu di laptop, maka hal ini akan mengakibatkan laptop menjadi hang. Sebab, RAM sendiri merupakan memori yang berguna untuk menjalankan atau mengakses sebuah program di laptop.

Jadi, saat RAM tidak cukup untuk mengakses sebuah program, otomatis laptop akan menjadi error dan hang tiba-tiba. Semakin banyak kamu membuka aplikasi atau program, maka laptop juga membutuhkan RAM dengan kapasitas yang besar.

3. Terserang virus

Penyebab terakhir yang membuat laptop menjadi hang adalah laptop terkena serangan virus atau malware. Virus atau malware tersebut mengkonsumsi sumber daya sistem, sehingga menyebabkan kinerja laptop melambat atau lebih parahnya membuat laptop berhenti bekerja.

Cara mengatasi laptop hang

Untuk mengatasi laptop yang hang, sebenarnya cukup mudah dilakukan. Kamu bisa ikuti beberapa cara seperti berikut ini yang dikutip dari laman resmi Acer:

1. End Task

Laptop yang mengalami hang seringkali disebabkan oleh program yang crash. Jadi, pertolongan pertama pada laptop hang adalah dengan menekan tombol CTRL+ALT+Del. Dengan menekan tombol tersebut, maka program Task Manager akan muncul. Setelah itu, hentikan software dengan pilih End Task. Software yang crash pun otomatis akan tertutup dan laptop dapat berfungsi dengan normal.

2. Menghapus BIOS Cache

Hang pada laptop juga bisa terjadi karena cache pada laptop yang begitu banyak. Sayangnya, masih banyak orang yang belum memahami bagaimana cara mengakses BIOS cache.

Pertama-tama, kamu bisa lakukan force Shutdown terlebih dahulu. Kemudian, masuk ke BIOS dengan cara menggunakan F12, F11, F8, atau F2. Lalu, klik pada Advanced BIOS Features. Disable BIOS Cache dan tekan enter setelahnya.

Dengan melakukan disable pada BIOS Cache, kamu bisa membuat laptop menjadi tidak hang lagi karena sampah-sampah yang membebani sudah dihilangkan.

3. Menginstall Antivirus

Masalah hang pada laptop bisa juga disebabkan oleh virus. Virus bisa muncul dari mana aja, mulai dari flashdisk, beberapa laman browser yang pernah dibuka, hingga unduhan sembarangan alias yang nggak berasal dari sumber legal. Nah, untuk mengantisipasi hal ini, kamu bisa menginstall antivirus di laptop yang kamu gunakan.

Lakukan scan secara rutin terhadap komputer buat mendeteksi keberadaan virus di dalamnya. Deteksi dini ini bikin PC menjadi lebih ringan dan nyaman digunakan.

4. Periksa Kipas

Laptop yang terlalu panas bahkan pada saat baru dinyalakan, tentu saja berpotensi hang bahkan mati total. Karena itu, sangat disarankan untuk rajin mengecek kipas laptop ke counter atau ke service center resmi jika tidak bisa melakukannya sendiri dirumah.

Jika kipas laptop kamu gunakan terlalu kotor, maka debu di dalamnya akan dibersihkan sehingga kipas bisa menyaring panas lagi dengan baik.***

Follow Berita Indogamers di Google News
Editor :
Berita Terkait
Community

Belum Punya Langganan? Ketahui 5 Tips Memilih Tempat Service Laptop Terbaik Agar Nggak Kecewa di Belakang

Senin 11 Maret 2024, 21:10 WIB
undefined
Guides

Jangan Ngawur! Ketahui 2 Cara Membersihkan Layar Laptop yang Benar dan Aman

Kamis 08 Februari 2024, 11:20 WIB
undefined
Guides

Langkah-langkahnya Mudah! Begini 3 Cara Mudah Merekam Layar di Laptop Windows

Kamis 28 Maret 2024, 11:33 WIB
undefined
Guides

Ketahui Penyebab dan 4 Cara Mudah Mengatasi Backlit Keyboard Tidak Menyala di Laptop Windows

Senin 18 Maret 2024, 13:35 WIB
undefined
News Update
Infografis27 April 2024, 14:17 WIB

Build Nathan ala RRQ Hoshi Skylar di MPL ID Season 13, Sukses Bawa RRQ Keluar dari Zona Bawah

Skylar comeback dan membawa RRQ Hoshi keluar dari zona bawah, mengembalikan kembali peluang RRQ untuk lolos babak playoff MPL ID Season 13. Seperti ini build Hero Nathan yang digunakan Skylar di Game ketiga.
Build Nathan ala RRQ Hoshi Skylar di MPL ID Season 13 (FOTO: Schnix)
Console27 April 2024, 13:06 WIB

Mengenal Pasangan Lucia di GTA VI saat Adegan Perampokan

Sudah nonton trailer GTA VI yang dirilis secara fenomenal di YouTube oleh Rockstar Games?
Jason Grand Theft Auto. (Sumber: Rockstar Games)
Gadget27 April 2024, 12:07 WIB

4 Kelebihan Oppo K12 yang Dilengkapi Teknologi Pendingin Canggih dan Baterai 5.500 mAh

Oppo K12 yang dibanderol mulai dari Rp4,2 jutaan ini memiliki berbagai kelebihan seperti berikut.
Oppo K13 hadir dengan prosesor Snapdragon 7 Gen 3 (FOTO: Gsmarena)
PC27 April 2024, 11:07 WIB

5 Monitor Gaming Ultrawide Terbaik 2024 Beserta Spesifikasi dan Harganya

Monitor gaming ultrawide menjadi salah satu jenis monitor yang paling digemari para gamer PC. Berikut ini beberapa monitor gaming ultrawide terbaik yang bisa kamu pilih.
BenQ Mobiuz EX3410R (FOTO: BenQ)
E-Sport27 April 2024, 10:55 WIB

BTR Moreno Beberkan Rahasia Jadi Mid Laner Handal di Land of Dawn, Pemula Wajib Tahu!

Roster Bigetron Alpha (BTR) Moreno mombongkar rahasia menjadi mid laner yang bisa diandalkan di Land of Dawn.
Jadi Midlaner ala BTR Moreno (FOTO: Indogamers.com/Ica Juniyanti)
Console27 April 2024, 10:35 WIB

3 Karakter yang Bakal Hadir dalam Alur Cerita GTA 6

Simpang siur GTA 6 terus bergulir. Bukan hanya tanggal rilis yang rumornya akan mundur hingga tahun 2026, tetapi juga berbagai macam hal seperti alur cerita hingga nama-nama karakter.
GTA 6. (Sumber: Rockstar Games)
Guides27 April 2024, 10:30 WIB

5 Tips Efektif Rotasi Jungle untuk Mendapatkan Emas dan EXP Lebih Cepat di Honor of Kings

Dengan memahami sistem jungle dan mengikuti strategi yang tepat, kamu dapat mengumpulkan gold dan exp dengan lebih efisien, serta memberikan kontribusi yang besar bagi tim kamu.
Wukong, Honor of Kings (FOTO: hokarena.com.br) (FOTO: hokarena.com.br)
E-Sport27 April 2024, 10:08 WIB

BTR Sudah Punya Strategi di Playoff MPL Indonesia Season 13

Bigetron Alpha (BTR) merupakan tim esports yang memiliki peluang paling besar untuk lolos Playoff MPL Indonesia Season 13.
BTR Moreno (FOTO: Indogamers.com/Ica Juniyanti)
PC27 April 2024, 10:05 WIB

3 Kelebihan Agon Pro AG246FK, Monitor Gaming dengan Refresh Rate Super Tinggi

Agon Pro AG246FK yang merupakan monitor terbaru dari AOC ini memiliki kelebihan utama pada refresh ratenya yang mencapai 540Hz. Untuk kelebihan lainnya, bisa kamu simak berikut ini.
Agon Pro AG246FK yang memiliki refresh rate hingga 540Hz. (FOTO: AOC)
PC27 April 2024, 09:53 WIB

Akhirnya! Dead Island 2 Resmi Rilis di Steam

Setelah tersedia secara eksklusif di Epic Games, Dead Island 2 akhirnya tersedia juga di PC melalui Steam. Game survival zombie besutan Dambuster Studios dan diterbitkan oleh Deep Silver itu rilis pada 2023 silam.
Dead Island 2. (Sumber: Epic Games Store)
IndoGamers

Indogamers merupakan sebuah situs yang didedikasikan kepada seluruh pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+6289633333329

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2023 IndoGamers. All rights reserved.