Tetap Tenang! Begini 3 Cara Mudah Mengatasi PS5 yang Suhunya Terlalu Panas

Ilustrasi PS5 yang terlalu panas dan posisinya dipindahkan ke ruang yang tepat (FOTO: Alvarotrigo)

Indogamers.com - Tak sedikit para pengguna PS5 yang mengeluhkan jika perangkat game miliknya terlalu panas saat digunakan. Umumnya PS5 yang terlalu panas ini disebabkan oleh terbatasnya aliran udara dan posisi PS5 yang salah.

Saat PS5 terlalu panas, biasanya akan muncul beberapa tanda seperti menampilkan peringatan, kipas pendingin bersuara sangat keras, kinerja utama menurun, muncul titik hitam atau putih, dan layar ungu, biru, atau hijau.

Selain itu, PS5 yang terlalu panas juga bisa ditandai dengan perangkat yang terasa sangat panas saat disentuh, dan PS5 mati mendadak sebagai tindakan perlindungan.

Nah, untuk mengatasi masalah PS5 yang terlalu panas ini, kamu bisa melakukan beberapa hal seperti dikutip dari laman Alvarotrigo.

1. Periksa apakah kipas berfungsi dengan baik

Cara pertama untuk mengatasi PS5 yang terlalu panas adalah memeriksa apakah kipasnya berfungsi dengan baik atau tidak. Cek kipas ini bisa kamu lakukan dengan cara berikut letakkan tangan di dekat ventilasi udara. Kipas masih beroperasi jika kamu merasakan udara mengalir di kulit.

Mulai permainan dengan suara dimatikan. Tempatkan telingamu di dekat PS5. Jika kipas aktif, maka kamu akan mendengar suara aliran udara yang samar.

2. Bersihkan ventilasi udara

Membersihkan ventilasi udara juga menjadi salah satu cara untuk mengatasi PS5 yang terlalu panas. Untuk membersihkan ventilasi udara di PS5 ini, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut.

Lepaskan Penutup Samping Konsol

Sebelum melepas penutup samping, kamu harus mematikan perangkat terlebih dahulu. Kemudian, kamu bisa melepaskan penutup samping PS5 dengan hati-hati.

Vakum Ventilasi Udara Secara Lembut

Ventilasi udara adalah bagian dari desain konsol. Kamu bisa menemukan lubang berbentuk segitiga di sisi konsol dan sedot debu yang terdapat di dalamnya menggunakan mesin vakum berdaya rendah.

Sebab, vakum lainnya akan menyebabkan penumpukan listrik statis dan merusak bagian dalam konsol.

Kembalikan penutup samping ke tempat semula

Setelah semua selesai, kamu bisa memasang kembali penutup samping ke tempat semula. Setelah itu, kamu bisa menyalakan konsol dan lihat apakah masalah telah teratasi.

3. Pindah posisi PS5 ke permukaan dan ruangan yang tepat

Memindahkan posisi PS5 ke permukaan dan ruangan yang tepat juga menjadi cara yang ampuh untuk mengatasi masalah PS5 yang terlalu panas.

Hindari menempatkan PS5  di lantai atau di permukaan lembut seperti karpet atau permadani. Karena tempat demikian akan berkontribusi terhadap penumpukan partikel debu dengan cepat di ventilasi udara.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI