5 Tips Bermanfaat Memilih HP yang Sinyalnya Kuat

Ilustrasi HP dengan sinyal yang kuat (FOTO: pinterest.com)

Indogamers.com - Saat membeli sebuah HP, sinyal atau jaringan yang kuat menjadi salah satu hal penting yang wajib diperhatikan.

Kemampuan HP dalam menangkap sinyal sendiri sangat menentukan kenyamanan saat berselancar di internet, maupun berkomunikasi baik itu melalui panggilan telepon maupun pesan instan.

Terlebih di era yang serba digital ini, dimana koneksi internet dengan kecepat tinggi sangat diperlukan. Karena itu, sebelum menentukan untuk membeli HP, kamu harus tahu bagaimana cara untuk memilih HP yang terbaik yang memiliki kemampuan menangkap sinyal yang kuat.

Baca Juga: Nggak Rumit Kok! Begini 5 Cara Mudah Bikin Sinyal di HP Android Makin Kuat

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk memilih HP yang memiliki kemampuan menangkap sinyal yang kuat.

1. Pastikan memilih HP yang sudah memiliki dukungan jaringan 4G atau 5G terbaru

Cara pertama untuk memilih HP yang memiliki sinyal kuat adalah pastikan HP yang kamu pilih ini telah memiliki dukungan jaringan 4G terbaru atau bahkan sudah memiliki dukungan jaringan 5G. Untuk saat ini HP dengan jaringan 4G LTE (Long-Term Evolution) menjadi standar yang paling umum.

Jaringan 4G LTE sendiri mampu memberikan kecepatan internet yang lebih tinggi dibandingkan dengan teknologi sebelumnya. Jika kamu membutuhkan HP dengan kecepatan yang lebih tinggi, maka kamu bisa memilih HP yang telah mendukung jaringan 5G.

2. Cek spesifikasi HP

Cara selanjutnya untuk memilih HP yang memiliki kemampuan menangkap sinyal bisa dilakukan dengan melihat spesifikasi HP yang akan kamu beli. Pada spesifikasi tersebut kamu bisa memeriksa frekuensi band yang digunakan pada HP.

Contohnya adalah saat sebuah HP telah memiliki dukungan jaringan “4G LTE di band 3 (1800 MHz) dan band 7 (2600 MHz)”. Berarti, HP tersebut dapat terhubung dengan jaringan 4G LTE pada frekuensi 1800 MHz (band 3) atau 2600 MHz (band 7), tergantung pada ketersediaan dan konfigurasi jaringan seluler di wilayah tersebut.

Sebab, frekuensi dan ban antar negara dan bahkan antar daerah di satu negara bisa bervariasi.

3. Lihat desain HP dan antenanya

Pada sebuah HP, antena menjadi salah satu komponen yang sangat berpengaruh pada kualitas sinyalnya. Semakin baik desain dari antena HP, maka kemampuan HP dalam menangkap sinyal menjadi lebih kuat.

Sedangkan antena HP yang desainnya kurang optimal dapat menyebabkan sinyal yang lemah atau mudah terputus. Karena itu, saat memilih HP, perhatikan desain antena dan letaknya di dalam perangkat.

4. Lihat review HP terlebih dahulu

Selain beberapa cara di atas, kamu juga bisa memilih HP yang memiliki kemampuan menangkap sinyal yang kuat dengan cara melihat review atau ulasan dari para pengguna lain.

Kamu bisa mencari ulasan pengguna lain di berbagai platform. Mulai dari YouTube, Instagram, TikTok, ataupun melalui Website yang memberikan review seputar HP seperti Indogamers.com. Cermati konten ulasan tersebut dengan teliti.

Baca Juga: Spesifikasi Lengkap Ulefone Armor Pad Pro, Harganya Murah Meriah

5. Uji sinyal terlebih dahulu

Setelah semua cara di atas dilakukan, cara terakhir untuk memilih HP dengan kemampuan menangkap sinyal yang kuat adalah mengujinya terlebih dahulu di toko secara langsung.

Kamu bisa melakukan hal ini di toko-toko yang memang menyediakan HP demo yang bisa kamu coba.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI

Guides

Cara Mudah Kirim Voice Message di iPhone Sabtu 28 September 2024, 19:04 WIB