Cara Melacak Smartphone yang Hilang Menggunakan Nomor IMEI

Ilustrasi IMEI Smartphone (FOTO: Indogamers.com)

Indogamers.com - Smartphone atau HP menjadi salah satu perangkat elektronik yang saat ini memiliki peranan penting di kehidupan manusia. Bahkan, bisa dikatakan smartphone, kini menjadi kebutuhan primer layaknya pakaian bagi manusia.

Karena itu, saat smartphone tersebut hilang, pemiliknya pasti akan merasa panik, bingung, dan takut. Terlebih jika dalam smartphone tersebut tersimpan banyak sekali data penting, baik data pribadi ataupun data pekerjaan.

Baca Juga: 6 Cara Bikin HP Tak Bisa Dilacak, Privasi Terjaga

Jika kamu menjadi salah satu pengguna smartphone yang mengalami hal tersebut, ada cara yang bisa dilakukan untuk melacak smartphone yang hilang, yaitu memanfaatkan nomor IMEI (International Mobile Equipment Identity).

Karena itu, penting sekali untuk mengingat atau mengetahui nomor IMEI yang ada pada smartphone yang kamu gunakan.

Nah, jika kamu tidak mengetahui nomor IMEI smartphone dan ternyata smartphone tersebut suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan (hilang) maka kamu bisa melacaknya menggunakan IMEI dengan cara seperti di bawah ini.

1. Cek IMEI smartphone yang kamu gunakan

Untuk mengetahui nomor IMEI pada smartphone, kamu bisa melihatnya pada boks smartphone ataupun stiker yang tertempel di kartu garansi smartphone.

Tapi, jika boks dan kartu garansi smartphone sudah tidak kamu miliki, maka kamu bisa cek IMEI melalui menu “Pengaturan” ataupun melalui kode dial (*#06#) di menu telepon.

Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Melacak iPhone dari Android

2. Urus surat keterangan hilang

Cara berikutnya setelah mengetahui nomor IMEI smartphone yang hilang, kamu bisa mengurus surat keterangan hilang di pihak berwajib atau kepolisian.

Nah, surat keterangan hilang dari pihak berwajib inilah yang nantinya bisa kamu gunakan untuk proses melacak smartphone yang hilang dengan IMEI.

Untuk mengurus surat keterangan hilang di pihak berwajib atau kepolisian, kamu bisa ikuti langkah berikut:

  • Mengurus dan membawa surat pengantar dari desa atau kelurahan untuk membuat laporan kehilangan di kepolisian

  • Tulis semua informasi mengenai smartphone yang hilang, seperti warna, tipe, dan ciri-ciri fisik lainnya

  • Ceritakan kronologi saat smartphone hilang kepada pihak yang berwajib

3. Kunjungi operator seluler

Setelah memiliki surat keterangan hilang dari kepolisian, kamu bisa mengunjungi kantor operator seluler yang kamu gunakan. Pastikan, kamu ingat nomor seluler yang terpasang pada smartphone yang hilang.  

Setelah itu, kamu bisa meminta bantuan dari operator seluler tersebut untuk melacak lokasi smartphone yang hilang menggunakan IMEI.

Kamu bisa menceritakan kronologi smartphone kenapa smartphone tersebut hilang ke CS (Customer Service) operator seluler tersebut dan jangan lupa untuk memberi tahu kelengkapan data yang diperlukan, seperti nomor IMEI dan nomor seluler yang terpasang di smartphone yang hilang untuk mempermudah dalam proses pelacakan.

Nah, itulah tadi cara yang bisa kamu lakukan untuk melacak smartphone yang hilang menggunakan nomor IMEI. Setelah semua cara selesai kamu lakukan, selanjutnya kamu hanya perlu pasrah dan menunggu proses pelacakannya selesai.

Agar proses pelacakan ini berhasil, smartphone yang hilang harus dalam kondisi hidup dan tersambung dengan GPS untuk mengetahui dimana lokasinya berada.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI

Guides

Cara Mudah Kirim Voice Message di iPhone Sabtu 28 September 2024, 19:04 WIB