Jangan Asal Main Saja, Kenali Apa Itu Game dan Jenis Genrenya

Mengenal apa itu game (FOTO: UniPin Community)

Indogamers.com - Apa itu Game? Game merupakan software atau aplikasi perangkat lunak yang memberikan sajian seru dan menarik untuk dimainkan, pada umumnya disukai oleh berbagai kalangan mulai anak-anak sampai dengan orang dewasa baik laki-laki maupun perempuan.

Sering dinilai negatif tapi yang sebenarnya penting dalam perkembangan otak untuk meningkatkan konsentrasi dan melatih dalam memecahkan masalah secara tepat dan cepat karena pada game terdapat berbagai konflik atau masalah yang menuntut pemain untuk menyelesaikannya dengan cepat dan tepat, selama permainan game bisa diarahkan dengan benar.

Setiap game akan memberikan tantangan yang membuat seseorang harus bisa memecahkan permasalahan yang ada demi menuju kemenangan.

game juga dirancang semenarik mungkin sehingga game memiliki tantangan yang dapat membuat pemain menjadi penasaran untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di dalam game tersebut. 

Sedangkan bermain game merupakan suatu bentuk aktivitas rekreasi atau hiburan di mana pemain berinteraksi dengan sistem yang telah ditentukan, biasanya dengan tujuan mencapai sebuah target, mencapai kemenangan, atau mengalami narasi yang disajikan dalam permainan tersebut. 

Baca Juga: Mengenal AutiSpark: Kids Autism Games, Game Edukasi untuk Anak Autis

Untuk lebih mengenal game, kau perlu tahu terdapat berbagai jenis game yang dapat diklasifikasikan berdasarkan berbagai kriteria, termasuk mekanika permainan, platform, atau tujuan permainan. Berikut adalah beberapa jenis game yang umum dimainkan:

Game Tembak-Menembak (Shooter)

Game ini melibatkan pemain dalam penggunaan senjata untuk menembak dan mengalahkan musuh atau target. 

Game Peran (Role-Playing Game/RPG)

Game ini ,emungkinkan pemain untuk mengambil peran karakter fiksi dan mengendalikan kemajuan dan tindakan karakter tersebut.

Game Permainan Strategi (Strategy Game)

Game ini memerlukan pemain untuk merencanakan strategi dan mengelola sumber daya untuk mencapai tujuan tertentu. 

Baca Juga: UGX Games Area Satukan Gamer, Penggemar, dan Komunitas

Game Petualangan (Adventure Game)

Game ini memungkinkan pemain menjelajahi dunia virtual, memecahkan teka-teki, dan berinteraksi dengan karakter serta lingkungan. 

Game Olahraga (Sports Game)

Game simulasi olahraga nyata atau fiksi yang memungkinkan pemain untuk bermain seperti dalam pertandingan olahraga sebenarnya. 

Game Simulasi (Simulation Game)

Game ini mensimulasikan situasi atau aktivitas dari dunia nyata. Ini bisa mencakup simulasi kehidupan, simulator penerbangan, simulator pertanian, dan sebagainya. 

Game Puzzle

Memerlukan pemain untuk memecahkan teka-teki atau tantangan logika untuk mencapai tujuan tertentu. 

Game Musim Semi (Casual Game): Dirancang untuk dimainkan dengan santai tanpa tekanan waktu atau tujuan yang jelas.

Baca Juga: Pengembang CD Projekt Ungkap Rahasia dalam Proses Pembuatan Game Berkelas

Itulah beberapa jenis game yang umum ditemui, namun masih ada banyak lagi variasi dan sub-genre di dalam industri game yang terus berkembang seiring dengan waktu. Semoga kamu mulai memahami apa itu game dan jenis-jenisnya.**


Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI