Cara Menonaktifkan Rekaman Suara Google

Ilustrasi fitur perekaman suara Google (FOTO: Make use of)

Indogamers.com - Google ternyata memiliki fitur tersembunyi yang memungkinkan untuk merekam suara pengguna secara diam-diam. Rekaman suara yang diambil oleh Google ini akan mereka simpan untuk berbagai keperluan.

Fitur dari Google ini bernama Voice Assistant yang sebenarnya bisa digunakan untuk mengoperasikan perangkat cerdas yang dimiliki oleh para pengguna.

Fitur yang bernama Voice Assistant ini memungkinkan para pengguna untuk mengoperasi sebuah perangkat sesuai dengan keinginan pengguna hanya dengan mengucapkan sesuatu.

Baca Juga: Cara Bikin Alamat Rumah di Google Maps yang Mudah Dicari

Karena itu, Voice Assistant ini akan menyimpan seluruh data suara dari para pengguna, seperti menyimpan rekaman audio dari aktivitas web dan aplikasi, bersama dengan interaksi suara dengan penelusuran, asisten, dan maps.

Namun, rekaman yang dilakukan oleh Google tentu saja dapat mengganggu para penggunanya terkait privasi data mereka.

Nah, untuk saat ini pihak Google sendiri telah memberikan kebijakan baru dimana para pengguna bisa mendapatkan dua pilihan, yaitu untuk mengaktifkan perekaman suara yang keluar atau menonaktifkan perekaman suara yang keluar.

Seperti dikutip dari laman Dailymail, para pengguna bisa mematikan fungsi dari perekaman suara Google dengan“Klik kelola akun Google Anda”, kemudian, pilih tab “Data dan Privasi” dan pengguna bisa scroll ke bawah hingga menemukan “Pengaturan Riwayat”.

Baca Juga: Cara Pasang dan Menemukan Titik Koordinat Tempat Tanpa Nama di Google Maps

Setelah pengguna mengklik dan scroll ke bawah, pengguna akan melihat bahwa pengaturan aktivitas suara dan audio memiliki tanda centang biru. Hapus centang untuk menghentikan Google mendengarkan.

Cara Google terus menangkap percakapan adalah versi verbal dari mesin pencari, dan setiap kali menerima perintah 'Hai Google', efeknya sama seperti membuka jendela browser.

Untuk menonaktifkan rekaman suara Google ini, pengguna bisa ikuti langkah-langkah selengkapnya seperti di bawah ini. 

  • Buka aplikasi Google yang kamu gunakan dan ketuk "Kelola Akun Google Anda."

  • Pilih tab "Data dan Privasi" dan gulir ke bawah ke "Pengaturan Riwayat."

  • Pilih bagian "Aktivitas Web & Aplikasi" yang memiliki tanda centang berwarna biru.

  • Klik dan gulir ke bawah hingga kamu akan melihat pengaturan aktivitas suara dan audio memiliki tanda centang berwarna biru.

  • Hilangkan tanda centang tersebut untuk menghentikan Google mendengarkan aktivitas kamu.

Dengan menonaktifkan pengaturan ini, rekaman audio dari interaksi suara dengan Google Penelusuran, Asisten, dan Maps tidak akan disimpan ke Akun Google Anda di server Google, meskipun pengguna sedang masuk.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI

Guides

Cara Mudah Kirim Voice Message di iPhone Sabtu 28 September 2024, 19:04 WIB