Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP tanpa Aplikasi

Ilustrasi kembalikan foto terhapus di HP (FOTO: Apple)

Indogamers.com - Tak jarang para pengguna HP mengalami momen yang menyebalkan seperti salah menghapus foto.

Padahal, foto tersebut adalah foto penting yang seharusnya tidak dihapus. Hal ini biasanya terjadi saat HP yang digunakan penyimpanannya terlalu penuh dan ingin segera menggunakan HP untuk aktivitas lain.

Jadi, secara cepat pengguna akan menghapus beberapa data yang tersimpan, termasuk foto.

Namun, karena panik atau terburu-buru, dimana seharusnya mereka menghapus foto yang tidak penting, malah foto penting juga ikut terhapus.

Baca Juga: Cara Pulihkan Instagram Stories yang Sudah Dihapus

Hal ini tentu saja membuat para pengguna semakin panik, dan berpikir apakah foto yang terhapus dari HP ini masih bisa dikembalikan.

Nah, jika kamu menjadi salah satu orang yang mengalami hal serupa, kamu tidak perlu panik.

Karena, foto yang tidak sengaja terhapus dari HP yang kamu gunakan ini masih bisa dikembalikan lagi ke galeri. Seperti apa caranya?

Langsung saja simak selengkapnya di bawah ini baik itu kamu menggunakan HP Android maupun iPhone tanpa aplikasi seperti dikutip dari laman Telkomsel.

Mengembalikan foto terhapus di HP Android

Untuk mengembalikan foto terhapus di HP Android ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Namun, untuk memastikan foto-foto tersimpan dengan aman, kamu bisa selalu membackup foto yang kamu miliki di Cloud Storage seperti Google Drive.

Tapi perlu diingat, untuk menyimpan foto di Cloud Storage ini, kamu membutuhkan koneksi internet baik itu jaringan WiFi ataupun data seluler dengan kuota yang mencukupi.

Jika foto belum sempat di back-up namun sudah terhapus, maka kamu bisa mencoba cara untuk mengembalikannya seperti di bawah ini.

1. Cari foto terhapus di folder sampah

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan foto di HP Android yang terhapus adalah memeriksa folder sampah untuk memastikan apakah foto yang terhapus ada di folder tersebut.

Sebab, umumnya data apapun yang dihapus akan otomatis masuk dalam folder sampah dan tersimpan selama 30 hari sebelum data tersebut terhapus permanen.

Untuk langkah-langkahnya sendiri, bisa kamu lihat seperti berikut ini:

  • Buka ‘Settings’ atau Pengaturan HP.

  • Buka ‘Storage’ atau Penyimpanan.

  • Buka folder ‘Trash’ atau sampah.

  • Cari foto-foto yang ingin kamu kembalikan.

  • Klik ‘Restore’ atau kembalikan.

  • Selesai.

Jika foto yang kamu miliki terhapus dan masih terdapat pada folder sampah ini, maka proses untuk mengembalikan foto ke galeri HP Android yang kamu gunakan akan lebih mudah.

2. Periksa cloud storage yang kamu gunakan

Jika foto-fotomu sudah terhapus permanen dari galeri HP ataupun folder sampah, kamu bisa cek Google Photos atau Cloud Storage lain yang kamu gunakan pada HP.

Sebab, ada kemungkinan kamu telah menghubungkan HP yang kamu gunakan dengan Google Photos atau cloud lain sebagai penyimpanan eksternal dan secara otomatis back up atau menyimpan foto dan video ke Google Photos atau cloud tersebut.

Jadi, untuk mengembalikan foto yang terhapus permanen dari Galeri ataupun folder sampah, kamu bisa langsung mencari di cloud storage yang digunakan.

Mengembalikan foto terhapus di HP iOS (iPhone)

Jika kamu bukan pengguna HP Android melainkan pengguna HP iOS, maka kamu bisa simak cara untuk mengembalikan foto terhapus berikut ini. Cara mengembalikan foto di HP iOS ini tentu saja berbeda dengan cara mengembalikan foto di HP Android.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Pulihkan Kontak WhatsApp yang Hilang

1. Cari foto di album “Baru Dihapus” atau ”Recently Deleted”

iOS memiliki fitur ‘fail safe’ yang berguna untuk memulihkan foto atau video yang terhapus secara tidak sengaja. Foto yang terhapus di HP iOS akan masih ada di album “Baru Dihapus” atau “Recently Deleted” yang ada di menu Photos.

Fitur ini tersedia pada iOS versi 8 ke atas dan foto yang terhapus hanya disimpan selama 30 hari sebelum hilang secara permanen. Untuk mengembalikan foto di album “Baru Dihapus” atau ”Recently Deleted”, kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini

  • Buka aplikasi “Foto”

  • Klik “Album”, kemudian pilih “Baru Dihapus”

  • Cari dan pilih beberapa foto dan video yang ingin kamu kembalikan

  • Setelah foto dan video terpilih, kamu bisa klik “Pulihkan” untuk mengembalikannya

  • Kemudian, foto dan video yang hilang akan muncul kembali di galeri.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI