Cara Mengatasi Ghost Touch di Layar Smartphone dengan Mudah

Ilustrasi layar smartphone yang mengalami ghost touch (FOTO: pinterest.com)

Indogamers.com - Saat ini, smartphone tengah menjadi salah satu perangkat elektronik yang paling dibutuhkan oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia, bahkan di dunia.

Smartphone tidak hanya digunakan untuk mencari informasi, menikmati media sosial, menonton video, dan bermain game saja.

Namun, smartphone juga digunakan sebagai perangkat yang menunjang aktivitas pekerjaan oleh sebagian orang. Sehingga mereka harus mengandalkan layar smartphone dalam waktu yang lama.

Baca Juga: Apa itu APN pada Smartphone? Ketahui Penjelasan, Fungsi hingga Cara Mengaturnya

Seiring dengan penggunaanya, layar smartphone lama kelamaan akan mempengaruhi durabilitasnya.

Terlebih bagi para pengguna yang sering menggunakan smartphone dengan kasar dan sembarangan, maka layar smartphone bisa mengalami masalah.

Salah satu masalah yang sering terjadi pada layar smartphone adalah ghost touch, dimana layar smartphone akan menekan seluruh menu di dalam smartphone secara acak.

Jika smartphone yang kamu gunakan mengalami masalah tersebut, kamu tidak perlu khawatir.

Sebab, masih ada cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi layar ghost touch tanpa harus mengganti layar LCDnya. Seperti apa caranya? Langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

1. Bersihkan aplikasi-aplikasi yang menumpuk

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah layar ghost touch adalah membersihkan aplikasi yang menumpuk dan berjalan di latar belakang.

Sebab, terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang akan mempengaruhi kinerja smartphone, salah satunya menyebabkan layar smartphone menjadi ghost touch.

Baca Juga: 5 Tips Bermanfaat Membersihkan Virus Komputer tanpa Antivirus

2. Restart smartphone

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah layar smartphone ghost touch adalah merestart smartphone yang kamu gunakan.

Sebab, tak jarang ghost touch ini terjadi karena sistem operasi mengalami masalah seperti bug.

Karena itu, merestart smartphone menjadi langkah yang efektif untuk mengatasi ghost touch. Sebab, saat smartphone di restart seluruh sistem operasi akan kembali di segarkan.

3. Bersihkan layar

Membersihkan layar smartphone juga menjadi cara ampuh untuk mengatasi ghost touch. Sebab, tak jarang ghost touch ini terjadi karena layar smartphone terdapat berbagai kotoran, seperti air, ataupun benda lainnya.

Untuk membersihkan layar smartphone kamu bisa menggunakan kain yang lembut, seperti microfiber ataupun menggunakan tisu dan mengelapnya secara lembut.

4. Ganti pelindung layar

Selanjutnya, untuk mengatasi ghost touch yang bisa kamu lakukan adalah mengganti pelindung layar secara teratur.

Mengingat pelindung layar ini memiliki fungsi untuk melindungi layar, maka seiring dengan pemakaiannya, pelindung layar bisa mengalami penurunan performa, sehingga mengakibatkan ghost touch.

5. Lakukan kalibrasi layar

Mengkalibrasi ulang layar smartphone juga menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ghost touch. Seiring dengan penggunaan yang sering, bisa membuat daya sensitivitas sentuhan di layar smartphone menjadi menurun.

Oleh karena itu, melakukan kalibrasi adalah cara mengatasi ghost touch yang tepat. Di sini kamu bisa menggunakan aplikasi maupun dengan memasukkan kode tertentu dari pabrikan.

Setiap HP memiliki kode yang berbeda-beda, setelah memasukkan kode berupa simbol dan angka, kamu bisa melakukan kalibrasi.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI

Guides

Cara Nobar di WhatsApp dengan Mudah Selasa 02 Juli 2024, 11:59 WIB