6 Cara Mengatasi AirPods Tidak Bisa Mengisi Daya

Ilustrasi AirPods yang tidak bisa mengisi daya (FOTO: laptopmag.com)

Indogamers.com - Headset wireless atau biasa disebut dengan TWS menjadi salah satu headset yang saat ini sangat disukai oleh banyak orang karena praktis.

Mereka tidak perlu menggunakan kabel yang mengganggu aktivitas. Salah satu TWS yang terpopuler adalah TWS produk dari Apple yang bernama AirPods.

Dengan AirPods, para pengguna bisa bersantai, ataupun menjalankan aktivitas lainnya sembari menikmati musik. Karena AirPods ini menggunakan baterai maka pengguna juga harus mengamati kapan baterainya akan diisi.

Baca Juga: 3 TWS Baterai Tahan Lama Lengkap dengan Spesifikasi dan Harganya

Dengan sekali pengisian daya, AirPods dapat digunakan kurang lebih selama 4,5 jam untuk mendengarkan lagu. Namun, terkadang terjadi kesalahan yang menyebabkan AirPods tidak mengisi daya sebagaimana semestinya.

Nah, jika AirPods tidak dapat mengisi daya, tentunya para pengguna akan merasa kerepotan. Para pengguna AirPods masih bisa mengatasi masalah ini, jadi tidak perlu khawatir.

AirPods yang tidak bisa mengisi daya ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Contohnya, lubang pengisi daya terhalang sesuatu. Untuk mengatasi masalah AirPods tidak bisa mengisi daya ini, kamu bisa ikuti cara seperti di bawah ini, seperti dikutip dari laman Lifewire.

1. Lepas dan pasang kembali AirPods ke kotak pengisian daya

Cara pertama untuk mengatasi masalah AirPods tidak bisa mengisi daya adalah lepas dan pasang kembali AirPods ke kotak pengisian daya. Umumnya, cara ini cukup ampuh mengatasi AirPods yang tidak dapat di-charge.

Untuk memastikan apakah AirPods dapat diisi dengan baik, kamu dapat menggunakan perangkat lain, seperti iPhone, untuk memeriksa level baterai AirPods. Jika solusi ini tidak langsung bekerja, kamu dapat mengulangi langkah-langkah tersebut satu atau dua kali sebelum beralih ke metode lainnya.

2. Bersihkan AirPods

AirPods yang tidak bisa mengisi daya bisa diatasi dengan cara membersihkan AirPods.

Sebab, salah satu penyebab AirPods tidak bisa mengisi daya ini karena casing tidak dapat mendeteksinya dengan benar. Karena itu, membersihkan kotak pengisian daya AirPods ini tentu saja bisa mengatasi masalah tersebut.

Baca Juga: 5 Rekomendasi TWS Gaming Terbaik Beserta Harga dan Fitur Andalannya

Selain itu, bersihkan juga sambungan pengisi daya dan AirPods itu sendiri. Pastikan kamu membersihkan semua bagian dengan hati-hati agar tidak menyebabkan kerusakan komponen.

3. Isi daya pada kotak AirPods

AirPods yang tidak bisa mengisi daya juga bisa terjadi karena kotak AirPods kehabisan daya. Karena itu, pastikan untuk mengisi daya terlebih dahulu pada kotak AirPods.

Untuk memastikannya, masukkan AirPods ke dalam casingnya dan tunggu untuk melihat apakah lampu pengisian daya menyala. Jika ya, mungkin tidak ada yang salah dengan AirPods yang kamu gunakan.

Jika lampu tidak menyala, kemungkinan ada masalah dalam proses pengisian daya AirPods.

4. Isi daya AirPods semalaman

Saat AirPods benar-benar kehabisan daya, dibutuhkan waktu lebih lama dari biasanya untuk mengisi ulang. Faktanya, ada situasi di mana AirPods tidak akan mulai mengisi daya secara normal selama beberapa jam.

Dalam kasus ini, kamu perlu membiarkan AirPods dalam posisi terisi daya selama semalaman. Periksa lagi di pagi hari untuk melihat apakah akhirnya terisi daya secara normal.

5. Reset AirPods

Jika setelah mencoba berbagai cara di atas, AirPods masih tidak mengisi daya, AirPods mungkin mengalami kesalahan yang hanya dapat diselesaikan dengan reset pabrik.

Sayangnya, ini akan menghapus semua pengaturan yang disimpan, jadi lakukan ini hanya jika cara lain seperti diatas kamu lakukan tidak ada yang berhasil.

6. Perbarui firmware AirPods

Jika kamu sudah lama tidak memperbarui firmware AirPods, kamu mungkin melewatkan pembaruan, dan itu mungkin penyebabnya. Coba perbarui firmware, lalu lakukan langkah-langkah di atas untuk melihat apakah AirPods yang kamu gunakan ini dapat diisi dayanya.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI