Cara Mengatasi Penyimpanan Google Drive Penuh

Atasi penyimpanan yang penuhdi Google Drive (FOTO: Indogamers)

Indogamers.com - Bagi kalian para pengguna gadget, pasti sudah tidak asing lagi dengan media penyimpanan online atau media penyimpanan awan (cloud storage) baik itu yang bisa diakses secara gratis maupun berbayar.

Salah satu cloud storage yang paling umum digunakan adalah Google Drive yang merupakan media penyimpanan online resmi yang dibuat oleh Google untuk para penggunanya. Media penyimpanan ini bisa kamu gunakan secara gratis maupun berbayar.

Umumnya, setiap akun Google Drive akan diberikan penyimpanan gratis sebesar 15GB untuk akun pribadi dan 30 GB untuk akun perusahaan. Jika kapasitas tersebut masih terlalu kecil maka pengguna masih bisa memperluas kapasitas penyimpanannya dengan berlangganan ke Google Drive.

Google Drive sendiri bisa digunakan untuk berbagai dokumen digital mulai dari foto, video, email, maupun file Google docs lainnya dengan sesama pengguna dengan mudah menggunakan penyimpanan gratis sebesar 15GB yang diberikan Google.

Namun, seiring dengan penggunaannya untuk menyimpan berbagai macam file, bukan tidak mungkin 15GB kapasitas yang diberikan Google secara gratis akan penuh dan tidak mampu menyimpan lagi data.

Agar Google Drive bisa menyimpan data lagi, maka pengguna harus mengosongkan Google Drive terlebih dahulu.

Untuk mengosongkan Google Drive ini, kamu bisa ikuti langkah-langkan seperti di bawah ini seperti dikutip dari laman resmi Support Google.

Atasi penyimpanan Google Drive yang penuh menggunakan HP Android

Untuk mengatasi penyimpanan Google Drive yang penuh, kamu bisa melakukannya menggunakan HP Android.

Untuk melakukannya, pastikan pengguna telah menginstal aplikasi Google Drive terlebih dahulu di HP Android yang digunakanan.

Untuk langkah-langkahnya, kamu bisa ikuti seperti berikut:

  • Buka aplikasi Google Drive

  • Klik file yang ingin dihapus

  • Klik ikon tong sampah atau Trash untuk menghapus file

  • Klik ikon menu di pojok kiri atas, lalu pilih Bin

  • Klik ikon Delete Forever untuk menghapus file secara permanen

Atasi penyimpanan Google Drive yang penuh menggunakan PC maupun laptop

Selain menggunakan HP Android, kamu juga bisa mengatasi penyimpanan di Google Drive yang penuh menggunakan PC maupun laptop.

Untuk melakukannya, kamu bisa ikuti langkahnya seperti berikut ini.

  • Buka situs situs Google Drive dengan alamat drive.google.com

  • Pilih satu file yang ingin dihapus dengan mengkliknya.

  • Jika ingin memilih lebih dari satu file, tekan Ctrl kemudian klik dengan mouse untuk memilih file lainnya. Sementara jika ingin mengosongkan Google Drive, tekan Ctrl+A untuk memilih semua file.

  • Selanjutnya, klik ikon tong sampah atau Trash pada berada di sebelah atas kanan untuk menghapus file

  • File akan terhapus dan berpindah pada folder Trash atau Sampah. File tersebut akan berada di Trash selama 30 hari sebelum semua dokumen hilang dengan sendirinya

  • Namun, jika ingin segera menghapus permanen tanpa menunggu 30 hari, klik folder Trash yang ada di menu sebelah kiri layar

  • Klik opsi Empty trash pada bagian kanan atas untuk mengosongkan folder dan menghapus file permanen. Jika menu ini dipilih, semua item atau dokumen yang ada di Sampah atau Trash akan lenyap selamanya dan tidak dapat dipulihkan.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI