8 Cara Ampuh dan Mudah Mengatasi iPhone Cepat Panas

Ilustrasi iPhone yang cepat panas karena berbagai faktor (FOTO: pinterest.com)

Indogamers.com - iPhone yang cepat panas mungkin menjadi salah satu hal yang sering dialami oleh para pengguna iPhone.

Meskipun demikian, iPhone menjadi salah satu smartphone yang populer dan di idam-idamkan oleh banyak orang di dunia, termasuk di Indonesia.

Bahkan, tak sedikit orang yang rela membeli iPhone dalam kondisi bekas hanya karena ingin menggunakan iPhone.

Mengingat harga iPhone baru terbilang sangat tinggi, jadi mereka memilih iPhone bekas agar bisa mendapatkan iPhone dengan harga yang lebih terjangkau.

Banyaknya peminat iPhone ini dikarenakan iPhone memiliki sistem operasi khusus, yaitu iOS yang dikatakan sebagai sistem operasi seluler yang paling tangguh.

Sistem operasi ini, bisa membuat iPhone mampu bekerja dengan baik antara suhu 0 derajat C hingga 35 derajat C.

Meskipun demikian beberapa versi iPhone juga bisa mengalami panas yang berlebih.

Terutama, pada iPhone-iPhone yang sudah cukup berumur, contohnya sudah lebih dari tiga tahun pemakaian.

Baca Juga: 20 Game untuk Pengguna iPhone, Dijamin Bikin Ketagihan!

iPhone yang mengalami panas berlebih ini juga bisa terjadi karena berbagai alasan.

Contohnya, saat pengguna iPhone memaksa untuk menggunakan iPhone secara berlebihan, atau bisa juga terjadi karena masalah pada baterai iPhone itu sendiri.

Karena itu, sebagai pengguna iPhone kamu harus tahu bagaimana cara untuk mengatasi masalah iPhone yang cepat panas ini agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Seperti apa cara untuk mengatasi masalah iPhone yang cepat panas?

Langsung saja, simak cara mengatasi iPhone yang cepat panas seperti di bawah ini.

1. Periksa penggunaan baterai

Karena salah satu penyebab iPhone yang cepat panas adalah masalah pada baterai, karena itu cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah buka aplikasi Pengaturan (settings) pada iPhone yang kamu gunakan.

Kemudian, kamu bisa klik baterai dan periksa penggunaan baterai aplikasi selama 24 jam terakhir dan 10 hari terakhir. Lihat persentase keseluruhan, serta total waktu di layar dan di latar belakang untuk masing-masing aplikasi.

Setelah itu, kamu bisa klik General dan pilih Background App Refresh. Nonaktifkan aplikasi yang menghabiskan sumber daya yang signifikan di latar belakang.

2. Hapus aplikasi

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi iPhone yang cepat panas adalah adalah hapus aplikasi tertentu.

Sebab, tak sedikit aplikasi tidak stabil yang terpasang di perangkat mengakibatkan macet di latar belakang saat berfungsi.

Baca Juga: Cara Mengubah Nama AirDrop di iPhone, iPad, dan MacBook

Meskipun mungkin tidak terlihat, iPhone atau iPad akan tetap hangat atau terlalu panas dalam beberapa kasus ini. Meskipun sulit untuk menyelesaikan masalah ini, namun kamu bisa mengatasinya dengan cara berikut.

Buka aplikasi Pengaturan di iPhone yang kamu gunakan, kemudian klik Privacy dan pilih Analytics & Improvements

Setelah itu, kamu bisa pilih Data Analytics dan periksa data analitik aplikasi yang baru saja diinstal.

Setelah menemukan aplikasi yang dirasa tidak stabil, kamu bisa segera menguninstal aplikasi tersebut.

3. Kurangi kecerahan layar iPhone

Jika kecerahan layar di atas 50 persen atau lebih, bukan hal yang mustahil iPhone akan menjadi lebih cepat panas. Karena itu, untuk mengatasi iPhone yang cepat panas, kamu juga bisa melakukannya dengan cara mengurangi kecerahan pada layar iPhone.

4. Koneksi jaringan

Terkadang, koneksi jaringan yang buruk dapat memanaskan perangkat saat sedang mencari sinyal. Hal ini bisa terjadi di area dengan konektivitas jaringan yang buruk.

Karena itu, untuk mengatasi masalah iPhone yang cepat panas karena masalah pada koneksi jaringan, kamu bisa mengatasinya dengan cara beralih ke Mode Pesawat untuk mencegah pengurasan baterai dan peningkatan panas yang tidak dibutuhkan.

5. Nonaktifkan GPS

GPS yang selalu aktif pada iPhone juga menjadi salah satu hal yang menyebabkan iPhone menjadi cepat panas. Karena itu, untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa melakukannya dengan cara menonaktifkan GPS.

Jika hal ini tidak memungkinkan, maka kamu bisa menolak izin aplikasi untuk menggunakan GPS kecuali jika benar-benar diperlukan. Kamu juga bisa mengaktifkan mode hemat daya atau hemat baterai untuk menghentikan pembaruan GPS di latar belakang.

6. Lepaskan casing iPhone

Casing iPhone juga menjadi salah satu komponen yang sering kali membuat iPhone menjadi cepat panas. Sebab, casing akan menghambat bodi iPhone untuk melepaskan panas.

Karena itu, melepaskan casing iPhone menjadi solusi terbaik yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi iPhone yang cepat panas.

7. Hindari penggunaan di bawah terik matahari

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah iPhone yang cepat panas adalah menghindari penggunaan iPhone di bawah terik matahari atau di ruangan yang panas.

8. Gunakan mode daya rendah

Cara terakhir untuk mengatasi masalah iPhone yang cepat panas adalah dengan menghidupkan mode daya rendah. Dengan cara ini, sistem secara otomatis akan melakukan pembatasan pada aksesnya.

Sehingga, konsumsi daya dan kinerja prosesor dapat berkurang dan membuat iPhone tidak cepat panas.

Nah, itulah tadi beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah iPhone yang cepat panas.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI

News

5 Novel Game Terbaik yang Harus Kamu Baca Minggu 06 Oktober 2024, 16:05 WIB