Ini yang Wajib Kamu Perhatikan Sebelum Membeli Monitor Gaming

Monitor Gaming Polytron Warrior PMD 27IQ9931. (Sumber: Polytron)

Indogamers.com - Salah satu kebutuhan untuk para gamers adalah membeli perangkat yang digunakan untuk mendukung kegiatan gaming.

Pemilihan perangkat menjadi sesuatu yang krusial karena dapat menentukan kenyamanan saat menggunakannya.

Perangkat yang paling berpengaruh salah satunya yaitu monitor. Kamu harus dapat menemukan monitor dengan spesfisikasi dan fitur yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu.

Baca Juga: Harga Monitor Gaming Asus ROG XG27UCS maupun XG27ACS, Desain Lebih Kecil

Monitor juga menjadi perangkat yang bisa dibilang paling menentukan kenyamanan dan keberhasilan dalam bermain game.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli monitor gaming:

1. Ukuran Layar

Untuk monitor gaming, ukuran yang ideal yaitu 21-24 inchi, di mana ukuran ini pas untuk memainkan game dan tidak terlalu menyakiti mata. Kamu juga harus menyesuaikan ukuran ini dengan jenis game yang kamu senangi untuk menambah pengalaman bermain yang lebih nyaman.

Baca Juga: Spesifikasi Lengkap Monitor Gaming Agon Pro AG246FK, Tengok Harganya Masih Terjangkau

2. Memilih Antara LCD atau LED

Monitor LCD dan LED memang sama-sama memiliki teknologi panel yang dapat menghasilkan gambar yang sama. Namun, perbedaannya adalah pada motode penerangannya.

Monitor LCD menggunakan Cold Cathode Fluorescent Lamps (CCFLs) dengan cara kerja yang hampir mirip seperti lampu neon. Sementara itu, monitor LED menggunakan Light Emitting Diode (LED) berjumlah banyak, sebagai sumber penerangan.

Dalam hal ini LED lebih unggul karena memiliki response time tinggi, bentuk yang lebih tipis, brightness yang tinggi dan hemat daya.

Baca Juga: 3 Kelebihan Agon Pro AG246FK, Monitor Gaming dengan Refresh Rate Super Tinggi

3. Resolusi

Resolusi ideal sebuah monitor gaming unuk memenuhi kebutuhan gaming adalah 1440p. Namun, saat ini banyak juga yang menyediakan resolusi hingga 2160p atau Ultra HD. Semakin tinggi resolusi tentunya akan menghadirkan frame rate yang lebih stabil.

4. Refresh Rate

Refresh rate adalah kemampuan monitor untuk memperbarui tampilan gambar setiap detiknya atau frame per second (fps). Kemampuan ini diukur dalam satuan Hertz (Hz). Tinggi Hertz ini akan mempengaruhi banyaknya gambar yang muncul dalam proses refresh. Monitor gaming yang ideal biasanya memilik refresh rate di angka 240Hz.

5. Response Time

Adalah waktu yang dibutuhkan pixel di monitor untuk beralih dari satu warna ke warna lainnya. Response time biasanya diukur dalam satunya milidetik (ms), di mana angka yang semakin rendah akan semakin baik. Monitor gaming idealnya memiliki response rate di bawah 4ms.

6. Konektivitas

Monitor gaming memiliki beberapa konektivitas seperti;

  • DisplayPort: dapat digunakan untuk menghubungkan PC dan monitor, memiliki refresh rate tinggi

  • HDMI: menyediakan visual dan audio

  • DVI: alternatif port HDMI apabila GPU pada kartu grafis/monitor tidak memiliki jumlah port yang cukup untuk semua perangkat

  • USB: kini beberapa monitor gaming sudah membenamkan port USB 3.0 untuk mendapatkan konektivitas yang semakin optimal

  • VGA: koneksi ini sudah jarang ditemukan, namun bisa jadi alternatif untukmu

7. Tipe Panel

Panel yang biasanya digunakan pada monitor gaming modern diantaranya:

  • Twisted Nematic (TN): mendukung refresh rate tinggi dan renponse time rendah

  • In-Plane Switching (IPS): produksi warna dan viewing angel yang lebih baik namun response time berada di bawah TN

  • Vertical Alignment (VA): berada diantara TN dan IPS Dimana reproduksi warna dan viewing angel setara dengan IPS namun lebih unggul pada kontras gambar

8. Adaptive Sync

Adalah teknologi yang memiliki fungsi untuk mengurangi efek screen tearing dalam game. Terdapat dua pilihan Adaptive Sync yaitu:

  • NVIDIA G-sync: membutuhkan kartu grafis NVIDIA

  • AMD FreeSync: membutuhkan kartu grafis AMD

9. Color Gamut

Adalah rentang jangkauan warna yang dapat dilihat mata kita. Efek color gamut meningkatkan kualitas visual gambar dan elemen detail grafis. Ada tiga standar color gamut yang ada pada monitor gaming yaitu Srgb, AdobRGB, dan NTSC.

10. Dead Pixel

Dead pixel atau rusak pada layar yang tidak sesuai dengan fungsi layar. Kamu harus mengecek kondisi ini karena akan sangat berpengaruh saat dimainkan.

Dead pixel ini juga berpotensi untuk meluas atau memanjang. Kamu bisa mengeceknya dengan cara menampilkan gambar putih polos dan perhatikan apakah ada bitnik hitam pada layar.

Pemilihan monitor gaming ini dapat kamu sesuaikan bergantung pada preferensi dan budget yang kamu miliki.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI