Tidak Ada Lagi Memori Penuh! 5 Trik Ampuh Bebaskan Ruang di HP Android

Ilustrasi penggunaan HP Android (FOTO: Unsplash/Adrien)

Indogamers.com - Mengatasi memori penuh di HP Android ternyata cukup mudah. Jadi, tak perlu khawatir jika ruang penyimpanan ponsel terasa sesak.

Mengosongkan memori internal sangat penting agar kinerja HP tetap optimal dan tidak lambat karena kepadatan file di dalamnya.

Berikut 5 cara mengatasi memori HP penuh di Android:

Baca Juga: Cara Mudah Backup Data HP Tanpa Aplikasi, Cara Aman Menyimpan Data HP ke Flasdisk

1. Menonaktifkan Download Otomatis di WhatsApp

Langkah pertama untuk mengatasi memori HP penuh di Android adalah dengan menonaktifkan unduhan otomatis di WhatsApp. Ini bertujuan agar aplikasi tidak secara otomatis mengunduh file seperti foto, video, audio, atau dokumen.

2. Bersihkan Media WhatsApp

Kamu bisa membuka Galeri HP untuk menghapus foto dan video yang diunduh dari WhatsApp. Sedangkan file audio dan dokumen bisa dihapus dari folder internal.

3. Hapus File di HP

Meskipun sudah menghapus berbagai foto dan video dari unduhan otomatis WhatsApp, masih ada file pribadi lain yang mungkin tidak digunakan lagi. Biasanya, foto dan video lama masih tersimpan di Galeri.

Baca Juga: Kehilangan HP Bikin Panik! Ikuti Langkah Demi Langkah Cara Hapus Data HP dari Jarak Jauh Ini

Alternatifnya, kamu bisa menghapus atau memindahkan file tersebut. Jika sayang untuk dihapus, kamu bisa memindahkannya ke laptop, PC, Google Drive, atau hard disk eksternal.

4. Gunakan MicroSD

Salah satu cara efektif mengatasi memori HP penuh di Android adalah dengan menggunakan memori eksternal. Beberapa ponsel memiliki fitur untuk menambah memori penyimpanan.

Kapasitas penyimpanan ponsel saat ini juga cukup besar. Jadi, kalian bisa menambah memori eksternal untuk menyimpan file foto dan video yang biasanya memenuhi penyimpanan internal HP.

5. Hapus Cache

Bagi yang belum tahu, cache juga memakan ruang penyimpanan internal HP. Jika menumpuk, cache bisa mengurangi kapasitas penyimpanan dan perlu dihapus secara berkala.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI