4 Penyebab Laptop Mati Total yang Perlu Diketahui, Simak Cara Atasinya!

Laptop Mati (FOTO: Laptop Mati/stockking)

Indogamers.com - Masalah yang sangat serius pada laptop adalah ketika laptop sama sekali tidak merespons saat dinyalakan, yang dikenal sebagai mati total.

Tentu saja hal ini akan menjadi permasalahan yang mengkhawatirkan bagi pengguna.

Berikut 4 penyebab laptop mati total yang perlu diketahui:

Baca Juga: 3 Cara Mendeteksi Gejala Overheat pada Laptop. Sering Terjadi Pada Laptop Gaming

1. Masalah pada RAM

Jika indikator lampu menyala, kipas berputar, dan laptop tampaknya berfungsi normal, namun layar tetap gelap, kemungkinan besar masalahnya terletak pada kerusakan RAM.

Cobalah untuk melepaskan RAM, membersihkan pin dengan menggosok menggunakan penghapus pensil, dan kemudian pasang kembali. Jika laptop memiliki dua soket RAM, coba pasang ke soket yang berbeda di mainboard.

2. Masalah pada Processor

Processor adalah bagian inti dari laptop dan komputer. Ketika processor mengalami kerusakan, ia kehilangan kemampuan untuk mengontrol dan mengirim perintah kepada komponen lain agar dapat berfungsi dengan optimal.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Overheat pada Laptop. Dijamin Langsung Dingin, Gak Perlu Diservice

Salah satu penyebab umum kerusakan processor adalah overheating. Overheating dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti pasta processor yang kering, kotoran pada kipas dan heat sink processor, atau ketidakseimbangan antara processor dan RAM.

3. Masalah pada Adaptor

Periksa lampu indikator untuk memastikan apakah menyala atau tidak. Jika tidak, kemungkinan ada masalah pada adaptor.

Periksa koneksi kabel adaptor, karena sering kali masalah terjadi akibat kabel power yang putus atau terputus karena penggunaan adaptor yang kurang hati-hati.

Cara sederhana untuk memeriksa adaptor adalah menggunakan adaptor lain yang memiliki daya yang sesuai untuk menghidupkan laptop. Jika adaptor dan kabelnya normal, maka masalahnya mungkin terletak pada kerusakan komponen power.

Baca Juga: 3 Kesalahan yang Wajib Dihindari Pengguna Laptop Gaming, Bikin Kinerja Laptop Jadi Turun

4. Masalah pada Motherboard

Penyebab laptop mati total lainnya adalah kerusakan pada motherboard atau mainboard, yang berperan sebagai komponen inti yang menghubungkan semua komponen agar dapat berfungsi secara menyeluruh.

Kerusakan ini sering kali ditandai dengan adanya bunyi "bip..bip..bip..". Meskipun jarang mengalami kerusakan, motherboard perlu tetap diwaspadai.*

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI