Cara Memilih Joystick PC Terbaik 2024

Joystick PC wireless, Logitech Extreme 3D Pro Joystick (FOTO: logitechg.com) (FOTO: logitechg.com)

Indogamers.com - Joystick adalah perangkat input yang digunakan untuk mengendalikan arah dan gerakan dalam game atau aplikasi lain.

Joystick biasanya terdiri dari tuas yang bisa digerakkan ke berbagai arah dan tombol-tombol tambahan yang dapat diprogram untuk fungsi tertentu.

Joystick dapat memberikan kontrol yang lebih presisi dan intuitif dibandingkan dengan keyboard atau mouse, terutama dalam permainan yang memerlukan gerakan yang kompleks atau cepat.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Joystick PC Wireless Terbaik Beserta Harga dan Fitur-fiturnya

Jenis joystick pun beragam. Jika kamu seorang newbie, mungkin kamu akan kebingungan dalam menentukan joystick mana yang harus dipilih.

Nah, berikut ini adalah cara untuk memilih joystick PC:

1. Memilih Menurut Jenis Game yang Dimainkan

  • Gamepad

    Gamepad memiliki desain yang berariasi dan bentuknya yang familiar. Gamepad memiliki keunggulan model versatile yang dapat digunakan untuk memainkan game dalam berbagai genre. Sedangkan kekurangannya yaitu sistem kontrolnya yang masih inferior dibandingkan model lain yang spesifik untuk genre tertentu.

  • Arcade Joystick

    Ciri utama pada controller ini terletak pada keberadaan joystick besar dengan ujung bulat seperti bola tebal. Kelebihan dari controller ini yaitu bisa digerakkan ke delapan arah yang fleksibel. Gerakan ini cocok untuk menghasilkan combo di fighting game. Sedangkan, kekurangan dari controller ini yaitu ukurannya yang lebih besar sehingga membutuhkan area yang lega agar nyaman digunakan.

  • Flight Joystick

    Controller ini sangat cocok untuk mendapatkan pengalaman mengendalikan pesawat yang realistis. Selain desain, sistem kontrolnya pun memiliki kesamaan dengan yang asli. Kekurangan dari controller ini yaitu kegunaannya yang mungkin tidak dapat digunakan di beberapa judul game. Controller ini juga tidak memiliki banyak judul game.

Baca Juga: 4 Joystick PC Termurah Beserta Harga dan Spesifikasinya yang Layak Kamu Miliki

2. Memilih Koneksi

  • Wireless

    Jika kamu ingin memainkan controller dalam jarak yang lebih jauh dari layar kamu mungkin akan memilih koneksi ini. Controller ini menggunakan koneksi USB dongle atau bluethooth. Controller ini juga dapat diberikan dapat menggunakan baterai atau diisi ulang.

  • Wired

    Controller jenis ini mungkin akan lebih mudah ditemukan daripada produk wireless. Controller ini akan membebaskan kamu dari tugas mengganti atau mengisi ulang baterai secara berkala. Namun, kekurangan dari game ini yaitu adanya kabel yang menggangu.

3. Fitur Tambahan Pada Joystick

Saat kamu akan memilih joystick untuk bermain game, kamu harus memperhatikan beberapa fitur yang ada di dalamnya. Fitur-fitur umum yang biasa ada pada sebuah joystick diantaranya vibrasi, mode turbo, programmable buttons, dan tombol makro.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga GameSir F1 Joystick Grip, Gamepad Khusus untuk Main Game MOBA di Smartphone

Vibrasi dapat memberikan getaran pada momen-momen tertetntu yang menambah tegang suasana permainan. Mode turbo dapat menggantikan peran jari pada saat mengirim suatu perintah secara beruntun dengan satu klik.

Programmable buttons digunakan untuk menukar fungsi-sungsi pada tombol sesuai keinginan pemain. Fitur ini sering dijumpai pada flight joystick karena tombolnya yang banyak. Sedangkan, tombol makro digunakan sebagai shortcut untuk kombinasi beberapa perintah sekaligus dalam satu tombol.

Itulah cara memilih joystick PC, semoga bermanfaat.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI