Tenang! Begini Cara Mudah Mengembalikan Notes yang Terhapus di MacBook

Ilustrasi mengembalikan notes yang terhapus di MacBook (FOTO: recoverit.wondershare.co.id)

Indogamers.com - Notes yang terhapus di MacBook tentu saja membuat para penggunanya panik dan bingung. Apalagi jika notes tersebut menyimpan berbagai informasi penting yang sedang dibutuhkan.

Di MacBook Notes merupakan sebuah fitur bawaan yang disediakan oleh pihak Apple khusus untuk para penggunanya. Fitur ini juga dirancang untuk memudahkan pengguna dalam mencatat berbagai macam hal, seperti notes sederhana, hingga daftar tugas yang lebih kompleks.

Fitur ini juga terintegrasi dengan iCloud, sehingga memungkinkan notes akan tersinkronisasi di semua perangkat Apple. Jadi para pengguna bisa membukanya kapan saja dan di mana saja.

Baca Juga: 65.000 Akun Curang Call of Duty Sukses Diblokir Activision Selama Seminggu

Meskipun tersimpan juga di iCloud, tak jarang notes tersebut hilang atau terhapus. Namun, tidak perlu khawatir, notes yang hilang ini masih bisa dipulihkan kembali. Seperti apa caranya? Langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

Mengembalikan notes yang terhapus

Untuk mengembalikan notes yang terhapus di MacBook ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

1. Mengembalikan notes yang terhapus langsung dari MacBook

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan notes yang terhapus di MacBook adalah melalui aplikasi Notes secara langsung dengan langkah-langkah berikut.

Baca Juga: Waduh, Sejumlah Gambar dan Detail Game Call of Duty: Black Ops 6 Diduga Bocor

  • Buka aplikasi Notes di MacBook

  • Pilih Recently Deleted

  • Cari dan pilih notes yang ingin kamu pulihkan

  • Tarik dan letakkan notes di folder yang diinginkan atau klik kanan notes dan Pindahkan/Move to pilih folder.

2. Mengembalikan notes yang terhapus melalui iCloud

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan notes yang terhapus di MacBook adalah melalui iCloud. Untuk langkah-langkahnya kamu bisa ikuti seperti dibawah ini.

Baca Juga: Ternyata ini Penyebab Game Starfield Banyak Diminati dan Dianggap Relevan dengan Tahun 2024

  • Buka iCloud via browser dengan Apple ID yang kamu gunakan

  • Pilih Notes

  • Pilih Recently Deleted

  • Pilih Recover

Kamu juga harus tahu terlebih dahulu dimana lokasi notes yang terhapus sebelumnya disimpan. Notes bisa disimpan secara lokal, di iCloud, atau akun lain seperti Gmail. Metode pemulihannya bisa berbeda-beda.

Jika notes disimpan di Mac, maka notes yang dihapus akan dipindahkan ke folder Recently Deleted. Di sini, notes akan disimpan hingga 30 hari, kecuali dihapus secara manual.

Baca Juga: Harga Terbaru Tablet POCO Pad, Intip Kelebihan dan Kekurangannya

Jika notes disimpan di iCloud makan Notes yang dihapus akan dipindahkan ke folder Recently Deleted untuk akun iCloud tersebut. Kamu bisa mengaksesnya melalui iCloud hingga 40 hari setelah dihapus dan di semua perangkat yang menggunakan akun yang sama hingga 30 hari setelah dihapus.

Jika menggunakan akun selain iCloud, maka tidak ada folder pemulihan dalam kasus ini. Notes yang dihapus akan dihapus secara permanen dari semua perangkat yang disinkronkan dengan akun tersebut.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI