Bluetooth di MacBook Putus Nyambung? Tenang, Begini 4 Cara Mengatasinya

Ilustrasi menggunakan MacBook (FOTO: Shutterstock)

Indogamers.com - Bluetooth di MacBook yang putus nyambung tentu saja menjadi salah satu masalah yang sangat mengganggu para penggunanya.

Apalagi jika pengguna yang selalu mengandalkan perangkat nirkabel yang terhubung dengan MacBook menggunakan Bluetooth seperti, mouse, keyboard, headset atau headphone.

Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, contohnya berasal dari gangguan pada perangkat lunak hingga masalah pada hardwarenya.

Karena itu, sebagai pengguna MacBook, perlu mengetahui cara untuk mengatasi masalah pada Bluetooth yang putus nyambung ini.

Baca Juga: Tenang! Begini Cara Mudah Mengembalikan Notes yang Terhapus di MacBook

Untuk mengatasi masalah Bluetooth di MacBook yang putus nyambung ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Seperti, memeriksa dan memperbarui perangkat lunak, memastikan tidak ada gangguan dari perangkat lain, ataupun melakukan reset pada pengaturan Bluetooth.

Agar lebih jelas lagi mengenai cara untuk mengatasi masalah Bluetooth yang putus nyambung di MacBook ini, kamu bisa ikuti beberapa cara yang akan Indogamers.com berikan di bawah ini.

1. Perbarui sistem operasi MacBook

Cara pertama yang bisa kamu lakukan saat Bluetooth di MacBook putus nyambung adalah memperbarui sistem operasi yang digunakan MacBook (MacOS).

Sebab, bukan hal mustahil sistem operasi MacOS yang terlalu usang akan mengakibatkan Bluetooth pada MacBook menjadi putus nyambung.

Karena itu, kamu harus melakukan pengecekan pada sistem operasi MacBook yang kamu gunakan dengan cara seperti di bawah ini.

  • Klik logo Apple di pojok kiri atas layar MacBook yang kamu gunakan

  • Kemudian, kamu bisa pilih About This Mac

  • Klik More Info

  • Dan kamu bisa cek bagian versi Sonoma

2. Matikan dan nyalakan kembali Bluetooth

Mematikan dan menyalakan kembali Bluetooth juga menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah Bluetooth yang putus nyambung.

Selain mematikan dan menyalakan kembali Bluetooth pada MacBook, kamu juga bisa melakukan langkah ini pada perangkat Bluetooth yang kamu gunakan.

Baca Juga: Cara Mudah Melihat Spesifikasi MacBook Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga

3. Atur ulang Bluetooth

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah Bluetooth MacBook yang putus nyambung adalah mengatur ulang Bluetoothnya.

Namun, perlu kamu ingat jika menggunakan cara ini, maka kamu harus memasangkan kembali semua perangkat Bluetoothnya.

Sebab, semua perangkat Bluetooth yang pernah terhubung akan dihapus.

Untuk langkah-langkahnya, bisa kamu lihat seperti di bawah ini.

  • Tekan dan tahan tombol Option + Shift pada keyboard MacBook yang kamu gunakan

  • Kemudian klik ikon Bluetooth di bilah menu

  • Setelah itu, kamu bisa pilih Hapus Semua Perangkat dan klik OK

  • Tekan kembali tombol Option + Shift

  • Klik ikon Bluetooth dan kamu bisa pilih Reset modul Bluetooth.

Setelah modul diatur ulang, pasangkan kembali perangkat Bluetooth Anda satu per satu. Langkah-langkah ini dapat membantu memperbaiki masalah konektivitas dengan memberikan pengaturan Bluetooth Anda sebuah permulaan baru.

4. Periksa apakah ada gangguan

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah Bluetooth yang putus nyambung di MacBook adalah memeriksa apakah ada gangguan antara perangkat dengan Bluetooth dan macBook.

Hal ini bisa seperti jarak antara MacBook dengan perangkat Bluetooth terlalu jauh, terdapat perangkat lain seperti telepon, kamera, dan kabel listrik yang mungkin ada di meja atau di dekatnya.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI