Heboh Akun Fufufafa, Begini Cara Menghapus Jejak Digital di Kaskus dengan Mudah

Cara hapus jejak digital di Kaskus (FOTO: kaskus.co.id)

Indogamers.com - Seperti yang kita tahu, jagad dunia maya tengah dihebohkan dengan dosa lama jejak digital akun platform Kaskus yang bernama Fufufafa.

Akun Kaskus yang bernama Fufufafa ini diduga milikwakil presiden terpilih, Gibran Rakabuming. Akun tersebut menjadi perbincangan karena sering membuat konten 'nyinyir' kepada Prabowo Subianto dan kerap berkomentar dengan kalimat yang tidak senonoh

Akun Kaskus Fufufafa ini sangat ramai diperbincangkan di media sosial X yang dulu bernama Twitter. Melalui X banyak netizen yang membagikan sejumlah unggahan dari akun Fufufafa di Kaskus.

Salah satu bukti yang dikaitkan oleh netizen adalah informasi yang tertera di akun Kaskus Fufufafa. Di profilnya, tertulis Prime ID “Raka Gnarly” dengan nama pengguna Twitter @rkgbrn.

Bahkan, banyak netizen yang mencocokan akun Twitter tersebut dengan cuitan lama dari Kaesang Pangarep, adik Gibran. Pada tahun 2011, Kaesang pernah mencuit; "Selamat ultah ibuk sama mas @rkgbrn," yang diduga merujuk kepada akun Twitter milik Gibran.

Belajar dari kasus tersebut, ternyata rekam jejak digital benar-benar mengerikan.

Sebab, cuitan lama beberapa tahun lalu ini masih bisa terlihat. Karena itu, sebagai pengguna media sosial yang bijak, sebaiknya kamu menghapus unggahan-unggahan yang kurang pantas di media sosial, termasuk di Kaskus.

Baca Juga: Gamer Bandung Udah Siap Battle di KASKUS Battleground Owsem School Festival?

Meskipun demikian, menghapus konten di Kaskus bukanlah hal yang mudah, seperti kamu menghapus konten atau unggahan di media sosial lain, seperti X.

Jika kamu memiliki akun Kaskus dan ingin menghapus konten atau jejak digital dari Kasukus, kamu bisa ikuti cara seperti di bawah ini:

Hapus konten atau jejak digital di Kaskus

Kaskus memiliki ketentuan khusus untuk pengguna yang hendak menghapus konten lawasnya. Selama ketentuan tidak terpenuhi maka konten lawas akan terus ada di tautan yang ada. 

Tak hanya itu, menghapus konten di Kaskus juga tidak semudah yang dibayangkan. Seperti dilansir dari laman Kaskus, situs forum tersebut memiliki kebijakan khusus terkait penghapusan konten yang telah diunggah.  

Sederhananya pemilik akun Kaskus tidak bisa menghapus unggahan lama mereka sendiri.

Pemilik akun perlu mengajukan permintaan kepada moderator atau admin Kaskus untuk menghapus konten tersebut. Tentunya cara ini akan membutuhkan waktu lama dan konten yang sudah diunggah akan terus dikonsumsi oleh masyarakat luas.

Nah, jika pengajuan menghapus konten tidak kunjung ditanggapi, maka ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menghapus jejak digital di Kaskus. Cara ini akan menghapus akunmu secara permanen.

Cara ini juga lebih efektif karena pemilik akun tidak perlu menunggu persetujuan moderator. Bahkan saat akun bersangkutan sudah terhapus, maka seluruh isi konten yang pernah diunggah juga ikut lenyap alias tidak bisa diakses.

Untuk menghapus akun Kaskus secara permanen, kamu bisa ikuti langkah-langkahnya seperti di bawah ini.

  • Masuk ke akun Kaskus milikmu

  • Kemudian, kamu bisa menuju ke Pengaturan Akun

  • Pilih opsi Penghapusan Akun

  • Setelah itu, kamu harus tuliskan alasan kenapa kamu ingin menghapus akun

  • Masukkan kata sandi pada kolom yang tersedia

  • Centang pada pernyataan, "Saya telah memahami Syarat dan Ketentuan berlaku."

  • Dan langkah terakhir, tekan tombol "Hapus Akun" untuk menghapus akun secara permanen.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI