Cara Termudah Update iOS 18 di iPhone Beserta Fitur Kerennya

Ilustrasi update iOS 18 di iPhone (FOTO: Indogamers.com/PembasmiBocil)

Indogamers.com - iOS 18 kini resmi hadir pada perangkat-perangkat Apple, pada Selasa 17 September 2024.

Setelah sebelumnya sistem operasi terbaru dari Apple ini diperkenalkan di ajang tahunan developer WWDC 2024 pada 10 Juni lalu.

Jika sebelumnya, iOS 18 hanya bisa dinikmati para pengguna Apple yang tergabung sebagai pengembang karena iOS 18 baru tersedia dalam versi beta, kini iOS 18 sudah hadir dalam versi final dan bisa digunakan pada semua perangkat Apple yang mendapatkan update.

Baca Juga: iOS 18 Siap Dirilis, Ini 33 Daftar Perangkat Apple yang Kebagian Update

Nah, jika kamu pengguna perangkat Apple. Khususnya pengguna iPhone yang masih mendapatkan update iOS 18. Maka, kamu bisa mencoba iOS 18 di iPhone yang kamu gunakan dengan melakukan update iOS.

Seperti apa cara update iOS 18 di iPhone? Langsung saja simak cara selengkapnya di bawah ini.

Cara update iOS 18 di iPhone dengan mudah

Cara melakukan update iOS 18 di iPhone, pada dasarnya sama seperti update iOS versi-versi sebelumnya.

Kamu bisa melakukannya dengan dua cara, yaitu mengunduh dan menginstal langsung iOS 18 dari pengaturan iPhone atau update iOS 18 melalui iTunes di laptop atau komputer.

Untuk lebih jelasnya lagi mengenai cara update iOS 18 di iPhone, kamu bisa ikuti cara termudahnya yaitu, update langsung melalui iPhone dengan langkah-langkah seperti berikut ini:

  1. Buka menu pengaturan di iPhone yang kamu gunakan.

  2. Scroll ke bawah dan klik opsi Umum atau General.

  3. Setelah terbuka, kamu bisa pilih dan klik opsi Pembaruan Perangkat Lunak.

  4. Tunggu beberapa saat hingga sistem berhasil memuat data pembaruan sistem operasi Setelah data iOS 18 muncul, klik opsi Unduh dan Instal.

  5. Pastikan iPhone milikimu terhubung dengan koneksi internet yang memadai agar proses pengunduhan berjalan dengan lancar. Agar pengunduhan lancar, sebaiknya gunakan koneksi internet WiFi.

  6. Setelah proses pengunduhan iOS 18 selesai, kamu akan diminta untuk menginstalnya dan proses instalasi iOS 18 mungkin akan memakan waktu sekitar 30 menit.

  7. Dalam proses instal iOS 18, iPhone bakal dimuat ulang. Tunggu hingga proses instal selesai dan iPhone berhasil masuk ke layar Home.

  8. Selama proses instalasi berjalan, perhatikan beberapa tindakan berikut:

  9. Jangan melakukan tindakan untuk mematikan daya iPhone.

  10. Perlu diingat, pastikan daya baterai dalam kondisi lebih dari 50 persen agar iPhone tidak mati saat proses instalasi. Sebab, gagal dalam proses instal iOS terbaru ada kemungkinan akan menyebabkan beberapa masalah seperti iPhone tidak mau menyala atau gagal memuat ulang.

Nah, itulah tadi cara termudah untuk melakukan update iOS 18 di iPhone yang kamu gunakan. Selain mengetahui cara update iOS 18, kamu juga harus tahu apa saja fitur- fitur yang dibawa iOS 18 ini.

Fitur-fitur baru di iOS 18

Sebagai sistem operasi terbaru dari Apple yang juga menjadi sistem operasi yang mampu menjalankan fitur AI buatan Apple, yaitu Apple Intelligence, sudah pasti Apple menghadirkan berbagai fitur baru pada iOS 18.

Berikut beberapa fitur baru yang hadir di iOS 18:

Pesan

Aplikasi Pesan atau Message di iOS 18 kini dilengkapi dengan efek teks baru yang membuat percakapan menjadi lebih hidup dengan memperjelas huruf, kata, frasa, atau emoji apa pun dengan tampilan yang dinamis dan beranimasi.

Pengguna dapat mengungkapkan nada lebih baik dengan menambahkan format seperti huruf tebal, garis bawah, huruf miring, dan coretan.

Tapback kini menyertakan emoji atau stiker apa pun, dan sekarang pengguna dapat membuat pesan dan menjadwalkan untuk mengirimnya di lain waktu.

Ketika mengirim pesan kepada kontak yang tidak memiliki perangkat Apple, aplikasi Pesan kini mendukung RCS untuk media yang lebih kaya dan pengiriman pesan grup yang lebih handal dibandingkan dengan SMS dan MMS.

Password

Passwords adalah aplikasi baru yang dibangun di atas fondasi Keychain, yang menyederhanakan akses kata sandi dan tampilan kredensial.

Aplikasi ini menyimpan kata sandi, kode akses, dan kode verifikasi dengan aman di satu tempat.

Passwords menawarkan sinkronisasi perangkat yang lancar dan memberitahu pengguna tentang potensi risiko keamanan, seperti kata sandi yang mudah ditebak, penggunaan berulang, atau kebocoran data.

Safari

Safari pada iOS 18 kini menawarkan lebih banyak kemampuan untuk menjelajah web dengan.

Ada Distraction Control yang memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan item yang mengganggu di halaman web, seperti banner sign-in atau overlay konten, untuk meningkatkan pengalaman menjelajah mereka.

Safari secara cerdas menampilkan informasi penting, seperti alamat lokasi, ringkasan, atau detail lebih lanjut tentang film, acara TV, atau lagu, setelah halaman web dimuat. Reader yang didesain ulang menyediakan tampilan, ringkasan, dan daftar isi yang lebih sederhana untuk artikel yang lebih panjang.

Aplikasi Photos

Fitur baru di iOS 18 adalah aplikasi foto yang mendapatkan pembaruan yang meliputi menyederhanakan proses menemukan dan menghidupkan kembali momen-momen berharga kamu.

Tata letak yang menarik secara visual, menyajikan pustaka dengan cara yang terpadu namun familiar.

Kategori baru, seperti Recent Days, People & Pets, dan Trips, secara otomatis mengatur pustaka menggunakan kecerdasan pada perangkat, yang memungkinkan kamu sebagai pengguna untuk menghabiskan lebih sedikit waktu untuk mencari dan lebih banyak waktu untuk menghargai kenangan mereka.

Selain itu, pengguna dapat menyesuaikan pengalaman mereka dengan membuat tata letak yang dipersonalisasi dan menyematkan koleksi favorit mereka untuk akses mudah.

Game Mode

Mode Game yang awalnya hanya tersedia di Android kini telah hadir di iPhone melalui iOS 18.

Mode game ini meningkatkan pengalaman bermain game dengan frame rate yang lebih konsisten, terutama selama sesi bermain yang panjang, dan membuat AirPods, pengontrol game, dan aksesori nirkabel lainnya lebih responsif.

Hidden Folder

Fitur ini berguna untuk kita yang ingin menyimpan aplikasi dan tak ingin orang lain mengaksesnya. Sebab membutuhkan otentikasi, baik Face ID maupun kode sandi, untuk membukanya.

Kustomisasi Home Screen dan Control Center

Di iOS 18, kamu bisa menyesuaikan Home Screen dengan cara baru yang menarik.

Kamu juga bisa menempatkan ikon aplikasi dan widget untuk membingkai wallpaper atau membuat tata letak yang ideal di setiap halaman.

Ikon aplikasi dan widget yang ditampilkan juga bisa dipilih dengan pilihan terang atau gelap, ukurannya standar atau lebih besar.

Control Center di iOS 18 telah didesain ulang agar lebih fleksibel. Apple mengelompokkan menjadi Favorit, Koneksi, dan Pemutaran Media.

Semua ikon di dalamnya bisa diatur dan bahkan kamu bisa menambahkan kelompok sesuai kebutuhan.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI