HP Hilang dalam Perjalanan? Begini Cara Menonaktifkan dari Jarak Jauh

Penggunaan Find My iPhone untuk nonaktifkan iPhone yang hilang dari jarak jauh. (Sumber: Apple Support)

Indogamers.com - HP yang hilang dalam perjalanan tentu saja membuat pemiliknya merasa panik. Terlebih jika HP tersebut adalah satu-satunya HP dengan data-data penting, baik data pekerjaan atau data pribadi.

Meskipun HP yang hilang ini bisa dilacak baik itu dalam keadaan menyala ataupun mati, namun kemungkinan HP tersebut ditemukan tidaklah besar bahkan persentase ditemukannya hanya 50 : 50 saja.

Nah, jika HP yang hilang tersebut merupakan HP yang digunakan untuk menyimpan berbagai file penting baik data pekerjaan atau data pribadi yang sensitif, tentu saja sangat berbahaya jika ditemukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga: Daftar Cara Melacak HP yang Hilang dalam Keadaan Mati

Salah satu cara untuk mencegah HP digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, pengguna bisa menonaktifkan HP yang hilang dari jarak jauh, baik itu HP Android maupun iPhone.

Untuk menonaktifkan HP dari jarak jauh ini, baik itu menggunakan HP Android maupun iPhone, kamu bisa ikuti cara selengkapnya seperti yang akan Indogamers.com berikan di bawah ini.

Nonaktifkan HP Android dari jarak jauh dengan Google Find My Device

Menonaktifkan HP Android dari jarak jauh ini, kamu bisa memanfaatkan fitur temukan perangkat saya dari Google (Google Find My Device). Namun, cara ini hanya berlaku saat HP Android yang hilang mengaktifkan fitur Google Find My Device.

Jika fitur Google Find My Device ini aktif, maka kamu bisa menonaktifkan HP Android dari jarak jauh menggunakan fitur tersebut dengan langkah-langkah seperti berikut.

  • Buka browser web dan buka halaman Temukan Perangkat Saya di perangkat apapun yang kamu gunakan.

  • Kemudian, kamu bisa masuk menggunakan akun Google yang terkait dengan HP yang hilang.

  • Setelah itu, tunggu hingga fitur Temukan Perangkat Saya menemukan HP milikmu.

  • Selanjutnya, kamu bisa klik opsi Perangkat aman dan pilih Perangkat aman untuk mengonfirmasi.

Jika semua langkah di atas selesai dilakukan, HP Android milikmu yang hilang akan dikunci dengan PIN atau kata sandi layar. Jika HP tidak memiliki satu set pengaman, maka kamu akan diminta untuk membuatnya.

Nonaktifkan HP Android dari jarak jauh dengan SmartThings Find

Bagi para pengguna HP Android produk dari Samsung, selain menggunakan Google Find My Device, pengguna juga bisa memanfaatkan fitur bawaan Samsung, yaitu SmartThings Find.

Namun, cara ini hanya bisa digunakan jika HP Samsung yang hilang sudah login dengan akun Samsung. Untuk langkah-langkah menonaktifkan HP Android yang hilang dengan SmartThings Find ini, kamu bisa ikuti seperti di bawah ini.

  • Buka browser web di HP lain atau komputer dan kunjungi halaman SmartThings Find.

  • Masuk dengan akun Samsung yang sama dengan yang kamu gunakan di HP yang hilang

  • Pilih ponsel yang dicuri dari daftar perangkat saya.

  • Klik opsi Mode hilang dan klik Aktifkan untuk melanjutkan.

  • Buat PIN 4-8 digit untuk digunakan saat kamu menemukan ponsel tersebut.

  • Secara opsional, kamu dapat memasukkan nomor telepon dan pesan yang ditampilkan di layar kunci ponsel.

  • Terakhir, klik Aktifkan untuk mengkonfirmasi.

Setelah mengaktifkan Mode Hilang, HP Android Samsung milikmu yang hilang akan dikunci dengan kode, dan semua informasi pribadi kamu serta kartu pembayaran yang disimpan akan diamankan.

Nonaktifkan iPhone yang hilang dengan Find My iPhone

Jika dua cara di atas bisa digunakan untuk menonaktifkan HP Android yang hilang, maka cara ketiga ini bisa digunakan untuk mengaktifkan iPhone yang hilang.

Cara ini memanfaatkan fitur bawaan Apple, yaitu Find My iPhone yang menawarkan beberapa opsi untuk mengamankan perangkat jika dicuri. Salah satunya adalah opsi yang memungkinkan kamu menonaktifkan iPhone dari jarak jauh.

Baca Juga: Cara Melacak Smartphone yang Hilang Menggunakan Nomor IMEI

Untuk menonaktifkan iPhone dari jarak jauh menggunakan Find My iPhone ini, kamu bisa ikuti langkah-langkahnya seperti dibawah ini.

  • Buka browser web di komputer, dan kunjungi halaman Find My Apple.

  • Setelah itu, kamu harus masuk dengan ID Apple dan kata sandi kamu yang digunakan pada iPhone yang  hilang. Kamu juga dapat menggunakan aplikasi Lacak di salah satu perangkat Apple lainnya untuk melakukannya.

  • Di bawah Semua Perangkat, pilih iPhone yang ingin kamu nonaktifkan.

  • Klik Tandai Sebagai Hilang. Jika perangkat kamu tidak memiliki kode sandi, maka akan diminta untuk membuatnya.

  • Klik Berikutnya lalu tekan Aktifkan untuk mengonfirmasi.

Apple juga memberi opsi untuk memasukkan nomor telepon dan pesan untuk ditampilkan di layar kunci iPhone.

Namun, jika iPhone kamu dicuri, maka kamu dapat memilih untuk melewatkan penambahan informasi ini.

Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, Mode Hilang Apple akan diaktifkan di iPhone.

Setelah itu, iPhone milikmu yang hilang akan terkunci dan tidak akan menampilkan pesan atau notifikasi apa pun. Cara ini juga akan menonaktifkan fitur seperti Apple Pay.

Nah, itulah tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menonaktifkan HP yang hilang baik itu Android maupun iPhone.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI