Penting untuk Gamer PC, Ketahui Cara Menampilkan FPS di PC yang Akurat

Ilustrasi tampilan FPS di PC saat digunakan untuk bermain game menggunakan MSI Afterburner (FOTO: build-gaming-computers.com)

Indogamers.com - FPS atau frames per second merupakan unit yang digunakan sebagai satuan ukuran untuk mengukur kecepatan bingkai.

Kecepatan bingkai ini merujuk pada jumlah gambar yang ditampilkan pada monitor setiap detiknya, seperti dikutip dari laman Techopedia.

Semakin tinggi angka FPS, maka akan semakin mulus juga pergerakan yang ditampilkan pada monitor, baik itu game ataupun video.

Besaran angka FPS ini juga seringkali menjadi acuan para gamers untuk mengetahui bagaimana karakter game yang mereka mainkan.

Jika game yang mereka mainkan masih mendapatkan kecepatan bingkai sekitar 30 fps, maka bisa dikatakan game tersebut masih cukup worthit untuk dimainkan.

Baca Juga: 10 Game FPS Bisa Dimainkan Secara Offline di PC

Lalu, bagaimana cara untuk mengetahui berapa kecepatan bingkai di PC saat digunakan untuk bermain game? Langsung saja simak cara selengkapnya di bawah ini.

1. Gunakan NVIDIA GeForce Experience

Jika kamu menggunakan PC dengan kartu grafik atau VGA dari NVIDIA, maka kamu bisa menampilkan angka FPS menggunakan aplikasi NVIDIA GeForce Experience.

Selain bisa melihat angka FPSnya, pengguna juga bisa mengetahui hal detail yang berkaitan dengan VGA dan file game yang ada di komputer kita.

2. Gunakan MSI Afterburner

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menampilkan angka FPS di PC saat bermain game adalah menggunakan MSI Afterburner.

Dengan MSI Afterburner ini, kamu tidak hanya bisa melihat berapa angka FPS, tampi kamu juga bisa melihat kinerja, temperatur dari prosesor dan VGA yang digunakan pada PC.

3. Gunakan AMD Radeon Software Adrenalin

Selain menggunakan dua cara di atas, kamu juga bisa memanfaatkan AMD Radeon Software Adrenalin untuk menampilkan FPS di PC. Cara ini bisa kamu lakukan jika PC yang kamu gunakan menggunakan kartu grafis AMD, bukan NVIDIA.

Selain angka FPS, aplikasi ini juga dapat memantau semua kinerja RAM, VGA, dan prosesor saat PC tengah berada dalam kondisi full load.

4. Gunakan Steam Overlay

Cara lain yang bisa kamu gunakan untuk menampilkan FPS di PC adalah menggunakan Steam Overlay. Namun, cara ini hanya berguna saat kamu menggunakan PC untuk bermain game dari Steam saja.

Untuk menggunakan cara ini, kamu bisa mengaktifkannya melalui Pengaturan dari dalam menu utama Steam. Namun, untuk mengaktifkannya, pastikan kamu tidak sedang membuka game tertentu di Steam.

5. Gunakan FRAPS

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menampilkan FPS di PC saat bermain game adalah menggunakan aplikasi FRAPS.

Selain ringan, aplikasi ini juga memiliki tampilan yang simpel dan mudah untuk dipahami. Namun, FRAPS hanya akan menampilkan angka FPS dan tidak dengan indikator lainnya.

Selain itu, FRAPS juga memiliki kekurangan lainnya, yaitu kompatibilitas yang tidak selengkap MSI Afterburner dan Xbox Game Bar.

Itu sebabnya, untuk game baru yang rilis 2016 ke atas, FRAPS masih kurang ideal karena kadang tidak memunculkan indikator angka FPS di monitor PC.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI

Guides

Cara Mudah Kirim Voice Message di iPhone Sabtu 28 September 2024, 19:04 WIB