Cara Mengetahui WiFi Dipakai Orang Tanpa Izin dan Memblokirnya

Ilustrasi router WiFi untuk setting penggunaan WiFi.(FOTO: pinterest.com)

Indogamers.com - WiFi rumah atau Wifi pribadi yang digunakan oleh orang lain tanpa izin tentu saja menjadi hal yang sangat menyebalkan.

Sebab, semakin banyak perangkat yang terhubung dengan jaringan WiFi bisa mempengaruhi kualitas kecepatannya.

Pengguna akan mengalami penurunan kecepatan internet jika terlalu banyak perangkat yang terhubung dengan WiFi.

Karena itu, bagi kamu yang memasang WiFi dirumah dan merasakan akses internetnya lambat, kamu bisa memeriksa terlebih dahulu, berapa perangkat yang terhubung dengan WiFi.

Baca Juga: WiFi Rumahmu Lemot? Tenang, Begini Cara Membuat Speed WiFi Jadi Lebih Cepat

Jika perangkat tersebut melebihi jumlah perangkat yang kamu tahu dan biasa menggunakan WiFi, berarti WiFi digunakan oleh orang lain tanpa izin.

Untuk mengatasi WiFi yang digunakan tanpa izin ini, kamu bisa melakukannya dengan cara memblokir perangkat tersebut dari WiFi yang kamu gunakan.

Lalu bagaimana cara untuk mengetahui siapa saja yang menggunakan WiFi dan cara memblokir orang yang menggunakan WiFi tanpa izin?

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa ikuti artikel dari Indogamers.com berikut ini.

Cara mengetahui orang yang menggunakan WiFi tanpa izin dan memblokirnya

Mengetahui orang yang menggunakan WiFi tanpa izin ini sebenarnya cukup mudah dilakukan.

Namun, kamu harus tahu lebih dulu informasi alamat IP router, username dan password. Biasanya alamat IP bisa diketahui dari bagian belakang perangkat atau pada buku panduan.

Namun untuk username dan password bisa berbeda-beda tiap perangkat. Kamu juga bisa bertanya soal keduanya langsung ke operator penyedia layanan.

Jika sudah mengetahui informasi tersebut, maka kamu bisa mengetahui orang yang tanpa izin menggunakan WiFi hanya menggunakan HP dengan langkah berikut:

  • Buka browser di HP yang kamu gunakan

  • Masukkan alamat IP router

  • Setelah terbuka, masukkan username dan password pada kolom login

  • Buka menu daftar perangkat atau device list

  • Pada menu tersebut, kamu akan melihat semua daftar perangkat yang terhubung dengan Wifi. Tiap perangkat akan memiliki informasi seperti IP Address dan MAC Address

  • Jika ada yang mengakses tanpa izin, maka kamu bisa memblokirnya melalui menu tersebut atau kamu juga bisa mengganti kata sandi atau password WiFi agar orang tersebut tidak bisa mengakses WiFi lagi.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI