5 Tips Aman Menggunakan Headset Agar Tidak Merusak Pendengaran

Ilustrasi menggunakan headset jenis headphone agar tidak merusak pendengaran (FOTO: logitechg)

Indogamers.com - Saat ini, headset menjadi salah satu aksesori yang saat ini sering digunakan oleh banyak orang karena berbagai alasan.

Contohnya, headset ini sering digunakan untuk bermain game, hingga urusan pekerjaan seperti meeting online.

Selain beberapa hal diatas, headset juga sering digunakan banyak orang untuk mendengarkan musik saat menunggu transportasi umum, berolahraga, atau mengantre.

Nah, kebiasaan saat menggunakan earphone dalam berbagai hal ini ternyata bisa merusak pendengaran.

Karena itu, untuk mencegah pendengaran rusak karena kebiasaan menggunakan headset ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Safari yang Tidak Berfungsi di iPhone

Apa saja tips untuk mencegah pendengaran rusak karena terlalu sering menggunakan headset? Langsung saja simak selengkapnya di bawah ini, dilansir dari laman Halodoc.

1. Kecilkan volume

Salah satu tips untuk mencegah rusaknya pendengaran karena menggunakan headset adalah mengecilkan volume musik atau suara yang kamu dengarkan melalui headset.

Selain itu, kamu juga perlu mengkondisikan lingkungan sekitar. Karena, tak jarang pengguna headset akan mengencangkan volume musik atau suara yang mereka dengarkan saat berada di lingkungan yang berisik.

Jika kamu berada di lingkungan yang berisik ini, ada baiknya kamu untuk pindah tempat atau mencari ruangan yang lebih nyaman agar kamu bisa mendengarkan musik atau suara lain melalui headset tanpa mengencangkan volumenya.

2. Gunakan headphone bukan earphone atau earbud

Meskipun kedua istilah tersebut kerap digunakan secara bergantian, headphone dan earphone atau earbud bukanlah perangkat yang sama.

Earphone atau juga earbud adalah perangkat kecil, biasanya berbahan silikon atau plastik keras dengan bentuk pas di telinga. Sedangkan headphone mengacu pada jenis perangkat yang menutupi seluruh telinga dan lebih aman untuk gendang telinga.

3.Membatasi penggunaan earphone

Selain beberapa tips diatas, agar pendengaran tidak rusak karena menggunakan headset, pengguna harus membatasi intensitas penggunaan headsetnya.

Sebab, semakin lama mendengarkan musik atau suara dengan volume yang  kencang melalui headset, maka semakin tinggi pula kemungkinan kamu mengalami gangguan pendengaran.

Kamu sebagai pengguna headset bisa mendengarkan musik yang aman dengan menerapkan 60 – 60.  Artinya, kamu hanya menggunakan 60 persen volume maksimum selama 60 menit.

Setelah mencapai batas tersebut, jauhkan earphone dan biarkan telingamu “bernapas” atau beristirahat.

4. Menetapkan batas volume yang kamu dengarkan

Tips selanjutnya agar pendengaran tidak rusak karena penggunaan headset adalah menetapkan batas volume suara atau musik yang kamu dengarkan.

Dengan menetapkan batas volume yang kamu dengarkan ini, contohnya menetapkan dengan batas volume 60 persen saja, maka kamu tidak bisa menaikan lagi volume tersebut.

5. Gunakan earphone dengan peredam bising

Earphone dengan peredam bising dapat meredam suara dari sekitar. Dengan begitu, tidak harus menaikkan volume suara yang bisa merusak pendengaran.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI