Trik Mempercepat Pemindaian Virus yang Benar

Ilustrasi antivirus yang memindai virus. (Sumber: Kaspersky)

Indogamers.com - Bagi kamu para pengguna laptop atau komputer yang terinstall antivirus di dalamnya, pasti tahu terkadang antivirus tersebut melakukan pemindaian secara tidak terduga.

Hal ini tentu saja akan sangat merepotkan, karena bisa memakan waktu lama dan memperlambat kinerja laptop atau komputer saat digunakan.

Untuk mengatasi masalah ini, untungnya masih ada cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan mempercepat proses antivirus untuk melakukan pemindaian virus di laptop maupun komputer yang kamu gunakan.

Baca Juga: 5 Tips Bermanfaat Membersihkan Virus Komputer tanpa Antivirus

Namun, untuk mempercepat proses pemindaian virus di laptop atau komputer ini tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Karena bisa berpengaruh pada data-data yang tersimpan atau justru malah membebani komponen perangkat.

Karena itu, kamu harus tahu cara yang benar untuk mempercepat pemindai virus di komputer atau laptop yang kamu gunakan, seperti beberapa cara yang Indogamers.com berikan di bawah ini.

1. Batasi pemindaian virus di file terbaru

Alasan utama pemindaian antivirus sangat lambat adalah karena metode defaultnya adalah memindai semua yang ada di komputer.

Ini berarti semakin banyak penyimpanan yang kamu gunakan dan semakin banyak file di komputer, akan semakin lama waktu pemindaian.

Karena itu, untuk mempercepat proses ini, kamu bisa membatasi jumlah file yang diperiksa pemindaian hanya untuk yang diunduh atau diubah sejak terakhir kali pemindaian dijalankan. Kamu juga dapat memilih periode yang ditentukan.

2. Atur pemindaian agar dilakukan selama komputer tidak digunakan

Pemindaian virus yang berjalan dengan waktu yang lama ini saat perangkat digunakan tentu saja akan sangat mengganggu, karena kinerja perangkat juga akan mengalami penurunan.

Karena itu, kamu harus mengatur pemindaian untuk dilakukan saat perangkat tidak digunakan.

Cara ini bisa dilakukan dengan bantuan alat alat Penjadwal Tugas Windows untuk menjadwalkan waktu tertentu agar pemindaian berjalan, yang sangat berguna untuk menghindari periode kerja yang sibuk.

3. Batasi pemindaian ke drive tertentu

Umumnya, pemindaian virus akan dilakukan oleh aplikasi antivirus secara menyeluruh ke seluruh drive yang digunakan pada perangkat.

Jika hal ini dilakukan, tentu saja akan memakan waktu pemindaian yang sangat lama, terlebih jika perangkat menggunakan banyak drive dan tiap drive tersebut memiliki kapasitas penyimpan yang besar.

Karena itu, agar pemindaian virus berjalan lebih cepat, kamu bisa melakukannya dengan cara membatasi pemindaian virus ke drive tertentu saja yang berpotensi terjangkit virus.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI