Penasaran Berapa Battery Health HP Android Milikmu? Begini Cara Mudah Melihatnya

Ilustrasi battery health HP Android (FOTO: blackxperience.com)

Indogamers.com - Battery health atau kesehatan baterai pada HP Android menjadi salah satu hal yang sangat penting.

Karena, battery health ini menentukan berapa lama para pengguna bisa menggunakan HP Android tanpa harus mengisi daya.

Battery health di HP Android ini juga bisa digunakan sebagai acuan kapan pengguna HP Android harus melakukan penggantian baterai HP mereka.

Bagi kamu yang belum tahu, battery health pada HP Android ini akan menurun seiring dengan pemakaiannya dan menyebabkan waktu penggunaan HP tanpa mengisi daya juga semakin berkurang.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Smartphone Kapasitas Baterai Besar, Kuat hingga 10 Hari

Karena itu, para pengguna HP Android harus mengetahui berapa battery health pada HP yang mereka gunakan agar tahu kapan waktu terbaik untuk mengganti baterainya sebelum terlambat.

Untuk mengetahui battery health pada HP Android ini sebenarnya bisa dilakukan dengan cukup mudah. Bahkan, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk memeriksa battery health di HP Android.

Apa saja cara yang bisa digunakan untuk memeriksa battery health di HP Android? Langsung saja simak selengkapnya di bawah ini seperti dikutip dari laman 91Mobiles.

1. Cek kesehatan baterai Android lewat menu pengaturan

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk memeriksa battery health di HP Android adalah melalui menu pengaturan baterai pada HP Android secara umum dengan langkah seperti berikut.

  • Buka menu “Pengaturan” di HP Android yang kamu gunakan, kemudian cari dan pilih opsi “Baterai”.

  • Pilih opsi “Penggunaan baterai” atau sejenisnya jika pada halaman baterai belum menunjukkan informasi yang diperlukan. Kamu dapat melihat status baterai selama 24 jam terakhir, dan aplikasi mana yang paling banyak menggunakan daya.

Informasi yang ditampilkan bisa berbeda-beda tergantung HP Android yang kamu gunakan. Beberapa merek ponsel bisa menampilkan lebih banyak detail informasi.

2.  Cek kesehatan baterai Android menggunakan kode dial

Hampir semua HP Android memiliki menu diagnostik tersembunyi yang dapat diakses para pengguna dengan memasukkan kode dial melalui menu panggilan telepon. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi “Telepon” di HP Android yang kamu gunakan

  • Ketik atau masukkan kode ##4636#*#*

  • Di menu pengujian yang muncul, cari opsi “Informasi Baterai” untuk detail seperti tingkat pengisian daya, suhu baterai, dan kesehatan

  • Sebagai catatan, cara ini tidak bisa dilakukan di semua HP Android

  • Jika kamu tidak melihat opsi “Informasi Baterai”, artinya metode kode dial ini tidak berfungsi di HP Android yang kamu gunakan.

Nah, itulah tadi cara yang bisa kamu lakukan untuk cek battery health di HP Android.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI