Seberapa Keras Volume Headset yang Aman untuk Pendengaran?

Ilustrasi sesorang yang menggunakan headset (FOTO: logitechg)

Indogamers.com - Headset saat ini telah berkembang menjadi salah satu aksesoris yang sering digunakan oleh banyak orang karena berbagai alasan.

Contohnya, headset ini sering digunakan untuk bermain game, hingga urusan pekerjaan seperti meeting online.

Selain beberapa hal diatas, headset juga sering digunakan banyak orang untuk mendengarkan musik saat menunggu transportasi umum, berolahraga, atau mengantre.

Baca Juga: 5 Headset Gaming Murah Harga Rp100 Ribuan

Nah, kebiasaan saat menggunakan headset ini untuk berbagai hal ini ternyata bisa merusak pendengaran.

Karena itu, untuk mencegah pendengaran rusak karena penggunaan headset, pengguna harus tahu berapa kelas volume yang aman untuk pendengaran para penggunanya.

Jika menggunakan headset dengan volume yang terlalu keras, para pengguna bisa mengalami kerusakan pendengaran. Meskipun hal ini tidak terjadi secara instan, namun akan terjadi seiring dengan berjalannya waktu.

Beberapa gejala yang sering dialami para pengguna headset yang mengalami kerusakan pendengaran ini adalah:

  • Terdapat suara berdesis, berdenging, atau berdengung di telinga.

  • Kesulitan mendengar suara di lingkungan yang ramai atau bising.

  • Kesulitan memahami suara yang diucapkan orang lain.

  • Harus mendengarkan audio dengan volume tinggi.

Masalah kerusakan pendengaran akibat paparan suara yang terlalu keras karena penggunaan headset ini perlu dihindari karena bersifat kumulatif seumur hidup, sebagaimana dikutip dari laman resmi Pusat Studi Medis Universitas Utah, Amerika Serikat.

Untuk menghindari rusaknya pendengaran akibat penggunaan headset yang terlalu keras, para pengguna harus menerapkan batas maksimal suara dari headsetnya.

Batas volume maksimal yang bisa kamu terapkan pada headset adalah 60 persen volume headset. Selain itu, kamu juga harus menerapkan batas maksimal durasi penggunaan headset yaitu selama 60 menit.

Cara tersebut juga bisa dikatakan dengan metode 60 – 60, artinya mendengarkan melalui headset dengan volume maksimal 60 persen dalam waktu maksimal hanya 60 menit.

Setelah mencapai batas tersebut, jauhkan earphone dan biarkan telingamu “bernapas” atau beristirahat.

Untuk menerapkan batas maksimal volume headset menjadi 60 persen, kamu bisa melakukannya di pengaturan perangkat yang kamu gunakan. Jadi, setelah headset diatur 60 persen, meskipun volume akan dinaikan lagi, tidak akan berpengaruh.

Nah, itulah tadi batas maksimal volume headset yang bisa diterapkan agar tidak merusak pendengaran pengguna.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI