Sinyal WiFi di iPhone Milikmu Lemah? Tenang, Begini Cara Mudah Mengatasinya

Ilustrasi iphone yang terhubung dengan jaringan WiFi (FOTO: Apple)

Indogamers.com - Sinyal WiFi yang lemah di iPhone tentu saja menjadi salah satu masalah serius yang bisa mengganggu aktivitas. Terlebih saat iPhone tengah digunakan untuk mengerjakan berbagai tugas kantor ataupun untuk hiburan seperti bermain game online.

Sinyal WiFi yang lemah ini juga menjadi masalah umum yang banyak dialami oleh pengguna iPhone. Karena itu, tak heran jika banyak pengguna iPhone yang mencari cara untuk mengatasinya.

Jika kamu juga menjadi salah satu pengguna iPhone yang mengalami masalah sinyal WiFi yang lemah ini, kamu nggak perlu khawatir. Sebab, Indogamers.com akan memberikan beberapa cara untuk mengatasinya.

Baca Juga: Jangan Panik, Pahami 6 Cara Mengatasi iPhone Tidak Bisa Terhubung WiFi

Apa saja cara untuk mengatasi sinyal WiFi iPhone yang lemah? Langsung saja simak selengkapnya di bawah ini, dikutip dari igeeksblog.

1. Restart iPhone

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sinyal WiFi di iPhone yang lemah adalah melakukan restart pada iPhone yang kamu gunakan.

Meskipun terdengar sepele dan banyak orang yang mengabaikan untuk merestart iPhone, cara ini sebenarnya terbukti ampuh untuk mengatasi sinyal WiFi yang lemah di iPhone

Untuk merestart iPhone kamu bisa ikuti langkah seperti di bawah ini:

  • Tekan dan tahan Volume Naik atau Turun dan tombol Power/Side bersamaan secara bersamaan.

  • Geser dari kiri ke kanan pada tombol slide untuk mematikan untuk mematikan iPhone yang kamu gunakan.

  • Tunggu setidaknya 20-30 detik. Lalu tekan dan tahan tombol untuk memulai ulang iPhone. Tombol yang harus ditekan adalah tombol daya.

2. Lupakan dan gabung kembali dengan WiFi

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sinyal WiFi yang lemah di iPhone adalah lupakan dan gabung kembali dengan WiFi.

Namun, sebelum melakukannya kamu harus memastikan untuk mengetahui kata sandi yang digunakan. Jika tidak mengetahui kata sandi yang digunakan pada WiFi, maka kamu bisa melewati cara ini dan melanjutkan ke cara berikutnya.

3. Lepaskan casing iPhone, jika menggunakan casing yang terlalu tebal

Jika kamu menggunakan casing iPhone yang terlalu tebal, maka cara untuk mengatasi sinyal WiFi yang lemah di iPhone adalah melepas casing tebal tersebut.

Sebab, casing yang terlalu tebal akan menghambat antena atau sensor dalam menangkap sinyal WiFi. Selain itu, penggunaan casing yang tebal juga mengakibatkan iPhone menjadi lebih cepat panas.

4. Perbarui iPhone dengan iOS versi terbaru

Selain beberapa cara di atas, kamu juga bisa mengatasi masalah seperti sinyal WiFi yang lemah di iPhone dengan cara memperbarui sistem operasi iPhone (iOS) dengan versi terbaru.

Dengan memperbarui iOS maka kamu bisa menghilangkan bug dan meningkatkan kegunaan perangkat secara keseluruhan.

Untuk saat ini, sistem operasi iPhone (iOS) terbaru adalah iOS 18 yang dirilis bersama dengan iPhone generasi terbaru, yaitu iPhone 16 Series.

5. Kembali ke pengaturan awal

Cara terakhir untuk mengatasi sinyal WiFi yang lemah di iPhone adalah mengembalikan semua pengaturan ke pengaturan awal juga menjadi salah satu cara untuk memperkuat sinyal WiFi.

Dengan kembali ke pengaturan awal maka semua pengaturan khusus seperti jaringan Wi-Fi dan perangkat Bluetooth yang disimpan, konfigurasi VPN, tata letak layar Beranda, dll., ke keadaan default. Namun, data-data pribadi seperti aplikasi, musik, gambar, dan video tidak akan terpengaruh.

Untuk kembali ke pengaturan awal, kamu bisa ikuti langkah-langkah seperti di bawah ini:

  • Buka Pengaturan, pilih Umum dan skroll ke bawah ke Transfer atau Reset iPhone.

  • Ketuk Setel Ulang Semua Setelan.

  • Masukkan kode sandi iPhone dan konfirmasikan pilihan Anda.

  • Setelah penyetelan ulang selesai, buka Pengaturan Wi-Fi dan sambungkan ke jaringan yang diinginkan dengan memasukkan kata sandinya.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sinyal WiFi yang lemah yang terhubung di iPhone yang kamu gunakan.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI