Kapan Waktu Terbaik untuk Mengganti Baterai iPhone?

Ilustrasi penggantian baterai iPhone (FOTO: arepair.id)

Indogamers.com - Seperti pada HP lainnya, baterai iPhone yang sudah terlalu lama tentu saja akan memengaruhi kinerja iPhone. Hal ini disebabkan oleh masa pakai yang ada pada semua baterai, termasuk baterai iPhone.

Seperti dikutip dari laman Support Apple, semua baterai yang bisa diisi ulang merupakan barang habis pakai yang memiliki masa pakai terbatas. Jadi, tidak heran jika baterai sudah memasuki masa pakai yang cukup lama, kualitasnya akan berkurang drastis.

Masa pakai baterai pada iPhone ini ditandai dengan kesehatan baterai atau battery health yang mulai menurun, sehingga memerlukan penggantian baterai pada iPhone.

Baca Juga: Tips Jaga Baterai HP Tetap Awet: Memaksimalkan Kinerja Ponsel Kamu

Lalu, sebenarnya kapan waktu terbaik untuk melakukan penggantian baterai iPhone?

Untuk waktu terbaik dalam penggantian baterai iPhone ini adalah saat baterai iPhone menunjukan kesehatannya berada 80% atau bisa di bawah angka tersebut.

Baterai iPhone dengan kesehatan di bawah 80% ini biasanya akan muncul keterangan service, yang berarti pengguna disarankan untuk melakukan penggantian baterai iPhone.

Baterai iPhone yang mencapai kesehatan 80% ini normalnya telah digunakan untuk melakukan pengisian daya penuh selama 500 siklus. Hal ini diketahui berdasarkan kemampuan baterai iPhone 14 da yang model yang lebih lama.

Sementara itu, untuk iPhone 15 dan model terbarunya dirancang untuk mampu melakukan 1000 siklus pengisian daya penuh untuk mencapai kesehatan baterai 80%.

Selain berdasarkan baterai health, waktu terbaik untuk melakukan penggantian baterai iPhone ini juga bisa dilakukan saat baterai iPhone terasa cepat drop.

Karena, kondisi tersebut bisa terjadi pada iPhone dengan baterai health masih di atas 80%. Maka saat baterai iPhone sudah terasa cepat drop ini juga termasuk waktu terbaik yang bisa kamu terapkan untuk melakukan penggantian baterai iPhone.

Untuk mengetahui berapa persen kesehatan baterai iPhone yang kamu gunakan ini, kamu bisa ikuti langkah-langkahnya seperti di bawah ini.

  • Buka menu Pengaturan di iPhone yang kamu gunakan

  • Scroll ke bawah dan pilih opsi Baterai.

  • Klik pada pilihan Kesehatan Baterai.

  • Setelah itu, kamu akan menemukan informasi tentang kesehatan baterai iPhone.

Nah, itulah tadi waktu terbaik yang bisa kamu terapkan untuk melakukan penggantian baterai iPhone yang kamu gunakan, atau kamu juga bisa menyarankan orang lain, baik itu kerabat, pasangan, yang menggunakan iPhone untuk melakukan penggantian baterai jika telah memasuki dua waktu terbaik di atas.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI