Dari VGA hingga Garansi, ini 5 Tips Memilih Laptop Gaming Biar Sesuai Ekspektasi Kamu

Rekomendasi Laptop Gaming (Foto: Pixabay/Pexels)

Indogamers.com - Tren laptop gaming semakin berkembang pesat, yang terlihat dari semakin banyak produsen yang meluncurkan seri laptop gaming dengan merek mereka sendiri. Selain itu, jumlah turnamen game yang diadakan juga semakin meningkat.

Fenomena ini telah membuat laptop gaming menjadi sangat populer, dengan banyaknya pilihan yang tersedia di pasaran.

Berikut adalah 5 tips memilih laptop gaming berkualitas yang bisa kamu jadikan pertimbangan dan tolak ukur sebelum membelinya.

Baca Juga: Dijamin Enggak Nyesel! Ini 5 Rekomendasi Game Nintendo Terbaik yang Wajib Dicoba

1. Perhatikan Tipe VGA pada Laptop

Langkah pertama adalah memperhatikan VGA atau kartu grafis yang terpasang pada laptop gaming. Pada tahap ini, sebaiknya kamu fokus pada teknologi dan seri dari VGA tersebut, bukan pada VRAM atau memori yang dimiliki. Meskipun VRAM juga penting untuk gaming, pengaruhnya lebih signifikan bagi desainer grafis daripada untuk gamer.

Selain itu, penting untuk melihat seri VGA yang digunakan. Umumnya, angka pertama dalam nama VGA menunjukkan generasi pengembangannya. Contohnya, pada NVIDIA GeForce 920M, angka 9 menandakan bahwa VGA ini merupakan generasi ke-9. Dua angka terakhir, yaitu “20,” mencerminkan performa atau skor dari kartu grafis tersebut.

2. RAM pada Laptop

Sebagian besar game saat ini memerlukan kapasitas RAM yang lebih besar, dengan minimum 4GB. Umumnya, game berkualitas baik membutuhkan spesifikasi RAM sebesar 8GB. Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah laptop yang dilengkapi dengan minimal 8GB RAM. Jika anggaran kamu memungkinkan, akan lebih baik memilih laptop dengan RAM 16GB.

Baca Juga: 6 Laptop Gaming Harga Rp10 Jutaan. Game Lancar, Harga Bersahabat

Jika budget kamu terbatas, kamu dapat mempertimbangkan untuk membeli laptop dengan RAM 4GB. Namun, pastikan ada slot tambahan yang tersedia. Dengan cara ini, kamu bisa menambah RAM di kemudian hari, baik dengan menambahkan modul RAM 4GB atau 8GB.

3. Media Penyimpanan

Penting untuk memperhatikan media penyimpanan pada laptop. kamu perlu menentukan apakah membutuhkan laptop dengan tipe penyimpanan Hard Disk Drive (HDD) atau Solid State Drive (SSD). Tipe penyimpanan SSD menawarkan kinerja yang lebih baik dan lebih cepat, sehingga sangat nyaman untuk bermain game. Namun, umumnya kapasitas SSD lebih kecil, dan jika ada yang berkapasitas besar, harganya biasanya lebih mahal.

Sementara itu, HDD memiliki kinerja yang lebih lambat dibandingkan SSD, tetapi menawarkan kapasitas yang jauh lebih besar. Jika kamu berencana memainkan game dengan ukuran file yang tidak terlalu besar, maka laptop dengan SSD akan lebih baik. Namun, jika game yang kamu mainkan memiliki file yang besar, laptop dengan HDD bisa menjadi pilihan yang tepat.

Baca Juga: Vinland Tales: Viking Survival Kini Buka Pra-Registrasi di Android dan iOS – Rasakan Hidup sebagai Viking!

4. Perhatikan Ukuran Layar Laptop

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah ukuran layar laptop. Jika kamu menginginkan laptop dengan layar yang lebih besar, sebaiknya pilihlah yang berukuran antara 15 hingga 17 inci. Namun, jika ukuran layar bukanlah prioritas utama dan anggaran kamu terbatas, laptop gaming dengan layar 14 inci juga sudah cukup memadai.

5. Garansi Laptop

Poin terakhir yang perlu kamu perhatikan saat memilih laptop gaming adalah garansi yang ditawarkan. Setiap produsen laptop memiliki kebijakan garansi yang berbeda-beda; ada yang memberikan garansi hanya selama 1 tahun. Jika kamu khawatir laptop kamu mungkin mengalami kerusakan dalam 2 tahun ke depan, pilihlah laptop gaming dari vendor yang menawarkan garansi minimal 2 tahun atau lebih.

Itulah 5 tips memilih laptop gaming berkualitas jika kamu ingin membeli laptop gaming, terutama jika perta kali kamu membelinya.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI