logo

Lando, Ksatriya Lokapala Sang Pelindung Laut yang Dibuat Berdasarkan Masyarakat Bajo

Stefanus Wahyu
Senin 26 Desember 2022, 15:42 WIB
Source: Press Release Anantarupa Studios

Source: Press Release Anantarupa Studios

Masyarakat Bajo sedang hangat diperbincangkan karena penggambaran budaya mereka yang dihadirkan melalui film Hollywood karya James Cameron.

IDGS, Senin, 26 Desember 2022 - Penulis naskah dan sutradara ini menjelaskan bahwa masyarakat Bajo menjadi salah satu inspirasi dalam konsep suku Metkayina di dalam film terbarunya, Avatar: Way of Water. Namun ternyata, suku Bajo tidak hanya tergambarkan dalam media populer seperti Avatar. Di tahun 2021, Lokapala gim MOBA garapan Anantarupa Studios ternyata sudah pernah menampilkan masyarakat Bajo dalam salah satu Ksatriya mereka yang bernama Lando.

Sebagai negara biodiversity kedua di dunia, Indonesia punya tanggung jawab dalam menjaga ekosistem dan biota laut dunia, khususnya terumbu karang. Tercatat ada lebih dari 500 jenis terumbu karang di segitiga koral yang kini sepertiga kondisinya sangat memprihatinkan. Kami berharap kedepannya generasi muda Indonesia lebih sadar dan peduli terkait isu lingkungan laut Nusantara. kata Ninoi Kiling, IP & Development Lead Anantarupa Studios

Sebagai masyarakat bahari, gaya hidup dan budaya masyarakat Bajo tidak dapat dipisahkan dengan laut. Malah, keseganan masyarakat Bajo terhadap laut sangat terlihat bahkan dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Contohnya, mereka menggunakan peralatan sederhana untuk menangkap ikan dan memiliki pantangan untuk membuang sampah rumah mereka di laut. Mereka percaya bahwa melanggar kedua hal ini akan berakibat datangnya bencana laut, seperti rusaknya kelestarian dan ekosistem laut, terutama terumbu karang. Nilai-nilai kearifan masyarakat Bajo inilah yang ingin disampaikan dalam Ksatriya Lando di Lokapala.

Masyarakat Bajo pada awalnya adalah masyarakat bahari dengan kisah dan asal usul yang menarik. Tercatat suku Bajo tersebar di berbagai tempat di kawasan Asia Pasifik, mulai dari Indonesia, Filipina, Taiwan bahkan hingga kawasan Cina. Namun, keberadaan masyarakat Bajo sudah tercatat dalam sejarah sejak zaman kerajaan Sriwijaya. Menurut sejarah, masyarakat Bajo memiliki kontribusi yang besar dalam menjaga wilayah laut Nusantara yang menjadi jalur perdagangan dunia.

Hal menarik lainnya adalah kondisi fisiologis suku Bajo yang berbeda dengan manusia lainnya. Riset menunjukkan bahwa DNA suku Bajo mengalami adaptasi genetik, seperti ukuran limpa mereka yang 50% lebih besar dari populasi umumnya.

Limpa berfungsi untuk menyimpan cadangan darah, sehingga semakin banyak darah merah yang dapat ditampung, artinya semakin banyak juga oksigen yang tersimpan. Inilah yang membuat mereka mampu menyelam di kedalaman hingga 70 meter dengan kurun waktu lebih dari 10 menit.

 


Sumber: Press Release Anantarupa Studios

Follow Berita Indogamers di Google News
News Update
News20 Mei 2024, 11:14 WIB

Fallout Bergabung dengan Fortnite, Kolaborasi Menjanjikan Dunia Pasca Kiamat dengan Dunia Battle Royale!

Fortnite terus menunjukkan dominasinya dalam dunia game dengan mengumumkan kolaborasi terbarunya bersama seri RPG pasca-apokaliptik yang ikonik, Fallout.
Fallout Bergabung dengan Fortnite, Kolaborasi Menjanjikan Dunia Pasca Kiamat dengan Dunia Battle Royale!(FOTO: Twitter/X @FortniteGame)
E-Sport20 Mei 2024, 10:47 WIB

4 Kontribusi Yawi Saat Bela Aura Fire di MPL ID S13, Lolos Playoff hingga Sumbang 28 Kills

Tristan "Yawi" Cabrera memberikan kabar kurang mengenakan bagi pendukung Aura Esports.
Aura Yawi (FOTO: Instagram.com/yawiesport)
News20 Mei 2024, 10:42 WIB

Karakter Ini Dirumorkan akan Jadi Protagonis Resident Evil 9

Panas dan semakin memanas. Begitu mungkin istilah yang tepat untuk menggambarkan berbagai rumor tentang Resident Evil 9 yang terus berkembang.
Resident Evil 9 (Sumber: Instant Gaming)
News20 Mei 2024, 10:20 WIB

Setting Latar Resident Evil 9 Dinilai akan Jauh Lebih Menarik dari Judul Lainnya

Rumor demi rumor tentang Resident Evil 9 terus berseliweran di internet menjelang perilisan yang kabarnya akan dijadwalkan tahun 2025 mendatang.
Zombie Dogs (FOTO: residentevil.fandom.com) (FOTO: residentevil.fandom.com)
News20 Mei 2024, 09:50 WIB

Ternyata, Dragon Age: Inquisition Juga Gratiskan Seluruh DLC-nya di Epic Games Store

Dragon Age: Inquisition menjadi salah satu game yang berhasil menarik atensi penggemar dalam event Mega Sale 2024 Epic Games.
Dragon Age: Inquisition GOTY Edition. (Sumber: Epic Games Store)
Mobile20 Mei 2024, 09:01 WIB

8 Kode Redeem FF Hari ini yang Masih Aktif, Senin, 20 Mei 2024, Langsung Klaim Sebelum Hangus!

Kode Redeem FF 2024 hari ini, Senin, 20 Mei 2024 yang masih aktif ada yang menarik nih guys. Seperti biasa, dengan menukarkan kode-kode yang akan dibagikan di dalam artikel ini, kamu berkesempatan mendapatkan hadiah yang enggak kaleng-kaleng.
Free Fire. (Sumber: garena.com)
Community20 Mei 2024, 08:36 WIB

Axis Esports Lab Hadir di Yogyakarta, Bikin Turnamen Mobile Legends dengan Hadiah Rp30 juta

Axis Esports Labs adalah festival offline interaktif untuk audiens muda pecinta gaming dengan sasaran enam kota di Indonesia.
Keseruan Axis Esports Lab di Kota Yogyakarta selama dua hari, 18-19 Mei 2024 (FOTO: Dok.Evos)
E-Sport20 Mei 2024, 07:50 WIB

5 Meme Kocak Aura Lolos Playoff MPL ID Season 13, Sirkelnya Udah Laen

Dua musim gagal lolos ke playoff MPL ID, Aura akhirnya menembus playoff juga di MPL ID Season 13.
Meme kocak Aura esports lolos playoff MPL ID Season 13. (FOTO: Instagram/auraesports.)
E-Sport20 Mei 2024, 07:32 WIB

5 Fakta Menarik Babak Regular Season MPL ID Season 13, Plot Twist Yawi Pamit dari Aura?

Ya, tuntas sudah babak regular season MPL ID Season 13 setelah menyelesaikan week 9 Minggu (19/5/2024).
Yawi Aura bikin kisah plot twist di MPL ID Season 13 setelah antarkan Aura ke playoff. (FOTO: Instagram/mpl.id.official)
E-Sport20 Mei 2024, 07:08 WIB

Klasemen Akhir Regular Season MPL ID Season 13, Comeback Stronger yang Gak Lolos Playoff

Setelah melewati pergulatan panjang selama 9 minggu atau week 9, MPL ID Season 13 akhirnya menyelesaikan babak regular season.
Potret suka cita fans MPL ID Season 13 di MPL Arena. (FOTO: Moonton)
Portal Media Game Nomor 1 di Indonesia

Indogamers sebuah situs yang didedikasikan kepada pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang. Hadir menjadi sumber informasi terpercaya bagi seluruh gamers di Indonesia.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+6289633333329

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2024 IndoGamers. All rights reserved.