logo

10 Tim Esports Paling Banyak Ditonton Tahun 2022, Ada 3 Tim Indonesia Masuk Urutan Tersebut

AgamtheRev
Kamis 29 Desember 2022, 17:43 WIB
sumber: Twitter/@mplidofficial

sumber: Twitter/@mplidofficial

IDGS, Kamis, 29 Desember 2022 - Game merupakan suatu bentuk hiburan yang seringkali dijadikan sebagai penyegar pikiran dari rasa penat yang disebabkan oleh aktifitas dan rutinitas. Seiring perkembangan, game menjelma menjadi sebuah industri kompetisi yang sekarang dikenal esports.

Sebagian besar organisasi telah membangun komunitas yang besar, dan selalu bersaing untuk mendapatkan gelar terbesar di industri esports. Karena persaingan kompetisi ini yang memberikan daya tarik esports kepada banyak anak-anak muda dan tidak jarang orang tua pun ikut menyaksikan perkembangan esports.

Berdasarkan data yang dimuat dari escharts.com, untuk mencari tahu organisasi esports apa saja yang paling banyak ditonton di tahun 2022. Tim-tim ini memikat penggemar dan penonton dari seluruh dunia, serta beberapa dari tim tersebut meraih kemenangan yang luar biasa. Berikut ini organisasi esports paling banyak ditonton tahun 2022 :

10. Onic Esports 

sumber: instagram @onic.esports

Di urutan ke-10, ada tim Onic Esports, organisasi esports asal Indonesia memiliki komunitas yang kuat dengan skena kompetitif mobile-nya yaitu Mobile Legends. Pada tahun 2021 pada kategori organisasi esports paling banyak ditonton, Onic Esports menduduki peringkat yang sama dengan sekarang ini.

Prestasi yang diraih Onic Esports cukup gemilang ketika sukses di tahun 2022, terutama di MLBB. Onic Esports menjuarai MPL Indonesia Season 10 dan masuk ke M4 World Championship sebagai salah satu favorit untuk merebut trofi tersebut.

9. EVOS Esports

sumber: garena Free Fire

Di urutan ke-9 ditempati oleh EVOS Esports, organisasi esports asal Indonesia ini mengumpulkan total 75,4 juta jam ditonton. Tim berjuluk Macan Putih berfokus terutama pada kancah esports mobile seperti MLBB, PUBG Mobile, dan Free Fire. Evos Esports menempati posisi ke-4 di MPL Indonesia Season 9 yang mencapai puncak penontonnya sebanyak 2,8 juta penonton secara bersamaan.

8. FaZe Clan

sumber: esl csgo

Di urutan ke-8 ditempati oleh FaZe Clan, walau tahun lalu tidak masuk dalam daftar 10 besar. Pada tahun 2022, mengalami peningkatan popularitas yang luar biasa. Dengan total 85,7 juta jam ditonton. Tim FaZe Clan CS:GO adalah penyebab utama di balik hasil yang luar biasa ini. Tim memenangkan banyak turnamen sepanjang tahun, dengan yang terpenting adalah PGL Major Antwerp 2022 . Karrigan akhirnya memenangkan trofi Major pertamanya, dan FaZe Clan meraih 2,1 juta Peak Viewers selama grand final tersebut.

7. Fnatic

sumber: fnatic

Fnatic berapa di urutan ke-7, organisasi yang cukup lama dengan memiliki jutaaan penggemar tersebar di seluruh dunia. Divisi mereka yang sangat terkenal yaitu, CS:GO, Dota 2 dan League of Legends. Penonton menonton game Fnatic selama 86,4 juta jam , meningkat 11% dibandingkan tahun 2021. Penonton terbesarnya adalah 1,3 juta penonton , dan dicapai di Worlds 2022 .

6. Natus Vincere

sumber: esl csgo

Di urutan ke-6, Natus Vicere atau yang sering disebut NaVi organisasi yang memiliki dua belas gelar berbeda, dan tahun ini memainkan 325 pertandingan . Fans dari seluruh dunia menyukai skuad ini, terutama karena s1mple , salah satu pemain terhebat CS:GO, bermain di sana.

Natus Vincere mencapai beberapa hasil bagus tahun ini, memenangkan BLAST Premier: Final Musim Semi 2022 , dan finis kedua di PGL Major Antwerp 2022. Itu terjadi di final mayor pertama tahun ini, di mana mereka mencapai jumlah penonton puncak 2,1 juta penonton .

5. DRX

sumber: riot games

Di tempat kelima, ada Tim DRX salah satu organisasi esports asal Korea Selatan yang memiliki pertumbuhan penonton sangat mencengangkan di tahun 2022. Karena tontonan jam meningkat hampir 300%. Alasan utama peningkatan popularitas mereka adalah penampilan luar biasa di Worlds 2022.

DRX sebagai tim underdog di Worlds 2022, dan banyak komunitas tidak percaya atas pencapaian melangkah jauh di turnamen tersebut. Namun, mereka melampaui semua ekspektasi, dan berhasil mengamankan gelar.

Dalam kemenangan grand final 3:2 mereka atas T1, organisasi tersebut mencapai penayangan puncaknya. 5,1 juta Peak Viewers menyaksikan Deft mewujudkan impian seumur hidupnya. Tim Valorant mereka juga mengalami tahun yang luar biasa. Mendominasi di dalam negeri, dan memiliki hasil yang bagus di tingkat internasional. Mereka juga berhasil masuk ke Valorant Pacific League.

4. Rex Regum Qeon

sumber: youtube RRQ

Di urutan ke-4, menjadi milik RRQ. Sebagai tim terbaik di kancah esports mobile dengan banyak memenangkan gelar di kompetisi MLBB. Salah satunya memenangkan MPL Indonesia Musim 9 , dan runner-up di MLBB Southeast Asia Cup 2022. Rex Regum Qeon mencatatkan jumlah penonton puncak 2,8 juta penonton, di final MPL Season 9, di mana mereka berhasil mengalahkan ONIC Esports dengan skor 4:1. Sekarang, organisasi mengincar Kejuaraan Dunia M4, yang akan diadakan pada Januari 2023.

3. G2 Esports

sumber: BLAST Premier

G2 Esports adalah organisasi esports terpopuler ketiga tahun ini. Mereka terkenal dengan pemasaran dan konten media sosial mereka yang "memeable", tetapi G2 Esports juga memiliki tim juara di hampir semua kompetisi yang mereka ikuti.

League of Legends dan CS:GO adalah dua tim favorit penggemar G2 Esports untuk ditonton, menghasilkan 82% dari tontonan jam. Organisasi memenangkan LEC Spring Split , dan mencapai semifinal MSI . Mereka juga mematahkan 5 tahun puasa gelar di CS.GO, karena baru-baru ini mereka memenangkan BLAST Premier: World Final 2022 . Peak Viewership mereka sebesar 1,4 juta penonton , dicapai pada pertandingan semifinal MSI vs T1.

2. Team Liquid

sumber: valve

Di posisi ke-2 ditempati oleh Team Liquid dan telah mengokohkan dirinya sebagai salah satu organisasi esports terbesar di dunia. Memiliki 14 cabang game esports seperti Valorant, Dota 2, CS:GO dan banyak lainnya.

Saat di TI 2022, Team Liquid finis di tempat ketiga, di mana mereka kalah melawan Team Secret. Game itu memiliki total puncak 1,2 juta penonton. Penonton terbesar organisasi tahun 2022. Tahun ini, Team Liquid memainkan total 745 pertandingan, disiarkan selaam 1,2 juta jam. Mereka memimpin kedua metrik dalam dafta dengan selisih yang cukup besar.

1. T1 Esports

sumber: t1 esports

T1 didirikan hampir 20 tahun lalu, dan sejak itu telah menjadi salah satu organisasi esports terbesar di dunia. Pada tahun 2022, tidak ada tim lain yang mampu menarik minat lebih banyak penonton. Dengan jumlah ditonton Tidak mengherankan jika 86% berasal dari League of Legends.

Dengan Faker , pemain hebat di T1 dan kapten tim, mereka berhasil memenangkan LCK Spring Split , tanpa kalah satu seri pun. Mereka juga berada di urutan kedua di LCK Summer Split , dan mencapai hasil yang sama di Worlds 2022, di mana mereka kalah dalam apa yang oleh banyak orang disebut sebagai final terbaik dalam sejarah turnamen. Di final itulah tim mencapai Peak Viewership, dengan 5,1 juta penonton berkumpul untuk menyaksikan pertarungan antara Faker dan Deft. Perlu dicatat bahwa, meskipun waktu tayang berkurang pada tahun 2022, jumlah penonton T1 meningkat, dan 254 ribu penonton secara bersamaan akan menonton game organisasi secara teratur.

(OAA/IDGS)

sumber: escharts.com

Follow Berita Indogamers di Google News
Editor :
News Update
E-Sport05 Oktober 2024, 23:44 WIB

Hasil Pertandingan Liga 1 Esports Nasional 2024: Siapa Unggul Hari Ini?

Liga 1 Esports Nasional 2024 resmi dimulai, masing-masing tim yang akan bertanding siap meriahkan panggung Liga1 Esports Nasional 2024 di hari pertama ini.
Hasil Pertandingan Liga 1 Esports Nasional 2024: Siapa Unggul Hari Ini? (FOTO: Indogamers.com/Ica Juniyanti)
E-Sport05 Oktober 2024, 23:37 WIB

Liga 1 Esports Nasional 2024 Resmi Diselenggarakan, Dukung Tim Kesayangan Kamu dan Ikuti Ragam Keseruan di Lokasi Gratis!

Liga Esports Nasional 2024 resmi dimulai, masing-masing tim yang akan bertanding siap meriahkan panggung Liga1 Esports Nasional 2024 di hari pertama ini.
Liga 1 Esports Nasional 2024 Resmi Diselenggarakan (FOTO: Indogamers.com/Ica Juniyanti)
E-Sport05 Oktober 2024, 23:27 WIB

Liga 1 Esports Nasional 2024 Resmi Dibuka! Simak Berbagai Keseruan di Lokasi

Liga 1 Esports Nasional 2024 resmi dibuka hari ini, diselenggarakan secara Offline di Mall Taman Anggrek Tanjung Duren Selatan, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.
Liga 1 Esports Nasional 2024 Resmi Dibuka! (FOTO: Indogamers.com/Ica Juniyanti)
Gadget05 Oktober 2024, 19:00 WIB

Bocoran Soal Kelebihan dan Kekurangan Apple MacBook Air M2

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Apple MacBook Air M2:
MacBook Air M2 13-Inch. (Apple Insider)
Gadget05 Oktober 2024, 17:30 WIB

Daftar Keunggulan dan Kelemahan Apple iPad Pro 12.9

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Apple iPad Pro 12.9:
Apple iPad Pro 12.9 (Foto: Digital Trends)
Gadget05 Oktober 2024, 17:04 WIB

Membedah Apple iPad Air 13: Kelebihan dan Kekurangan yang Perlu Diketahui

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Apple iPad Air 13:
iPad Air 13 (FOTO: iPad Air 13)
News05 Oktober 2024, 16:07 WIB

Palworld Resmi Tersedia untuk PS5 di Jepang, Kapan Ready di Indonesia?

Setelah sempat tertunda, game Palworld dari Pocketpair, yang menghadirkan pengalaman bertahan hidup ala Pokémon, kini akhirnya tersedia di PS5 untuk wilayah Jepang.
Palworld. (Sumber: Gamerant)
News05 Oktober 2024, 15:44 WIB

Diablo 4 Dikonfirmasi Akan Menuju PS5 Pro dengan Berbagai Peningkatan

Activision Blizzard mengonfirmasi bahwa game Diablo 4 serta ekspansinya, Vessel of Hatred, akan mendapatkan peningkatan khusus untuk PS5 Pro.
Diablo 4 (FOTO: Blizzard)
Gadget05 Oktober 2024, 15:01 WIB

Kelebihan dan Kekurangan Apple MacBook Air M3: Panduan untuk Pembeli Cerdas

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Apple MacBook Air M3:
MacBook Air M2 13-Inch. (Apple Insider)
Gadget05 Oktober 2024, 14:20 WIB

Sepsifikasi Apple iPad Air 13. Kelebihan dan Kekurangan yang Perlu Kamu Tahu

Berikut adalah sepsifikasi, kelebihan dan kekurangan Apple iPad Air 13 yang bisa kamu jadikan pertimbangan sebelum membelinya
iPad Air 13 (Foto: YouTube/Karl Conrad)
Portal Media Game Nomor 1 di Indonesia

Indogamers sebuah situs yang didedikasikan kepada pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang. Hadir menjadi sumber informasi terpercaya bagi seluruh gamers di Indonesia.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+62851 8306 6952

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2024 IndoGamers. All rights reserved.