Path to Nowhere: Review dan Guide untuk Serpent

Path to Nowhere baru saja merilis dua sInner baru, yakni Serpent (rank S) dan Mess (Rank A). Kali ini IDGS akan memberi review dan tips mengenai Serpent. 

IDGS, Rabu, 4 Januari 2023 - Serpent adalah sinner rank S dengan tendency (class) Umbra alias Assassin. Berbeda dari sinner-sinner Umbra lainnya yang menghasilkan physical damage, Serpent berspesialisasi memberi Magic Damage pada lawan-lawannya.

Sebelum kita membahas review mengenai Serpent, kita bahas terlebih dahulu mengenai kemampuan sinner yang satu ini!

Serpent

  • Rarity: S
  • Block: 1
  • Damage Type: Magic
  • Tendency: Umbra
  • Attack Speed: 1.00

Stats (Max level)

  • HP: 4.267
  • ATK: 670
  • DEF: 296
  • RES: 283

Skill 1: Blade of Fang (Normal Attack)

  • Menyerang menggunakan sabit yang dilemparkan, menghasilkan magic damage ke lawan.

Skill 2: Serpent Constriction (Ultimate)

  • Serpent menghantam tanah dengan rantainya, menghasilkan magic damage ke 3x3 kotak di sekitarnya sekaligus 1 core damage dan memberi debuff "Fang" ke lawan yang terkena serangan ini. Fang bertahan selama 12 detik.
  • Fang: Jika Serpent menyerang musuh yang memiliki debuff Fang, musuh tersebut terkena magic damage tambahan sebesar ATK*40% dari Serpent.

Skill 3: Thermal Effect (Pasif)

  • Ketika kotak di mana Serpent berada bebas dari lawan, Normal Attack Serpent bertambah jangkauannya menjadi 3x3 kotak di sekitarnya sekaligus menambah damage Normal Attack.

Skill 4: Ophidian Domination (Pasif)

  • Setelah menyerang menggunakan mode dari Thermal Effect sebanyak 6x, pada serangan ke-7 Serpent berputar di udara dan membuat sabit yang ia gunakan menebas area 3x3 di sekitarnya sekaligus menghasilkan magic damage ke lawan yang berada di area tersebut. Musuh yang terkena serangan iniakan menerima debuff "Fang". Fang bertahan selama 12 detik.¬†Animasi dari skill ini dapat dipercepat dengan menambah Attack Speed Serpent.
  • Fang: Jika Serpent menyerang musuh yang memiliki debuff Fang, musuh tersebut terkena magic damage tambahan sebesar ATK*40% dari Serpent.

Special Skill: Bite Attack

  • Ketika musuh yang memiliki debuff "Fang" menerima debuff "Fang" lainnya, maka musuh tersebut akan terkena magic damage tambahan sebesar ATK*200% dari Serpent.

Review dan rekomendasi Skill untuk Serpent

Pada dasarnya Serpent adalah sinner yang bertugas untuk menyapu banyak musuh sekaligus menggunakan kombinasi dari Normal Attack, Skill 3, Skill 4, dan Special Skillnya. Di beberapa konten, Serpent bahkan dapat menggantikan tugas pembersih mob nomor 1 di PTN, Nox.

Namun sayangnya Serpent tidak direkomendasikan untuk memblokir laju pergerakan musuh karena hal itu akan membuat Skill 3 dan Skill 4 nya tidak terpicu sama sekali, membuat total damage Serpent turun drastis.

 

 

Meski begitu Serpent menawarkan keunggulan lain yakni Ultimate yang dapat memecah core lawan di area yang sangat luas, yakni 3x3, sekaligus memberi magic damage yang besar ke musuh yang terkena (600% ATK pada level 1 dan 1080% pada level 10). Belum lagi, Ultimate Serpent tidak membutuhkan energi yang banyak, hanya 27 poin saja (24 poin pada Shackle 4).

Pada intinya, Serpent mengandalkan Normal Attacknya untuk memicu Skill 3 (Normal ATK+30% pada level 1 dan +45% pada level 10) yang dibutuhkan untuk memicu Skill 4 (320% ATK pada level 1 dan 540% pada level 10) yang kemudian akan memicu Special Skill (200% ATK). Mayoritas damage Serpent berasal dari sinergi ini.

Dengan mekanisme sinergi tersebut, maka rekomendasi IDGS untuk prioritas skill Serpent adalah: Skill 4 > Skill 1 > Skill 3 > Skill 2.

Rekomendasi Crimebrand untuk Serpent

Karena mekanisme sinergi damage dari Serpent, maka sinner yang satu ini sangat membutuhkan Attack Speed. Semakin cepat Serpent menyerang lawan, semakin sering ia memicu Skill 4 dan Special Skill, yang berarti makin besar pula damagenya.

Maka dari itu IDGS menyarankan untuk memberi Crimebrand yang menambah Attack Speed seperti Singularity dan Corridor Echo. Singularity menambah Attack Speed sebesar 12% setiap kali seorang sinner berpindah tempat, sedangkan Corridor Echo memberi bonus energi di awal stage sebesar 8 poin sekaligus memberi Attack Speed sebesar 10%. Dua crimebrand tersebut jika dikombinasikan dengan Shackle 1 dari Serpent yang memberi 20% Attack Speed usai menggunakan Ultimate, akan memberi Serpent tambahan Attack Speed sebesar 42%.

 

 

Rekomendasi crimebrand Serpent:

  • Early game:¬† Eastside Dream (I, II, III)
  • End game: Turning Zero (I), Singularity (II), Corridor Echo (III).

Exclusive Crimebrand: Brilliance Appearance

ECB ini memberi Serpent Skill tambahan yang disebut "Shining Stage", di mana Serpent akan berpindah tempat ke lokasi yang dituju, lalu memanggil Star Dome Theater di area 3x3 di sekitar lokasi tersebut. Musuh yang masuk ke area Star Dome Theater akan dikurangi kecepatan gerakannya sebesar 40% dan menerima debuff "Fang" setiap 2 detik. Selama berada di dalam area Star Dome Theater, Serpent menerima bonus ATK sebesar 10%/12.5%/15%. Skill ini hanya bisa digunakan sekali dalam satu stage.

 

 

Brilliance Appearance adalah kemampuan unik dari ECB Serpent di mana Serpent dapat berperan sebagai crowd-control sekaligus menghasilkan damage yang besar pada banyak musuh sekaligus. Skill ini terhitung bagus apalagi Serpent mendapat teleport gratis ketika menggunakannya. Sayangnya Skill ini hanya bisa digunakan sekali di setiap stage. IDGS rasa Serpent hanya butuh menaikkan Skill ini pada level 1 saja.

Review Shackle Serpent

  • Shackle 1: Setelah menggunakan Serpent Constriction atau Brilliant Appearance, Serpent memperoleh bonus Attack Speed seebsar 20% selama 12 detik.
  • Shackle 2: Attack Speed +5%
  • Shackle 3:¬† Ophinidian Domination memiliki kesempatan sebesar 30% untuk langsung terpicu kembali setelah digunakan.
  • Shackle 4: Konsumsi energi Serpent Constriction berkurang sebesar 3 poin.
  • Shackle 5: Attack Speed +5%

 

 

Karena damage Serpent mayoritas dipengaruhi oleh Attack Speed, maka Shackle 1 akan sangat membantunya menaikkan total DPS Serpent secara signifikan. IDGS rekomendasikan bagi kalian para pemain non-sultan untuk mengincar Shackle 1 dari Serpent. Paling optimal tentunya adalah Shackle 3 atau 4, namun dibandingkan dengan modal cube yang harus dikeluarkan, IDGS rasa lebih realistis mengejar Shackle 1 saja.

Kesimpulan

Setelah menaikkan Serpent hingga level 70 fase 3 dan mengupgrade tiga skill ke level 7, IDGS merasa bahwa Serpent sangat pantas untuk digacha dari segi meta. Sinner ini akan sangat membantu terutama bagi kalian yang kekurangan DPS jenis Magic, di mana para Mage di gim ini mayoritas mengandalkan Ultimate mereka daripada Normal Attack untuk menghasilkan damage (dengan pengecualian Luvia Ray).

Memiliki Serpent akan meningkatkan potensi magic damage dari tim kalian secara signifikan terutama menghadapi mob yang memiliki resistensi tinggi terhadap physical damage. Serpent dapat menyapu mob-mob disetiap gelombang, sedangkan sinner-sinner mage lainnya dapat menyimpan Ultimate mereka untuk menyerang elite monster atau Boss.

 

 

Meski tidak seganas Nox dalam menyapu mob (well, Nox is God Tier on her own) kemampuan membersihkan mob dari Serpent sangat berguna bagi konten yang menuntut kalian menggunakan magic damage. Belum lagi Serpent juga sangat bagus dalam melawan Boss di potensi single-target damage-nya tidak kalah dari mage-mage lainnya.

Selamat menggacha Serpent, Chief!

 

(Stefanus/IDGS)

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI